Sabtu, 09 September 2017

#FaridaPunyaCerita : Bernostalgia Dengan Lagu-Lagu Original Soundtrack Film Indonesia


Sumber Foto : Pexels.com

Bagi saya hidup kurang asik tanpa musik. Musik selalu menemani saya dalam segala suasana. Baik senang,sedih,susah,gembira,bahagia,sengsara bahkan gundah gulana. Musik selalu menjadi teman setia setiap langkah perjalanan saya. Saya suka beberapa musik diantaranya yaitu musik dangdut dan musik pop.

Bicara musik saya jadi ingat lagu-lagu favorit saya dari dulu sampai sekarang. Sebenarnya ada banyak lagu favorit saya tapi kali ini saya akan bercerita sekaligus bernostalgia bersama lagu-lagu favorit saya yang sering sekali saya dengarkan. Kali ini saya akan bernostalgia bersama lagu-lagu original soundtrack film Indonesia. Yuk mari kita simak lagu-lagunya apa saja ya kira-kira?

1. Ayat-Ayat Cinta

Seingat saya ketika film Ayat-Ayat Cinta diputar di bioskop sepertinya saat itu saya masih sekolah dasar. Waktu itu kakak saya yang merantau ke Jakarta lalu pulang kampung dengan membawa kaset VCD film Ayat-Ayat Cinta yang kakak saya beli di toko kaset terkemuka di Jakarta. Berawal dari situlah saya akhirnya mengetahui kalau film Ayat-Ayat Cinta mempunyai lagu original soundtrack. Sepupu sayapun sering menyanyikan lagu Ayat-Ayat Cinta hingga akhirnya sampai saat ini saya masih suka mendengarkan lagu Ayat-Ayat Cinta. Lagu Ayat-Ayat Cinta yang dinyanyikan oleh Rossa ini liriknya dalem banget. Selain itu juga enak didengarkan dan tidak membosankan. Yang paling saya ingat lirik lagu Ayat-Ayat Cinta yaitu :

 "Maafkan bila ku tak sempurna
Cinta ini tak mungkin ku cegah
Ayat-Ayat Cinta bercerita
Cintaku padamu"

Karena sering mendengarkan lagu Ayat-Ayat Cinta maka akhirnya tahun ini saya membaca novel Ayat-Ayat Cinta. Lalu saya mereview novel Ayat-Ayat Cinta di blog pribadi saya.

Baca selengkapnya di : Bukan Hanya Sekedar Cinta Yang Membuat Bahagia || Ayat-Ayat Cinta - Habiburrahman El Shirazy

2. Perahu Kertas

Lagu Perahu Kertas yang dinyanyikan oleh Maudy Ayunda memang asik banget. Tidak cuma liriknya saja yang menurut saya menarik,suara Maudy Ayunda pun khas banget dan aku suka itu. Jika mendengarkan lagu Perahu Kertas saya kembali mengingat masa kecil saya yang sering sekali membuat perahu kertas lalu dibawa ke sungai di dekat rumah bersama para tetangga dan teman dekat. Sungguh indah sekali masa kecil saya,tiap kali pulang sekolah selalu bermain bersama teman di sawah ataupun sungai. Berbeda dengan anak zaman sekarang yang lebih sibuk bermain dengan gadget.

Tak cuma itu saja,lagu Perahu Kertas mengingatkan saya akan surat menyurat di kala saya masih menginjak usia remaja. Ceritanya sih saya jadi mak comblang antara kakak kelas saya dan tetangga saya. Saya seperti pak pos yang setiap hari mengirim surat. Lucu sekali memang kenapa saya jadi mak comblang padahal saya sendiri waktu itu masih "JOMBLO" dan belum begitu paham masalah tentang cinta.

Mendengarkan lagu Perahu Kertas mengingatkan saya pada film Perahu Kertas. Seingat saya,film Perahu Kertas tayang di bioskop pada tahun 2012. Ketika para teman,tetangga dan kerabat sudah nonton film Perahu Kertas. Apalah saya ini yang sampai saat ini belum pernah nonton film Perahu Kertas. Belum pernah menonton film Perahu Kertas tak apalah,yang penting saya sudah tiga kali membaca novel Perahu Kertas karya Dee (Dewi Lestari).

Ada lirik lagu Perahu Kertas yang menurut saya paling berkesan yaitu :

"Perahu Kertas ku kan melaju
Membawa surat cinta padamu
Kata-Kata yang sedikit gila
Tapi ini adanya"


3. Ada Apa Dengan Cinta

Saat film Ada Apa Dengan Cinta tayang di bioskop sepertinya saya masih kelas satu sekolah dasar. Saya ingat akan sepupu saya yang waktu itu sudah SMA dan saya pernah melihat kaset film Ada Apa Dengan Cinta. Film yang mempunyai penonton sangat banyak dan ngehits di era nya ini memang dulu booming banget terbukti dari cerita sepupu saya yang memang mengkoleksi kaset VCD film Ada Apa Dengan Cinta. Hingga akhirnya saat teman-teman sekelas saya waktu saya masih SMK menonton film AADC. Maka akhirnya saat saya masih SMK,saya meminjam kaset VCD film AADC sepupu saya lalu saya menontonnya.

Film yang ngehits dengan nama AADC ini mempunyai lagu original soundtrack yang juga berjudul Ada Apa Dengan Cinta. Lagu AADC dinyanyikan oleh Melly Goeslaw ini juga ngehits seperti filmnya. Saya suka mendengarkan lagu AADC karena memang liriknya bagus dan tentunya lagunya asik untuk didengarkan. Selain itu lagu AADC juga mengingatkan saya akan film AADC yang didalamnya ada puisi yang bagus banget dan maknanya dalem banget. Baik puisi yang dibaca Rangga atau Cinta dalam film AADC. Saat membaca puisi saya jadi ingat waktu saya masih sekolah yang sering mendapat tugas untuk menulis dan membaca puisi.

Ada lirik lagu AADC yang selalu saya ingat dan saya sering kali menyanyikan lagu tersebut yaitu :

"Ada apa dengan cinta
Berbeda antara aku dan engkau
Biar menjadi bait
Dalam puisi cinta terindah"

Sayapun baru mengetahui kalau film AADC dijadikan novel. Novel AADC ditulis oleh Silvarani yang merupakan salah satu penulis favorit saya. Jika saya mendengarkan lagu AADC maka saya akan mengingat film AADC dan berharap ingin membeli novel AADC lalu mereviewnya di blog pribadi saya.

4. Galih & Ratna

Oh Galih Oh Ratna....

Galih & Ratna adalah sebuah lagu yang tidak pernah lekang oleh jaman. Hingga akhirnya lagu ini di buat versi baru dengan penyanyi yang berbeda. Lagu Galih & Ratna juga merupakan lagu original soundtrack film Galih & Ratna. Tahun ini juga film Galih & Ratna diangkat kembali ke film layar lebar dengan dibintangi Sheryl Sheinafia sebagai Ratna & Refal Hady sebagai Galih.

Lagu Galih & Ratna juga dinyanyikan oleh GAC dengan gaya musik yang unik dan asik serta membangkitkan semangat. Jika saya mendengarkan lagu Galih & Ratna saya jadi agak sedih karena beberapa bulan yang lalu saat film Galih & Ratna tayang di bioskop saya tidak bisa menonton film tersebut. Saya tambah kecewa karena pada saat itu para pemain Galih & Ratna (Sheryl & Refal) mengadakan jumpa fans di Mall Ciputra Semarang tapi saya tidak bisa datang karena pas banget waktu itu saya harus datang ke acara kondangan. Namun saya mendengarkan siaran langsung Galih & Ratna (Sheryl & Refal) saat wawancara di salah satu radio di kota Semarang. Karena mendengarkan lagu Galih & Ratna saya juga akhirnya baru tahu kalau film Galih & Ratna diadaptasi dari sebuah novel. Duh...jadi pengen baca novelnya sambil dengerin lagunya.

Ada beberapa lirik yang selalu saya ingat saat menyanyikan lagu Galih & Ratna yaitu :

"Galih & Ratna mengikat janji
Janji setia
Setia abadi"


5. Ketika Cinta Bertasbih

Ketika film Ketika Cinta Bertasbih tayang di bioskop sepertinya saya masih duduk di bangku sekolah dasar. Film Ketika Cinta Bertasbih juga pernah tayang di stasiun TV Indonesia. Nah,lagu Ketika Cinta Bertasbih yang dinyanyikan oleh Melly Goeslaw ini mengingatkan saya akan film KCB ini. Di dalam adegan film KCB ini ada beberapa adegan yang menampilkan bakso cinta yang merupakan bisnis sang tokoh utama yaitu mas Azzam. Jika mendengarkan lagu Ketika Cinta Bertasbih saya jadi teringat filmnya saat ada adegan di warung bakso cinta. Karena salah satu makanan favorit saya adalah bakso maka jika saya mendengarkan lagu KCB saya jadi ingin makan bakso.

Alhamdulilah,tahun lalu saya membaca novel Ketika Cinta Bertasbih. Saat membaca novelnya saya banyak mendapatkan ilmu tentang agama Islam. Lagu KCB mempunyai beberapa lirik lagu yang saya sukai seperti

"Ketika cinta bertasbih
Nadiku berdenyut merdu
Kembang kempis dadaku
Merangkai bukti cinta"

Itulah 5 lagu original soundtrack film Indonesia yang membuat saya bernostalgia dengan masa lalu. Dengan bernostalgia sambil mendengarkan lagu-lagu tersebut saya jadi teringat film dan novelnya. Apalagi sejak tahun ini saya sering membaca novel kemudian mereviewnya di blog. Maka nostalgia ini membuat saya akhirnya berharap kalau suatu saat nanti saya bisa mendapatkan job review novel dari penulis atau penerbit.

Selain itu,genre lagu dan film serta novel yang saya sukai tersebut membuat saya bernostalgia karena  semuanya tersebut bergenre romance. Saya jadi ingat kisah saya bersama teman dekat saya saat masih sekolah dasar. Dulu kita selalu bersama saat SD-SMP. Namun,ketika menginjak SMA saya dan dia berbeda sekolah. Dulu dia selalu ada untuk saya. Berangkat sekolah bersama dan dia selalu menunggu saya kemudian kami selalu bersepeda berdua bersama menuju ke sekolah. Saat-saat itulah saya merasa agak risih ketika saya selalu bersamanya karena dia selalu ingin dekat dengan saya. Pernah kami berbeda kelas,namun dia selalu berkunjung ke kelas saya hanya untuk sekedar ngobrol bersama saya.

Setelah lulus SMA pun dia masih sering telpon dan sms saya. Lalu kita sering ngobrol lewat telpon. Entah kenapa saat sering curhat dan telpon atau sms itulah saya malah baper hingga akhirnya saya ngomong sama dia kalau ada orang yang kagum dan suka sama dia gimana dan orangnya adalah saya. Saya mengatakan hal tersebut karena ikut saran gila dari teman saya. Sampai sekarangpun saya sangat menyesal telah mengatakan hal tersebut. Ibarat pepatah nasi sudah menjadi bubur. Ternyata respon yang saya dapatkan adalah dia marah besar karena saya yang dikit-dikit baper. Dia marah karena saya hanya dianggap sebagai teman biasa saja. Lalu apa coba arti perhatian dan kedekatan saya dan dia selama ini selama bertahun-tahun lamanya padahal dulu waktu masih SMP dia sendiri menyatakan kalau dia suka sama saya tapi tidak saya respon karena memang dulu saat SMP saya tidak ada perasaan suka sama dia. Seharusnya memang benar kalau rasa suka ini tak pernah ada. Karena ketika saya kagum dan mulai suka sama dia ternyata dia malah menganggap saya sebagai teman biasa. Di situlah kadang saya merasa sedih. Sampai sekarangpun saya dan dia tidak pernah menyapa satu sama lain walaupun kami sering bertemu. Dari kisah ini saya hanya mengambil kesimpulan bahwasanya jangan terlalu baper dan jangan mengungkapkan perasaan jika tidak ingin sakit hati. Lebih baik saya diam menanti cinta yang akan membuat saya bahagia. Tetaplah juga jalin persahabatan dengan semua orang dan jangan sampai karena masalah asmara bisa merusak segalanya.

Sumber video : Youtube.com

Tulisan ini diikutsertakan dalam MINI GIVEAWAY bersama kak Zaitun Hakimiah NS

5 komentar:

  1. Aaaakkkk cerita di paragraf terakhirr...
    Sedih, aku tahu rasanya gimana huhuhu...

    tetap semangat yaa..

    semangat baca novel + bikin review nya >.<

    BalasHapus
  2. Nice share, melo semua ya, yang sondtrack film2 kayak Realita Cinta dan Rock n Roll atau yang Punk gitu share juga dong...

    BalasHapus
  3. ayat2 cinta itu memorabel banget
    nobar beli 30 tiket sekelas pas esema
    ya Allah

    BalasHapus
  4. Zaitun Hakimiah NS : iya mbak. Saya akan tetap terus semangat pokoknya.

    Adi Pradana : Semoga bisa bikin nostalgia lagu yang lain ya kak

    Ikrom Zayn : AAC memang keren semua mulai dari novel,film sampai lagunya.

    BalasHapus
  5. coba dengerin soundtracknya 3 hari untuk selamanya dari FLOAT, mantap loh

    herstory-journal.blogspot.co.id

    BalasHapus

 

Rumah Pelangi Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang