Rabu, 30 Agustus 2017

#FaridaPunyaCerita : Memahami & Mencari Makna Kemerdekaan Di Era Digital


Sumber Foto : Pexels.com

Bulan Agustus sebentar lagi akan berlalu namun semangat kemerdekaan tak pernah layu. Sebenarnya apa sih arti merdeka itu? Merdeka itu bebas. Memang merdeka adalah bebas,kemerdekaan adalah kebebasan. Lalu apa arti dari kemerdekaan di era modern ini? Dari tahun ke tahun perkembangan teknologi selalu berkembang dan terus berkembang hingga membawa dampak negatif dan dampak positif. Saya punya beberapa pendapat tentang kebebasan atau kemerdekaan di era digital ini? Yuk simak pendapat saya di bawah ini :

1. Bebas mengemukakan pendapat namun jangan sampai menimbulkan pertentangan dan permusuhan

Sering kali saat kita berkumpul dan rapat atau menghadiri suatu pertemuan sering kali kita berbeda pendapat. Mengemukakan pendapat memang bebas namun adakalanya patuhi juga norma dan aturan yang berlaku sehingga tidak ada orang yang tersinggung atau marah dan jangan sampai menimbulkan pertentangan dan permusuhan. Karena kecanggihan teknologi inilah ada sosial media,dan sosial media kadang malah disalahgunakan untuk menulis apa yang menjadi perbedaan pendapat saat rapat atau pertemuan hingga menimbulkan permusuhan dan perselisihan. Maka dari itu,berhati-hatilah saat mengemukakan pendapat agar tidak menimbulkan permusuhan dan perselisihan.

2. Katakan tidak pada "HOAX"

Sosial media sering kali menjadi sumber berita yang sangat mudah diakses kapan saja dan di mana saja. Namun,tidak semua berita yang ada di sosial media itu terbukti kebenarannya. Ada banyak berita bohong atau "HOAX" di sosial media. Berita "HOAX" seringkali merugikan masyarakat
sehingga kita harus berhati-hati saat mengakses berita di sosial media yang belum teruji kebenarannya. Jangan pula membuat atau bahkan menyebarkan berita bohong atau "HOAX" agar tidak merugikan masyarakat.

3. Bijak menggunakan sosial media

Di era digital ini semua orang memakai gadget untuk aktivitas sehari-hari. Tak hanya di perkotaan saja,namun pemakaian gadget juga sudah merambah daerah pedesaan. Selain itu,sosial media juga sepertinya wajib dimiliki oleh semua orang yang mempunyai gadget di era modern ini terbukti dari banyaknya pengguna media sosial yang ada di Indonesia. Lalu bagaimana kita menggunakan cara menggunakan sosial media yang baik dan benar? Sosial media diciptakan bukan untuk menimbulkan permusuhan namun sosial media digunakan untuk sarana komunikasi agar kita selalu bisa berkomunikasi dengan banyak orang. Bijaklah menggunakan sosial media dengan tidak membuat konten yang merugikan orang lain atau menghina orang lain. Tak semua hal dan kegiatan yang kalian lakukan pun jangan selalu di update di sosial media. Boleh di update tapi jangan lupa juga untuk berhati-hati saat menggunggah atau update di sosial media.

4. Bebas berkreasi dengan kecanggihan teknologi serta menaati norma-norma dan peraturan yang berlaku

Beruntunglah dengan kecanggihan teknologi kita bisa berkreasi dengan membuat desain grafis misalnya. Namun saat membuat desain grafis jangan lupa juga untuk menaati norma-norma dan peraturan yang berlaku. Kita bebas berkreasi namun taati aturan yang ada.

5. Bisa mendapatkan rejeki dari kecanggihan teknologi namun jangan merugikan diri sendiri dan orang lain

Kecanggihan teknologi juga bisa menambah rejeki. Misalnya saja dengan kita berjualan secara online melalui media sosial. Kita bebas berjualan di sosial media namun jangan lupa perhatikan barang apa yang akan kita jual. Jangan sampai barang yang kita jual malah membuat kita terkena musibah atau masalah. Maka dari itu,berjualan online lah yang sesuai peraturan yang ada dan tentunya berjualan online yang diminati banyak orang seperti berjualan pakaian misalnya.

Itulah pendapat saya mengenai arti kemerdekaan di era digital? Bagaimana pendapat kalian?

“Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog PalingBaru #LombaBlogPalingBaru”

3 komentar:

  1. Untuk sampai saat ini, saya masih mengartikan kemerdekaan sebagai kebebasan untuk berpendapat. Bener, salah satunya persis kayak saya. Hehehe.

    Semoga menang yak lombanya!

    BalasHapus
  2. Kemerdekaan menggunakan media social. Keren mba... Good luck :)

    BalasHapus

 

Rumah Pelangi Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang