Sabtu, 12 Agustus 2017

#FaridaPunyaCerita : Merekatkan Kebhinekaan Dengan Kebersamaan Hingga Membawa Kekuatan & Kebahagiaan


Menjadi anak Indonesia adalah kebanggaan bagi saya. Saya bangga lahir dan tumbuh di Indonesia. Indonesia itu negara yang kaya akan budaya,suku bangsa dan bahasa. Beraneka ragam budaya,suku bangsa dan bahasa membuat kita makin jaya. Walaupun dengan beraneka ragam suku bangsa,bahasa,budaya dan agama kita tetap Indonesia. Sejak saya sekolah sampai saat ini saya selalu ingat semboyan "Bhineka Tunggal Ika" yang artinya walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Para pejuang kemerdekaan Indonesia bisa melawan penjajah dan tetap bersatu walaupun berasal dari berbagai macam suku bangsa. Maka dari itu kita harus tetap menjaga persatuan dan kesatuan agar tetap terus menjadi satu dan bisa terus maju.

Sejak aktif di dunia blog saya jadi sering blog walking atau berkunjung ke blog seseorang yang bisa membuat saya makin tambah ilmu. Ada banyak blogger dari seluruh Nusantara mulai dari Sabang sampai Merauke. Hingga pada akhirnya saya mengenal kak Yohana Siallagan blogger cantik dari pulau Sumatera. Kak Yohana Siallagan ini umurnya seumuran saya tapi kak Yohana terpaut satu tahun lebih tua dari saya. Walaupun saya dan kak Yohana mempunyai agama yang berbeda bukan berarti harus bermusuhan. Perbedaan mampu membuat kita kuat dan perbedaan bukan alasan untuk tidak menjalin persaudaraan. Blog kak Yohana berisi tentang review buku,cerita travelling sampai review produk kecantikan. Saya banyak melihat review produk kecantikan dari blog kak Yohana,saya pun akhirnya tahu beberapa produk kecantikan yang lagi ngehits sekarang ini. Selain aktif ngeblog,kak Yohana sekarang sudah menjadi guru. Tuh kan inspiratif banget. Sebenarnya saya juga ingin menjadi guru. Semoga saja saya bisa juga seperti kak Yohana menjadi seorang guru. Ternyata perbedaan malah membuat saya bahagia karena saya bisa berteman dengan blogger dari berbagai daerah di Indonesia.

Sumber Foto : Instagram @ysiallagan

Tanggal 20 Mei diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional,untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional,salah satu tempat makan di kota Kendal memberikan promo khusus yaitu diskon 50% all item apabila mengajak makan bersama dengan saudara,teman atau mantan yang berbeda agama. Asik banget kan,bisa menghemat pengeluaran dan juga bisa memupuk tali persaudaraan. Kesempatan langka tersebut dimanfaatkan oleh sepupu saya bersama dengan temannya yang berbeda agama. Sehingga sepupu saya makin bahagia karena bisa makan bersama dengan temannya yang berbeda agama dan dapat diskon pula. Yuk intip keseruan sepupu saya di bawah ini :



Sumber Foto : Instagram @maularena & @kedai_java_pizza

Lalu bagaimana cara merekatkan Kebhinekaan dengan kebersamaan hingga membawa kebahagiaan? Saya punya sedikit tips untuk merekatkan Kebhinekaan hingga membawa kekuatan dan kebahagiaan yaitu :

1. Tetap menjaga silaturahmi

Dengan siapapun kita wajib menjaga silaturahmi dan tali persaudaraan. Walaupun kita berbeda dan beraneka ragam bukan berarti kita harus bermusuhan. Merekatkan Kebhinekaan bisa dilakukan dengan tetap menjaga silaturahmi agar kita tetap menjadi satu kesatuan yang kuat dari negara Indonesia.

2. Menghargai pendapat & perbedaan

Adakalanya perbedaan itu timbul karena adanya perbedaan pendapat dari masing-masing pihak yang dapat memecah belah bahkan sampai timbul permusuhan. Menghargai pendapat dapat dilakukan agar tidak terjadi perselisihan. Maka dari itu dengan menghargai perbedaan dan pendapat kita bisa menjadi bangsa Indonesia yang kuat.

3. Membentuk komunitas & mengadakan kegiatan untuk memupuk tali persaudaraan

Membentuk komunitas dan mengadakan kegiatan bisa memupuk tali persaudaraan dan memperkuat persatuan dan kesatuan. Komunitas yang dibentuk tentunya komunitas yang baik dan bermanfaat serta bisa memberikan dampak positif bagi orang banyak. Misalnya saja komunitas yang membantu evakuasi bencana alam,membantu orang-orang yang tidak mampu hingga berbagi ilmu kepada mereka yang belum tahu menahu segala hal atau tentang sesuatu. Dengan membentuk komunitas dan mengadakan kegiatan yang bermanfaat maka kita bisa menjadi bangsa Indonesia yang kuat dan tetap terus bersatu.

Ada juga sebuah acara yang merekatkan Kebhinekaan untuk membuat kita menjadi bangsa yang kuat yaitu Festival Merah Putih Bogor 2017. Festival Merah Putih ini sudah diadakan sejak tahun 2016. Tahun 2017 ini,akan diadakan kembali Festival Merah Putih Bogor dengan 15 agenda kegiatan untuk memeriahkan HUT RI yang ke-72. Festival Merah Putih diadakan untuk memupuk rasa kebersamaan dalam Kebhinekaan,menggali kembali budaya lokal,promosi andalan kota Bogor,dan menggali potensi generasi muda. Untuk para warga kota Bogor,jangan sampai lewatkan acara Festival Merah Putih Bogor ini ya.

Festival Merah Putih 2017 akan melaksanakan berbagai kegiatan yaitu :

1. Pemasangan 17845 buah bendera & umbul-umbul pada tanggal 1-31 Agustus 2017 di kota & kabupaten Bogor.

2. Cupping coffe - GRATIS setiap sabtu-minggu selama bulan Agustus 2017 di Botani Square & Cibinong City Mall.

3. Mengarak sang Merah Putih ukuran 5 X 100 Meter pada hari minggu,tanggal 6 Agustus 2017 di seputar jalur SSA.

4. Lomba menulis blog dengan periode lomba 6-12 Agustus 2017.

5. Lomba Mural mulai 6-20 Agustus 2017.

6. Lomba film pendek dengan batas penyerahan film tanggal 10 Agustus 2017.

7. Pameran karya illustrasi,pameran karya seni & penyuluhan narkoba
*1-17 Agustus 2017 di Cibinong City Mall(CCM)
*21-27 Agustus 2017 di LIPPO PLAZA EKALOKASARI Bogor.

8. Workshop 'Urban Sketsa' (by sketcher).

9. Lomba gerak jalan baris berbaris FMP 2017 pada hari minggu,13 Agustus 2017 saat car free day di jl. Sudirman.

10. Kaulinan Budak (Traditional Games) yang meliputi enggrang,kelom batok,gatrik,bedil jepret dan sumprit pada hari minggu 13 Agustus 2017 di GOR Pajajaran.

11. Parade lomba kuliner yaitu menghias tumpeng,battle cooking,strudel-butternut squash & lapis talas terbanyak pada hari minggu,20 Agustus 2017 saat car free day di jl. Sudirman.

12. Lomba pemaparan Pancasila dengan peserta Danramil jajaran Korem 061/Suryakancana pada hari minggu tanggal 20 Agustus 2017 di Makorem 061/Suryakancana

13. Lomba cerdas cermat antar kelurahan dengan peserta Lurah,Babinsa,Bhabinkamtibmas pada hari minggu tanggal 20 Agustus 2017

14. Kejuaraan panahan terbuka indoor pada tanggal 24-27 Agustus 2017 di Lanud Atang Senjaya

15. Puncak kegiatan (festival kreatifitas penyanyi jalanan & orkestra kota hujan,renungan kemerdekaan,pemutaran film pendek pada hari minggu 27 Agustus 2017 bertempat di Makodim 06/06 kota Bogor,jl. Jend. Sudirman.

Itulah rangkaian acara Festival Merah Putih Bogor 2017. Untuk info lebih lanjut cermati gambar di bawah ini atau bisa menghubungi ke sekretariat Festival Merah Putih Bogor 2017 di Kodim 06/06 jl. Jend. Sudirman  No. 33 Bogor. No. Handphone : 085772081960 (Indra Siregar)
087770018899 (Irwan)

Sumber Foto : Instagram @festivalmerahputih_bogor

Jangan lupa juga untuk follow sosial media Festival Merah Putih Bogor 2017 :
Web : www.festivamerahputih.org
email : festivalmerahputih2017@gmail.com
Facebook : @festivalmerahputihbogor
Twitter : @fmpbogor2017
Instagram : @festivalmerahputih_bogor

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog Festival Merah Putih Bogor 2017

7 komentar:

  1. keren ya kalau kita bsia berbagi bersama walau dg perbedaan ras, sukud an agama

    BalasHapus
  2. iya mbak. Perbedaan bukan alasan untuk tidak menjalin persaudaraan

    BalasHapus
  3. Aku punya temen lama yang jaraknya jauh banget ada yang dari ambon, medan, jogja, mgelang, bandung, dsb. Walaupun ada temen lama tetapi aku selalu berkomunikasi dengan mereka. Dan temen baru pun harus beradaptasi juga. Kesulitan ku untuk berteman sih cuma adaptasi sama jaga kepercayaan aja mba.

    nurazizahkim.blogspot.com

    BalasHapus
  4. komunikasi yang baik bisa mempererat tali persahabatan.

    BalasHapus
  5. Aku jg punya teman yg jauuh banget jarak rumahnya. Tapi jauhnya rumah kami malah buat kami selalu Saling merangkul. Beliau bahkan sudah seperti saudariku sendiri.

    BTW semoga beruntung ya Mba buat lombanya. Salam kenal

    BalasHapus
  6. bagus sekali karya nya kak, menarik :)

    BalasHapus
  7. Septia : salam kenal juga.

    Chaerani : makasih,tulisan saya masih sangat sederhana.

    BalasHapus

 

Rumah Pelangi Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang