Jumat, 11 Agustus 2017

#FaridaPunyaCerita : Liburan Makin Menyenangkan Saat Berkunjung Ke Kota Pacitan


Momen liburan memang momen yang paling menyenangkan. Apalagi kalau momen liburan dihabiskan dengan piknik bersama orang tersayang. Pasti momen liburan akan terasa sangat menyenangkan. Bicara liburan jadi pengen cepet liburan nih. Liburan yang menyenangkan bersama orang tersayang. Impian saya bisa liburan bersama orang-orang terdekat sekaligus orang yang saya sayangi seperti ibu,kakak,adik,sepupu dan sahabat. Saya tak bisa membayangkan kalau saya liburan sendirian tanpa teman pasti akan sangat menyedihkan.

Bicara liburan,pasti kita ingin mengunjungi suatu tempat karena  keindahannya. Ada beberapa kota yang sangat ingin saya kunjungi untuk liburan dan berwisata. Namun,sebelum liburan pastinya saya harus mempersiapkan segala perlengkapan untuk kebutuhan saat liburan seperti uang saku,bekal makanan dan tetap selalu menjaga kesehatan.

Tempat tinggal saya di kota Kendal Jawa Tengah. Para warga di kampung saya sering mengadakan wisata religi ke Jawa Timur. Seperti wisata religi di kota Tuban. Kalau saya belum pernah wisata religi ke kota Tuban. Saya cuma pernah mampir di kota Tuban untuk makan malam di salah satu rumah makan yang ada di kota Tuban.

Selain ke kota Tuban,saya juga pernah liburan di kota Lamongan. Waktu itu saya dan teman-teman saya satu pabrik menghabiskan libur akhir tahun di WBL (Wisata Bahari Lamongan). Pokoknya wisata di WBL tidak pernah akan saya lupakan sepanjang masa. Wahana permainan yang paling asik di WBL menurut saya adalah Roller Coaster. Roller Coaster di WBL keren banget pokoknya,kita bisa menikmati permainan Roller Coaster sambil menikmati pemandangan laut dan Tanjung Kodok yang ada di WBL. Pokoknya asik banget.

Baca selengkapnya di : #FaridaPunyaCerita : Liburan Anak Perakitan Ke Wisata Bahari Lamongan

Namun saya juga ingin mendaki puncak tertinggi yang ada di pulau Jawa yaitu Gunung Semeru dengan ketinggian 3676 mdpl. Adik kelas saya saja sudah pernah mendaki gunung Semeru. Lalu saya kapan?

Baca selengkapnya di : #FaridaPunyaCerita : Wisata Impian Mendaki Puncak Tertinggi Di Pulau Jawa

Selain itu saya juga ini bisa liburan di kota lainnya yang ada di Jawa Timur seperti kota Pacitan. Teman dari teman saya sering kali mudik ke Pacitan karena orangtuanya berasal dari Pacitan. Setiap kali ke Pacitan pasti teman dari teman saya tersebut selalu update segala hal tentang Pacitan terutama keindahan alamnya. Berawal dari situlah saya ingin liburan ke kota Pacitan agar bisa melihat secara langung keindahan alam yang ada di kota Pacitan. Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa saya ingin berwisata ke kota Pacitan :

1. Jarak yang tidak terlalu jauh dan mudah dijangkau serta hemat biaya

Karena saya tinggal di Jawa Tengah dan kota Pacitan merupakan salah satu kota yang ada di Jawa Timur,maka jarak yang saya tempuh nantinya tidak terlalu jauh sehingga bisa menghemat pengeluaran untuk biaya transportasi saat ke kota Pacitan. Akan lebih menyenangkan apabila saat ke Pacitan nanti saya bisa liburan bersama dengan keluarga dan sahabat saya dengan menggunakan alat transportasi darat yaitu bus.

2. Ada berbagai macam keindahan alam dan keanekaragaman kuliner khas kota Pacitan

Kota Pacitan ternyata memiliki keindahan alam yang beraneka ragam seperti goa Gong & pantai Klayar. Ada juga kuliner lezat yang bisa dicoba saat berkunjung ke kota Pacitan. Kuliner Pacitan yang lezat tersebut seperti nasi tiwul,kupat tahu,putri gunung,sayur kalakan,punten,cenil,tahu tuna.

Lalu,bagaimana caranya agar saya bisa mewujudkan keinginan saya untuk bisa berkunjung dan berlibur ke kota Pacitan. Ada dua hal penting yang harus saya lakukan agar saya bisa ke kota Pacitan,pertama adalah saya harus menabung agar saya punya uang untuk bisa berlibur ke kota Pacitan. Kedua adalah saya harus tetap menjaga kesehatan saya,karena kalau saya sakit saya tidak akan bisa berlibur sekaligus berkunjung ke kota Pacitan.

Sebelumnya,kenalan lebih dekat yuk dengan kota Pacitan. Kota Pacitan adalah salah satu kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Kota Pacitan memiliki luas 1.389,87 km2 dan pada tahun 2015 ada 728.049 jiwa total penduduk kota Pacitan. Untuk info lebih lengkap mengenai kota Pacitan bisa berkunjung ke kota Pacitan dan jangan lupa untuk berkunjung ke : http://www.pacitankab.go.id

Kota Pacitan dikenal juga sebagai kota pariwisata. Kenapa ya kota Pacitan disebut dengan kota Pariwisata? Hal tersebut dikarenakan kota Pacitan memiliki beraneka ragam keindahan dan kekayaan alam yang sangat memikat dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Ada banyak obyek wisata alam yang ada di kota Pacitan yang wajib dikunjungi seperti wisata goa, wisata pantai,wisata pegunungan (hikking),wisata sejarah,dan wisata pemandian air hangat.

Perlu kalian ketahui juga nih,tak hanya dikenal dengan sebutan kota pariwisata saja,ternyata Pacitan dikenal juga dengan sebutan kota Seribu Goa. Kota Pacitan mendapat sebutan Kota Seribu Goa dikarenakan di kota Pacitan banyak terdapat goa seperti goa Gong (goa terindah se-Asia Tenggara), goa Tabuhan (batu dapat dipukul dan berbunyi seperti alat musik gamelan), goa Kalak (goa pertapaan), dan goa Luweng Jaran (diduga sebagai kompleks goa terluas di Asia Tenggara).

Selain wisata goa yang memikat para pengunjung karena keindahannya,di kota Pacitan juga terdapat pemandian air hangat Tirtohusodo yang berada di kecamatan Arjosari. Pemandian air hangat Tirtohusodo letaknya sekitar 15 Km dari pusat kota Pacitan ke arah utara,di pemandian air hangat Tirtohusodo menyuguhkan pesona mandi di bawah kaki gunung Kelir dengan air panas alami,fasilitas di pemandian air hangat Tirtohusodo pun cukup lengkap seperti villa,toko cenderamata,kantin atau rumah makan,dan tempat parkir yang luas.

Selain wisata goa dan wisata pemandian air hangat,di kota Pacitan ada banyak wisata pantai yang sangat memikat untuk dikunjungi. Wisata pantai terhampar luas di kota Pacitan, sehingga kalian harus menentukan terlebih dahulu pantai mana yang akan kalian kunjungi. Pantai Watu Karung, pantai Srau dan pantai Klayar bisa menjadi pilihan destinasi wisata saat ke kota Pacitan karena pantai-pantai tersebut memiliki pasir putih dan batu karang yang indah. Pantai Teleng Ria bisa menjadi pilihan jika kalian menginginkan pantai yang penuh dengan sarana wisata dan mudah diakses. Ada juga beberapa pantai yang harus kalian kunjungi saat ke kota Pacitan seperti pantai Soge yang terkenal dengan jembatan indahnya,pantai Taman yang menyuguhkan juga tempat penangkaran penyu, pantai Sidomulyo dengan flyingfox terpanjang se-Indonesia,pantai Banyutibo dengan pemandangan air terjun yang langsung menuju ke pantai. Selain wisata alamnya,saat ke kota Pacitan nanti kalian juga harus mencicipi makanan khas kota Pacitan yaitu nasi tiwul. Apa sih itu nasi tiwul? nasi tiwul adalah makanan yang terbuat dari gaplek (umbi dari ketela pohon yang dikeringkan) yang kemudian ditumbuk dan ditanak. Zaman dulu,nasi tiwul merupakan makanan pokok pengganti nasi bagi masyarakat pegunungan kidul seperti masyarakat Wonogiri,Pacitan,dan Trenggalek. Selain mencicipi makanan khas kota Pacitan,jangan lupa juga untuk membeli oleh-oleh khas Pacitan yang terbuat dari olahan ikan tuna seperti tahu,nugget,otak-otak,kerupuk,pangsit dan bakso.


Saya juga punya harapan dan impian agar bisa berwisata sekaligus berlibur di kota Pacitan. Berikut ini adalah wisata impian yang ada di Pacitan yang ingin saya kunjungi :

1. Pantai Klayar

Salah satu teman saya yang dulu saat kerja adalah senior saya sekarang sudah pindah ke pabrik lain. Setelah dia putus kontrak kerja,enam bulan kemudian saya juga putus kontrak kerja. Ternyata teman saya ini emang hobinya jalan-jalan. Terbukti dari akun sosial medianya yang sering update saat piknik.

Beberapa bulan yang lalu,teman saya tersebut berlibur ke pantai Klayar. Pantai Klayar adalah salah satu pantai yang ada di kota Pacitan tepatnya berada di desa Sendang,kecamatan Donorojo,kota Pacitan,provinsi Jawa Timur. Butuh waktu 3 jam untuk melakukan perjalanan ke pantai Klayar dari pusat kota Pacitan dengan naik sepeda motor atau naik mobil.

Pantai Klayar memiliki keindahan alam yang sangat eksotis berupa pasir putih dan batu karang serta tebing-tebing batu yang mengelilingi. Di bibir pantai pun terdapat pohon kelapa yang indah untuk dipandang. Pantai Klayar juga memiliki air laut yang biru dan ombak yang sangat besar, sehingga pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang. Lihat serunya teman saya saat liburan ke pantai Klayar yuk, sumber foto : koleksi pribadi Nur Chikmatul Ain,dkk











2. Goa Gong

Kota Pacitan merupakan kota yang mendapat julukan kota Seribu Goa. Maka dari itu,saya ingin berwisata ke salah satu goa yang ada di kota Pacitan. Pilihan saya adalah goa Gong. Kenapa goa Gong? Karena saya ingin berwisata dan menikmati indahnya alam dan indahnya goa Gong. Goa Gong juga merupakan goa terindah se-Asia Tenggara.

Sumber foto : Wikipedia Indonesia

3. Alun-Alun Kota Pacitan

Jika berkunjung ke suatu kota,tak lengkap rasanya bila tak mengunjungi alun-alunnya. Maka dari itu,saat saya ke Pacitan nantinya,saya ingin ke alun-alun kota Pacitan dan melihat langsung seperti apa saja kegiatan di alun-alun kota Pacitan.

Sumber foto : Google Maps

Sumber :

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Pacitan [diakses pada tanggal 10 Agustus 2017]

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Pantai_Klayar [diakses pada tanggal 10 Agustus 2017]

” Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blog Pacitan Paradise Of Java yang diselengarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pacitan”.

2 komentar:

 

Rumah Pelangi Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang