Selasa, 15 Agustus 2017

#FaridaPunyaCerita : Saya Cinta Nusantara,Saya Cinta Indonesia


Bulan Agustus telah tiba. Bulan Agustus adalah bulan kemerdekaan bagi seluruh rakyat Indonesia. Bulan Agustus adalah bulan dimana kita merayakan kemerdekaan Indonesia. Setiap tanggal 17 Agustus maka akan diperingati sebagai hari kemerdekaan Indonesia. Ada banyak cara yang biasanya dilakukan untuk merayakan kemerdekaan Indonesia seperti upacara pengibaran sang saka merah putih,lomba-lomba spesial bulan Agustus (lomba tarik tambang,panjat pinang,makan kerupuk,sepeda santai dan jalan sehat),biasanya juga taman makam pahlawan akan ramai dikunjungi saat hari kemerdekaan seperti taman makam pahlawan Kusuma Jati Kendal yang ramai karena dikunjungi oleh siswa-siswi sekolah di kota Kendal untuk mengenang sekaligus mendo'akan jasa para pahlawan yang telah gugur2
 mendahului kita karena bertempur di medan perang untuk meraih kemerdekaan Indonesia.

Bicara tentang negara Indonesia semakin membuat saya terus mencintai tanah kelahiran saya ini. Saya mempunyai 17 alasan kenapa saya mencintai Indonesia. Berikut penjelasan lengkapnya :

1. A
Alam yang sangat indah dan menawan

Indonesia memiliki alam yang sangat indah dan menawan. Indonesia adalah negara yang memiliki 34 provinsi yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Indonesia juga dilalui garis Khatulistiwa. Selain itu,banyak juga keindahan alam yang bisa dinikmati dan menjadi wisata impian.

2. K
Keanekaragaman bahasa & budaya

Indonesia adalah negara yang memiliki banyak bahasa & budaya. Saya bangga menjadi Indonesia. Tapi,walaupun banyak bahasa yang menandakan ciri khas masing-masing daerah. Bahasa Indonesia lah yang menjadi bahasa pemersatu sekaligus bahasa yang satu yaitu bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia juga termasuk pelajaran wajib bagi para pelajar dan bahasa Indonesia masuk dalam kategori untuk ujian nasional.

3. U
Unik & memiliki ciri khas masing-masing di setiap daerah

Uniknya keanekaragaman Indonesia bisa dilihat dari ciri khas masing-masing di setiap daerah. Mulai dari baju adat,adat pernikahan,tarian hingga kuliner dan oleh-oleh khas.

4. C
Cinta Indonesia karena tanah kelahiran saya

Saya adalah anak Indonesia. Saya lahir dan besar di Indonesia. Saya mencintai tanah kelahiran saya. Sebab,di tanah kelahiran saya inilah saya tumbuh,berkembang dan memperoleh pendidikan.

5. I
Indahnya pakaian adat setiap daerah

Setiap daerah di Indonesia memiliki pakaian adatnya masing-masing. Mulai dari Sabang sampai Merauke ada berbagai macam pakaian adat. Setiap pakaian adat di Indonesia memiliki keunikan dan ciri khas masing-masing.

6. N
Nusantara adalah Indonesia

Nusantara adalah Indonesia. Indonesia terkenal di mata dunia karena orangnya ramah tamah.

7. T
Tarian daerah yang sangat memukau

Dari Sabang sampai Merauke ada banyak tarian khas Indonesia seperti tari Saman,tari Ronggeng,tari Kecak dan masih banyak lagi. Dulu,ketika saya masih sekolah dasar. Setiap hari rabu akan ada pelajaran praktik menari yang wajib diikuti oleh setiap murid. Saya bangga karena saya ikut melestarikan budaya tarian Indonesia dengan selalu bersungguh-sungguh saat mengikuti pelajaran menari.

8. A
Ada banyak kuliner khas daerah yang lezat dan mantap untuk di santap

Rendang adalah salah satu makanan terlezat di dunia. Rendang merupakan makanan khas orang Sumatera. Menurut saya,Rendang bukan hanya sekedar makanan saja namun makanan khas yang selalu menjadi makanan lezat dan enak untuk disantap. Selain Rendang,ada juga pecel dan sate yang rasanya juga enak dan lezat untuk di santap.

9. I
Indahnya kebersamaan dalam keberagaman

"Bhineka Tunggal Ika" adalah semboyan yang akan selalu saya ingat sepanjang masa yang artinya walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Indonesia kaya akan keberagaman mulai dari agama,suku bangsa,bahasa dan budaya. Namun dengan segala perbedaan itulah kita tetap bersama untuk satu tujuan yaitu Indonesia tetap jaya.


10. N
Nilai-nilai kebudayaan dan warisan leluhur tetap dilestarikan

Indonesia juga kaya akan nilai-nilai kebudayaan dan kebudayaan tersebut tetap lestari sampai sekarang ini. Warisan leluhur juga tetap dijaga dengan baik seperti candi Borobudur yang merupakan warisan leluhur dan merupakan candi Budha terbesar di dunia.

11. D
Dari Sabang sampai Merauke memiliki sejuta pesona

Indonesia memiliki 34 provinsi dari Sabang sampai Merauke. Dari Sabang sampai Merauke memiliki sejuta pesona mulai dari pesona alam,pesona wisata,pesona kuliner dan juga pesona budaya dan bahasa.

12. O
Orang Indonesia ramah

Orang-orang Indonesia memang ramah terbukti dari saat kita berwisata ke dataran tinggi yang ada di Indonesia. Seperti saat saya kemah di desa Kediten,Plantungan Kab. Kendal Prov. Jateng. Waktu itu saat kemah,para warga sangat baik dan antusias sekali dalam kegiatan kemah. Para warga tersebut juga membagikan kue khas desa Kediten dan teh khas Kediten yang proses minumnya unik yaitu kita harus mengunyah gula tebu terlebih dahulu lalu meminum tehnya. Gula tebu tersebut gula yang dibuat sendiri oleh warga desa Kediten. Saat kemah itu juga saya dan teman-teman diperlihatkan mesin pembuat gula serta proses pembuatannya. Menyenangkan sekali kan?

13. N
Nusantara kaya akan keberagaman

Indonesia kaya akan keberagaman adat istiadat. Di daerah saya biasanya akan ada tradisi Bari'an pada malam satu Suro. Selain itu ada juga tradisi tedhak sithi untuk bayi usia tujuh bulan. Ada juga tradisi Mitoni atau tujuh bulanan,yaitu tradisi syukuran dalam rangka tujuh bulan si bayi di dalam perut ibunya. Tradisi Mitoni atau tujuh bulanan biasanya identik dengan rujak dari 7 jenis buah,urap yang terdiri dari 7 jenis sayuran serta rubo-rubo yang biasanya terdiri dari 7 macam umbi-umbian.

14. E
Enak & lezatnya kuliner khas Indonesia

Tak lengkap rasanya jika berkeliling negara Indonesia kalau tidak mencicipi hidangan atau kuliner khas Indonesia yang tentunya sangat lezat dan enak untuk disantap. Yang menjadi makanan favorit bagi masyarakat Indonesia biasanya adalah Rendang,Pecel,Urap,Gudeg,Sate Lontong dan masih banyak lagi.

15. S
Surga wisata bagi para wisatawan

Indonesia memang negara yang memiliki surga wisata bagi para wisatawan mulai dari wisata di kawasan dataran tinggi & kawasan dataran rendah. Tanah Lot dan pantai Kuta yang ada di Bali merupakan surga wisata bagi para wisatawan karena setiap tahun banyak sekali wisatawan dalam negeri maupun luar negeri yang berwisata ke Bali.

16. I
 Indahnya pantai & pulau yang memukau

Indonesia memiliki lebih dari 13.000 pulau. Pulau-pulau yang ada di Indonesia memiliki keindahan yang eksotis menurut saya seperti pulau Panjang yang ada di kota Jepara. Selain itu,Indonesia juga memiliki pantai yang sangat eksotis seperti pantai Drini yang ada di Jogjakarta.

17. A
Alam yang membentang luas dan mempesona hingga menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Alam yang mempesona yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Wisata mendaki gunung juga merupakan wisata yang menjadi andalan Indonesia. Indonesia memiliki banyak gunung seperti gunung Prau,gunung Tangkuban Perahu,gunung Sindoro,gunung Slamet,gunung Rinjani,gunung Semeru,gunung Bromo,gunung Ungaran dan masih banyak lagi. Saat tanggal 17 Agustus,biasanya para pendaki gunung akan mendaki gunung yang ada di Indonesia dan melakukan upacara dalam rangka hari kemerdekaan di puncak gunung dengan mengibarkan sang saka merah putih.

Itulah 17 alasan kenapa saya mencintai tanah kelahiran saya yaitu Indonesia. Untuk para muda-mudi ayo cintai negeri kita Indonesia tercinta ini. Buatlah Indonesia semakin maju dan tetap terus bersatu. Buktikan pada dunia kalau Indonesia adalah negara hebat.

Tulisan ini diikutsertakan dalam Kompetisi Blog HUT RI Ke - 72 yang diadakan oleh RAPPLER INDONESIA

Senin, 14 Agustus 2017

#FaridaPunyaCerita : Jangan Tanya "KAPAN" Ketika Saya Lelah Menjawabnya

Sumber Foto : pexels.com

Setiap detik waktu yang berjalan itu berarti menandakan waktu itu berjalan maju,bukan berjalan mundur. Setiap hari umur kita selalu bertambah tanpa kita sadari. Itu artinya tiap hari umur kita makin bertambah dan tentunya umur kita makin banyak yang menandakan kita akan menuju dewasa bahkan memasuki usia tua.

Saat masih kecil,dunia terasa begitu indah. Tak ada beban pikiran apapun. Yang ada hanya bermain dan belajar. Namun,saat menginjak SMK. Saya harus berfikir tentang masa depan saya. Akan jadi seperti apa saya nantinya jika saya begini dan akan jadi seperti apa jika saya begitu. Masa SMK adalah masa dimana banyak hal yang dialami seperti mulai merancang cita-cita di masa depan hingga menemukan belahan jiwa sebagai pasangan hidup nanti di masa yang akan datang.

Bicara cita-cita,masa depan dan pasangan hidup,pernah tidak kalian sering dapat pertanyaan "KAPAN"??? Pertanyaan "KAPAN" kadang membuat kita marah,jengkel,atau bahkan tersinggung. Lalu ada misteri apa di balik pertanyaan "KAPAN"??? Pertanyaan "KAPAN" sebenarnya mudah dijawab saat kita mengetahui jawabannya. Namun akan susah apabila kita sendiri tidak tahu jawabannya apa.

Berikut ini adalah pertanyaan "KAPAN" yang membuat saya bingung bahkan sedih untuk menjawabnya :

1. Kapan dapat jodoh?
2. Kapan dapat kerja lagi?
3. Kapan nikah?
4. Kapan gemuknya kok kurus terus?

4 pertanyaan itulah yang kadang membuat saya bingung hingga menertawakan diri sendiri. Kalo ditanya kapan dapat jodoh biasanya saya akan menjawab mungkin sebentar lagi saya dapat jodoh. Kalau ditanya kapan kerja lagi biasanya saya akan menjawab semoga diterima kerja dengan segera biar bisa kerja lagi dan punya penghasilan sendiri dan tidak merepotkan ibu & kakak lagi. Kapan nikah? aduh,ini pertanyaan yang kayaknya sangat sulit untuk dijawab. Mau jawab gimana ya enaknya. Kalau saya biasanya akan menjawab KAPAN-KAPAN kalau sudah ketemu jodoh nanti undangan pernikahan pasti bisa kalian dapatkan. Kapan nikah itu menurut saya pertanyaan yang sulit untuk dijawab karena saya tidak punya pacar lalu mau nikah sama siapa dong? Pertanyaan kapan gemuk juga merupakan pertanyaan yang sulit untuk saya jawab,sebab sejak dulu sampai kini berat badan saya selalu sedikit. Ketika mereka heboh ingin diet dan menurunkan berat badan,saya malah sibuk makan dengan porsi banyak. Tapi kalau ditimbang ya berat saya tetap saja 38 kg. Disitulah kadang saya merasa sedih.

Tetap optimislah dalam menjalani hidup dan kurangi hal-hal yang menyebabkan kita tambah stress. Jangan terlalu memikirkan pertanyaan "KAPAN"??? karena kalau kita stress bisa menimbulkan berbagai macam penyakit. Maka dari itu tetap jalani hidup dengan terus berdo'a dan berusaha agar apa yang kita inginkan dan harapkan bisa kita capai atau kita dapatkan.

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba menulis Vemale.com STOP TANYA KAPAN

Minggu, 13 Agustus 2017

#FaridaPunyaCerita : My First Experience With Hoka Hoka Bento & Starbucks Coffee

Pengalaman pertama memanglah istimewa dan tidak mudah terlupakan. Entah itu pengalaman baik ataupun pengalaman buruk. Pengalaman yang paling menyenangkan adalah ketika saya mendapat gaji pertama saya saat bekerja. Pengalaman yang sangat amat menyenangkan. Lalu apa nih pengalaman yang paling tak terlupakan dalam hidup kalian.

Dua minggu lalu,saya ada acara ke Semarang bersama sepupu saya. Enak banget pokoknya mulai dari mencicipi bakmi pelangi sampai mengunjungi kampung pelangi.

Baca selengkapnya di : #FaridaPunyaCerita : Dari Mencicipi Bakmi Pelangi Sampai Berkunjung Ke Kampung Pelangi

Saat jalan-jalan ke Semarang itulah saya juga ingin membelanjakan voucher MAP yang saya dapatkan dari #RembulanGiveaway #UbermoonGiveaway bersama Purbasari dan kak Bulan. Pokoknya seneng dan ini untuk pertama kalinya saya membelanjakan voucher MAP. Terimakasih banyak Purbasari & kak Bulan. Sempat bingung juga,akhirnya saya ke Paragon Semarang untuk mencari Burger King untuk membelanjakan voucher MAP tersebut,tapi saya cari tidak ketemu juga Burger King di Paragon Semarang.

Hingga akhirnya sepupu saya mengajak saya masuk ke Hoka Hoka Bento yang ada di Paragon Semarang. Ini pertama kalinya saya masuk sekaligus duduk-duduk cantik di Hoka Hoka Bento. Saat masuk ke Hoka Hoka Bento kita akan disambut dengan bahasa Jepang seperti Ohayou Gozaimasu yang artinya selamat pagi dan kalau kita akan keluar dari Hoka Hoka Bento maka kita akan dapat ucapan Arigatou Gozaimasu.

Seneng banget akhirnya bisa makan di Hoka Hoka Bento dengan menu Bento spesial karena sudah lama sekali saya ingin menikmati makanan khas Jepang di Hoka Hoka Bento. Tapi sayang banget,saya sama sepupu tidak bisa makan di Hoka Hoka Bento karena hari sudah sore, hingga akhirnya kita bawa pulang aja Bento spesialnya. Harga dua paket Bento spesial Rp.99.000. Paslah sama tempatnya yang nyaman,makanan yang enak dan tentunya pelayanan yang baik dan karena merupakan tempat makan bagi kalangan menengah ke atas alias orang kaya. Gara-gara ke Hoka Hoka Bento saya jadi pengen ke Jepang untuk liburan. Hehehe...Intip yuk keseruan saya dan sepupu saat berada di Hoka Hoka Bento dan saat menyantap Bento spesial di rumah.








Ternyata,di Paragon Semarang ada Starbucks Coffe. Ini adalah untuk pertama kalinya saya ke Starbucks Coffe dan ternyata voucher MAP bisa saya gunakan untuk membeli kopi di Starbucks Coffe. Saya sangat merasa senang karena ini adalah pengalaman pertama masuk ke Starbucks Coffe. Suasana Starbucks Coffe ramai sekali waktu itu. Saya juga baru tahu kalau di Starbucks Coffe bukan hanya menjual Coffe saja tapi ada juga kue dan roti. Harga satu gelas es kopi di Starbucks Coffe yang saya beli yaitu Rp.51.000 dan saya beli dua gelas es kopi dan harus membayar kekurangannya karena voucher MAP yang saya punya cuma 100K. Intip yuk keseruan saya saat nongkrong cantik di Starbucks Coffe dan saat pulang ke rumah berselfie ria dengan es kopi yang saya beli. Saya juga makin senang karena di gelas kopi tersebut tercantum nama saya.



Terimakasih banyak saya ucapkan kepada sepupu saya yang sudah mengajak saya jalan-jalan ke kota Semarang. Terimakasih juga saya ucapkan kepada Purbasari yang sudah memberi saya hadiah voucher MAP 100K. Ini adalah juga pengalaman kedua saya jalan-jalan ke Paragon Semarang. Lumayanlah bisa melihat pemandangan baru. Seumur hidup saya atau selama umur saya saat ini yaitu 21 tahun. Saya cuma empat kali saja pergi ke mall,dua kali ke Plaza Simpang Lima dan dua kali ke Paragon Semarang. Inilah sedikit cerita yang saya lakukan saat berkunjung ke Paragon Semarang.

Sumber foto : Koleksi Pribadi

Sabtu, 12 Agustus 2017

#FaridaPunyaCerita : Merekatkan Kebhinekaan Dengan Kebersamaan Hingga Membawa Kekuatan & Kebahagiaan


Menjadi anak Indonesia adalah kebanggaan bagi saya. Saya bangga lahir dan tumbuh di Indonesia. Indonesia itu negara yang kaya akan budaya,suku bangsa dan bahasa. Beraneka ragam budaya,suku bangsa dan bahasa membuat kita makin jaya. Walaupun dengan beraneka ragam suku bangsa,bahasa,budaya dan agama kita tetap Indonesia. Sejak saya sekolah sampai saat ini saya selalu ingat semboyan "Bhineka Tunggal Ika" yang artinya walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Para pejuang kemerdekaan Indonesia bisa melawan penjajah dan tetap bersatu walaupun berasal dari berbagai macam suku bangsa. Maka dari itu kita harus tetap menjaga persatuan dan kesatuan agar tetap terus menjadi satu dan bisa terus maju.

Sejak aktif di dunia blog saya jadi sering blog walking atau berkunjung ke blog seseorang yang bisa membuat saya makin tambah ilmu. Ada banyak blogger dari seluruh Nusantara mulai dari Sabang sampai Merauke. Hingga pada akhirnya saya mengenal kak Yohana Siallagan blogger cantik dari pulau Sumatera. Kak Yohana Siallagan ini umurnya seumuran saya tapi kak Yohana terpaut satu tahun lebih tua dari saya. Walaupun saya dan kak Yohana mempunyai agama yang berbeda bukan berarti harus bermusuhan. Perbedaan mampu membuat kita kuat dan perbedaan bukan alasan untuk tidak menjalin persaudaraan. Blog kak Yohana berisi tentang review buku,cerita travelling sampai review produk kecantikan. Saya banyak melihat review produk kecantikan dari blog kak Yohana,saya pun akhirnya tahu beberapa produk kecantikan yang lagi ngehits sekarang ini. Selain aktif ngeblog,kak Yohana sekarang sudah menjadi guru. Tuh kan inspiratif banget. Sebenarnya saya juga ingin menjadi guru. Semoga saja saya bisa juga seperti kak Yohana menjadi seorang guru. Ternyata perbedaan malah membuat saya bahagia karena saya bisa berteman dengan blogger dari berbagai daerah di Indonesia.

Sumber Foto : Instagram @ysiallagan

Tanggal 20 Mei diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional,untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional,salah satu tempat makan di kota Kendal memberikan promo khusus yaitu diskon 50% all item apabila mengajak makan bersama dengan saudara,teman atau mantan yang berbeda agama. Asik banget kan,bisa menghemat pengeluaran dan juga bisa memupuk tali persaudaraan. Kesempatan langka tersebut dimanfaatkan oleh sepupu saya bersama dengan temannya yang berbeda agama. Sehingga sepupu saya makin bahagia karena bisa makan bersama dengan temannya yang berbeda agama dan dapat diskon pula. Yuk intip keseruan sepupu saya di bawah ini :



Sumber Foto : Instagram @maularena & @kedai_java_pizza

Lalu bagaimana cara merekatkan Kebhinekaan dengan kebersamaan hingga membawa kebahagiaan? Saya punya sedikit tips untuk merekatkan Kebhinekaan hingga membawa kekuatan dan kebahagiaan yaitu :

1. Tetap menjaga silaturahmi

Dengan siapapun kita wajib menjaga silaturahmi dan tali persaudaraan. Walaupun kita berbeda dan beraneka ragam bukan berarti kita harus bermusuhan. Merekatkan Kebhinekaan bisa dilakukan dengan tetap menjaga silaturahmi agar kita tetap menjadi satu kesatuan yang kuat dari negara Indonesia.

2. Menghargai pendapat & perbedaan

Adakalanya perbedaan itu timbul karena adanya perbedaan pendapat dari masing-masing pihak yang dapat memecah belah bahkan sampai timbul permusuhan. Menghargai pendapat dapat dilakukan agar tidak terjadi perselisihan. Maka dari itu dengan menghargai perbedaan dan pendapat kita bisa menjadi bangsa Indonesia yang kuat.

3. Membentuk komunitas & mengadakan kegiatan untuk memupuk tali persaudaraan

Membentuk komunitas dan mengadakan kegiatan bisa memupuk tali persaudaraan dan memperkuat persatuan dan kesatuan. Komunitas yang dibentuk tentunya komunitas yang baik dan bermanfaat serta bisa memberikan dampak positif bagi orang banyak. Misalnya saja komunitas yang membantu evakuasi bencana alam,membantu orang-orang yang tidak mampu hingga berbagi ilmu kepada mereka yang belum tahu menahu segala hal atau tentang sesuatu. Dengan membentuk komunitas dan mengadakan kegiatan yang bermanfaat maka kita bisa menjadi bangsa Indonesia yang kuat dan tetap terus bersatu.

Ada juga sebuah acara yang merekatkan Kebhinekaan untuk membuat kita menjadi bangsa yang kuat yaitu Festival Merah Putih Bogor 2017. Festival Merah Putih ini sudah diadakan sejak tahun 2016. Tahun 2017 ini,akan diadakan kembali Festival Merah Putih Bogor dengan 15 agenda kegiatan untuk memeriahkan HUT RI yang ke-72. Festival Merah Putih diadakan untuk memupuk rasa kebersamaan dalam Kebhinekaan,menggali kembali budaya lokal,promosi andalan kota Bogor,dan menggali potensi generasi muda. Untuk para warga kota Bogor,jangan sampai lewatkan acara Festival Merah Putih Bogor ini ya.

Festival Merah Putih 2017 akan melaksanakan berbagai kegiatan yaitu :

1. Pemasangan 17845 buah bendera & umbul-umbul pada tanggal 1-31 Agustus 2017 di kota & kabupaten Bogor.

2. Cupping coffe - GRATIS setiap sabtu-minggu selama bulan Agustus 2017 di Botani Square & Cibinong City Mall.

3. Mengarak sang Merah Putih ukuran 5 X 100 Meter pada hari minggu,tanggal 6 Agustus 2017 di seputar jalur SSA.

4. Lomba menulis blog dengan periode lomba 6-12 Agustus 2017.

5. Lomba Mural mulai 6-20 Agustus 2017.

6. Lomba film pendek dengan batas penyerahan film tanggal 10 Agustus 2017.

7. Pameran karya illustrasi,pameran karya seni & penyuluhan narkoba
*1-17 Agustus 2017 di Cibinong City Mall(CCM)
*21-27 Agustus 2017 di LIPPO PLAZA EKALOKASARI Bogor.

8. Workshop 'Urban Sketsa' (by sketcher).

9. Lomba gerak jalan baris berbaris FMP 2017 pada hari minggu,13 Agustus 2017 saat car free day di jl. Sudirman.

10. Kaulinan Budak (Traditional Games) yang meliputi enggrang,kelom batok,gatrik,bedil jepret dan sumprit pada hari minggu 13 Agustus 2017 di GOR Pajajaran.

11. Parade lomba kuliner yaitu menghias tumpeng,battle cooking,strudel-butternut squash & lapis talas terbanyak pada hari minggu,20 Agustus 2017 saat car free day di jl. Sudirman.

12. Lomba pemaparan Pancasila dengan peserta Danramil jajaran Korem 061/Suryakancana pada hari minggu tanggal 20 Agustus 2017 di Makorem 061/Suryakancana

13. Lomba cerdas cermat antar kelurahan dengan peserta Lurah,Babinsa,Bhabinkamtibmas pada hari minggu tanggal 20 Agustus 2017

14. Kejuaraan panahan terbuka indoor pada tanggal 24-27 Agustus 2017 di Lanud Atang Senjaya

15. Puncak kegiatan (festival kreatifitas penyanyi jalanan & orkestra kota hujan,renungan kemerdekaan,pemutaran film pendek pada hari minggu 27 Agustus 2017 bertempat di Makodim 06/06 kota Bogor,jl. Jend. Sudirman.

Itulah rangkaian acara Festival Merah Putih Bogor 2017. Untuk info lebih lanjut cermati gambar di bawah ini atau bisa menghubungi ke sekretariat Festival Merah Putih Bogor 2017 di Kodim 06/06 jl. Jend. Sudirman  No. 33 Bogor. No. Handphone : 085772081960 (Indra Siregar)
087770018899 (Irwan)

Sumber Foto : Instagram @festivalmerahputih_bogor

Jangan lupa juga untuk follow sosial media Festival Merah Putih Bogor 2017 :
Web : www.festivamerahputih.org
email : festivalmerahputih2017@gmail.com
Facebook : @festivalmerahputihbogor
Twitter : @fmpbogor2017
Instagram : @festivalmerahputih_bogor

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog Festival Merah Putih Bogor 2017

Jumat, 11 Agustus 2017

#FaridaPunyaCerita : Liburan Makin Menyenangkan Saat Berkunjung Ke Kota Pacitan


Momen liburan memang momen yang paling menyenangkan. Apalagi kalau momen liburan dihabiskan dengan piknik bersama orang tersayang. Pasti momen liburan akan terasa sangat menyenangkan. Bicara liburan jadi pengen cepet liburan nih. Liburan yang menyenangkan bersama orang tersayang. Impian saya bisa liburan bersama orang-orang terdekat sekaligus orang yang saya sayangi seperti ibu,kakak,adik,sepupu dan sahabat. Saya tak bisa membayangkan kalau saya liburan sendirian tanpa teman pasti akan sangat menyedihkan.

Bicara liburan,pasti kita ingin mengunjungi suatu tempat karena  keindahannya. Ada beberapa kota yang sangat ingin saya kunjungi untuk liburan dan berwisata. Namun,sebelum liburan pastinya saya harus mempersiapkan segala perlengkapan untuk kebutuhan saat liburan seperti uang saku,bekal makanan dan tetap selalu menjaga kesehatan.

Tempat tinggal saya di kota Kendal Jawa Tengah. Para warga di kampung saya sering mengadakan wisata religi ke Jawa Timur. Seperti wisata religi di kota Tuban. Kalau saya belum pernah wisata religi ke kota Tuban. Saya cuma pernah mampir di kota Tuban untuk makan malam di salah satu rumah makan yang ada di kota Tuban.

Selain ke kota Tuban,saya juga pernah liburan di kota Lamongan. Waktu itu saya dan teman-teman saya satu pabrik menghabiskan libur akhir tahun di WBL (Wisata Bahari Lamongan). Pokoknya wisata di WBL tidak pernah akan saya lupakan sepanjang masa. Wahana permainan yang paling asik di WBL menurut saya adalah Roller Coaster. Roller Coaster di WBL keren banget pokoknya,kita bisa menikmati permainan Roller Coaster sambil menikmati pemandangan laut dan Tanjung Kodok yang ada di WBL. Pokoknya asik banget.

Baca selengkapnya di : #FaridaPunyaCerita : Liburan Anak Perakitan Ke Wisata Bahari Lamongan

Namun saya juga ingin mendaki puncak tertinggi yang ada di pulau Jawa yaitu Gunung Semeru dengan ketinggian 3676 mdpl. Adik kelas saya saja sudah pernah mendaki gunung Semeru. Lalu saya kapan?

Baca selengkapnya di : #FaridaPunyaCerita : Wisata Impian Mendaki Puncak Tertinggi Di Pulau Jawa

Selain itu saya juga ini bisa liburan di kota lainnya yang ada di Jawa Timur seperti kota Pacitan. Teman dari teman saya sering kali mudik ke Pacitan karena orangtuanya berasal dari Pacitan. Setiap kali ke Pacitan pasti teman dari teman saya tersebut selalu update segala hal tentang Pacitan terutama keindahan alamnya. Berawal dari situlah saya ingin liburan ke kota Pacitan agar bisa melihat secara langung keindahan alam yang ada di kota Pacitan. Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa saya ingin berwisata ke kota Pacitan :

1. Jarak yang tidak terlalu jauh dan mudah dijangkau serta hemat biaya

Karena saya tinggal di Jawa Tengah dan kota Pacitan merupakan salah satu kota yang ada di Jawa Timur,maka jarak yang saya tempuh nantinya tidak terlalu jauh sehingga bisa menghemat pengeluaran untuk biaya transportasi saat ke kota Pacitan. Akan lebih menyenangkan apabila saat ke Pacitan nanti saya bisa liburan bersama dengan keluarga dan sahabat saya dengan menggunakan alat transportasi darat yaitu bus.

2. Ada berbagai macam keindahan alam dan keanekaragaman kuliner khas kota Pacitan

Kota Pacitan ternyata memiliki keindahan alam yang beraneka ragam seperti goa Gong & pantai Klayar. Ada juga kuliner lezat yang bisa dicoba saat berkunjung ke kota Pacitan. Kuliner Pacitan yang lezat tersebut seperti nasi tiwul,kupat tahu,putri gunung,sayur kalakan,punten,cenil,tahu tuna.

Lalu,bagaimana caranya agar saya bisa mewujudkan keinginan saya untuk bisa berkunjung dan berlibur ke kota Pacitan. Ada dua hal penting yang harus saya lakukan agar saya bisa ke kota Pacitan,pertama adalah saya harus menabung agar saya punya uang untuk bisa berlibur ke kota Pacitan. Kedua adalah saya harus tetap menjaga kesehatan saya,karena kalau saya sakit saya tidak akan bisa berlibur sekaligus berkunjung ke kota Pacitan.

Sebelumnya,kenalan lebih dekat yuk dengan kota Pacitan. Kota Pacitan adalah salah satu kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Kota Pacitan memiliki luas 1.389,87 km2 dan pada tahun 2015 ada 728.049 jiwa total penduduk kota Pacitan. Untuk info lebih lengkap mengenai kota Pacitan bisa berkunjung ke kota Pacitan dan jangan lupa untuk berkunjung ke : http://www.pacitankab.go.id

Kota Pacitan dikenal juga sebagai kota pariwisata. Kenapa ya kota Pacitan disebut dengan kota Pariwisata? Hal tersebut dikarenakan kota Pacitan memiliki beraneka ragam keindahan dan kekayaan alam yang sangat memikat dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Ada banyak obyek wisata alam yang ada di kota Pacitan yang wajib dikunjungi seperti wisata goa, wisata pantai,wisata pegunungan (hikking),wisata sejarah,dan wisata pemandian air hangat.

Perlu kalian ketahui juga nih,tak hanya dikenal dengan sebutan kota pariwisata saja,ternyata Pacitan dikenal juga dengan sebutan kota Seribu Goa. Kota Pacitan mendapat sebutan Kota Seribu Goa dikarenakan di kota Pacitan banyak terdapat goa seperti goa Gong (goa terindah se-Asia Tenggara), goa Tabuhan (batu dapat dipukul dan berbunyi seperti alat musik gamelan), goa Kalak (goa pertapaan), dan goa Luweng Jaran (diduga sebagai kompleks goa terluas di Asia Tenggara).

Selain wisata goa yang memikat para pengunjung karena keindahannya,di kota Pacitan juga terdapat pemandian air hangat Tirtohusodo yang berada di kecamatan Arjosari. Pemandian air hangat Tirtohusodo letaknya sekitar 15 Km dari pusat kota Pacitan ke arah utara,di pemandian air hangat Tirtohusodo menyuguhkan pesona mandi di bawah kaki gunung Kelir dengan air panas alami,fasilitas di pemandian air hangat Tirtohusodo pun cukup lengkap seperti villa,toko cenderamata,kantin atau rumah makan,dan tempat parkir yang luas.

Selain wisata goa dan wisata pemandian air hangat,di kota Pacitan ada banyak wisata pantai yang sangat memikat untuk dikunjungi. Wisata pantai terhampar luas di kota Pacitan, sehingga kalian harus menentukan terlebih dahulu pantai mana yang akan kalian kunjungi. Pantai Watu Karung, pantai Srau dan pantai Klayar bisa menjadi pilihan destinasi wisata saat ke kota Pacitan karena pantai-pantai tersebut memiliki pasir putih dan batu karang yang indah. Pantai Teleng Ria bisa menjadi pilihan jika kalian menginginkan pantai yang penuh dengan sarana wisata dan mudah diakses. Ada juga beberapa pantai yang harus kalian kunjungi saat ke kota Pacitan seperti pantai Soge yang terkenal dengan jembatan indahnya,pantai Taman yang menyuguhkan juga tempat penangkaran penyu, pantai Sidomulyo dengan flyingfox terpanjang se-Indonesia,pantai Banyutibo dengan pemandangan air terjun yang langsung menuju ke pantai. Selain wisata alamnya,saat ke kota Pacitan nanti kalian juga harus mencicipi makanan khas kota Pacitan yaitu nasi tiwul. Apa sih itu nasi tiwul? nasi tiwul adalah makanan yang terbuat dari gaplek (umbi dari ketela pohon yang dikeringkan) yang kemudian ditumbuk dan ditanak. Zaman dulu,nasi tiwul merupakan makanan pokok pengganti nasi bagi masyarakat pegunungan kidul seperti masyarakat Wonogiri,Pacitan,dan Trenggalek. Selain mencicipi makanan khas kota Pacitan,jangan lupa juga untuk membeli oleh-oleh khas Pacitan yang terbuat dari olahan ikan tuna seperti tahu,nugget,otak-otak,kerupuk,pangsit dan bakso.


Saya juga punya harapan dan impian agar bisa berwisata sekaligus berlibur di kota Pacitan. Berikut ini adalah wisata impian yang ada di Pacitan yang ingin saya kunjungi :

1. Pantai Klayar

Salah satu teman saya yang dulu saat kerja adalah senior saya sekarang sudah pindah ke pabrik lain. Setelah dia putus kontrak kerja,enam bulan kemudian saya juga putus kontrak kerja. Ternyata teman saya ini emang hobinya jalan-jalan. Terbukti dari akun sosial medianya yang sering update saat piknik.

Beberapa bulan yang lalu,teman saya tersebut berlibur ke pantai Klayar. Pantai Klayar adalah salah satu pantai yang ada di kota Pacitan tepatnya berada di desa Sendang,kecamatan Donorojo,kota Pacitan,provinsi Jawa Timur. Butuh waktu 3 jam untuk melakukan perjalanan ke pantai Klayar dari pusat kota Pacitan dengan naik sepeda motor atau naik mobil.

Pantai Klayar memiliki keindahan alam yang sangat eksotis berupa pasir putih dan batu karang serta tebing-tebing batu yang mengelilingi. Di bibir pantai pun terdapat pohon kelapa yang indah untuk dipandang. Pantai Klayar juga memiliki air laut yang biru dan ombak yang sangat besar, sehingga pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang. Lihat serunya teman saya saat liburan ke pantai Klayar yuk, sumber foto : koleksi pribadi Nur Chikmatul Ain,dkk











2. Goa Gong

Kota Pacitan merupakan kota yang mendapat julukan kota Seribu Goa. Maka dari itu,saya ingin berwisata ke salah satu goa yang ada di kota Pacitan. Pilihan saya adalah goa Gong. Kenapa goa Gong? Karena saya ingin berwisata dan menikmati indahnya alam dan indahnya goa Gong. Goa Gong juga merupakan goa terindah se-Asia Tenggara.

Sumber foto : Wikipedia Indonesia

3. Alun-Alun Kota Pacitan

Jika berkunjung ke suatu kota,tak lengkap rasanya bila tak mengunjungi alun-alunnya. Maka dari itu,saat saya ke Pacitan nantinya,saya ingin ke alun-alun kota Pacitan dan melihat langsung seperti apa saja kegiatan di alun-alun kota Pacitan.

Sumber foto : Google Maps

Sumber :

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Pacitan [diakses pada tanggal 10 Agustus 2017]

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Pantai_Klayar [diakses pada tanggal 10 Agustus 2017]

” Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blog Pacitan Paradise Of Java yang diselengarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pacitan”.

Selasa, 08 Agustus 2017

#FaridaPunyaCerita : Dari Mencicipi Bakmi Pelangi Sampai Berkunjung Ke Kampung Pelangi


Jalan-jalan ke kota Semarang memang asik banget pemirsa. Ada banyak tempat wisata asik yang bisa dicoba. Kebetulan banget nih,minggu lalu saya diajak sepupu untuk ikut reunian bersama teman kampusnya. Sayapun akhirnya menyetujuinya dan saya ikut acara reunian tersebut. Horeee...akhirnya bisa jalan-jalan ke Semarang.

Acara reunian tersebut dilaksanakan di daerah Tembalang Semarang tepatnya di Bakmi BM Tembalang. Yuuuhuuu...ini untuk pertama kalinya aku ke Tembalang dan akhirnya bisa lihat kampus Universitas Diponegoro & Politeknik Negeri Semarang. Jadi ingat waktu dulu lulus SMK,pengen banget kuliah di Politeknik Negeri Semarang. Tapi sampai sekarang belum kesampaian juga. Mudah-mudahan aja bentar lagi bisa jadi salah satu mahasiswi Politeknik Negeri Semarang. Amiiin...

Acara reuniannya memang asik menurut saya,karena saya bisa berkenalan dengan beberapa teman kampus sepupu saya. Akhirnya setelah perjalanan yang lumayan muter-muter juga akhirnya sampai juga di tempat tujuan untuk reunian yaitu Bakmi BM Tembalang.

Bakmi BM Tembalang atau Bakmi BM Noodle & Chicken adalah tempat makan yang berlokasi di Jalan Tirto Agung No. 17 Tembalang-Semarang. Walaupun nama tempat makannya Bakmi,namun menu yang disediakan sangat beragam. Ada banyak menu yang bisa dicoba. Harga untuk seporsi makanan mulai dari lima belas ribu Rupiah dan untuk seporsi minuman mulai dari tiga ribu Rupiah.

Suasana Bakmi BM Tembalang tergolong ramai waktu saya ke sana karena hari libur pemirsa. Ada dua tempat yang menurut saya unik karena lokasi depan untuk tempat makan duduk di kursi dan lokasi belakang untuk duduk lesehan. Para pelayan pun ramah-ramah semua. Yang sering nongkrong di Bakmi BM adalah kalangan orang kaya karena kebanyakan menaiki mobil saat ke Bakmi BM. Apalagi waktu saya ke Bakmi BM saya lihat pasangan muda yang baru punya seorang anak dan pasangan muda itu adalah orang Jepang. Pokoknya seneng aja kalau lihat orang Jepang karena memang aku pengen banget bisa liburan ke Jepang. Bicara negara Jepang,saya ingat waktu kerja di pabrik milik orang Jepang dan setiap hari saya bertemu orang Jepang. Aaah...jadi kangen masa-masa kerja di pabrik.

Setelah memilih dan memilah menu yang jadi andalan dan favorit,akhirnya saya memilih menu Bakmi Pelangi. Penasaran sih sebenarnya sama bentuk dan rasanya,dan ternyata Bakmi Pelangi itu rasanya enak banget padahal belum saya beri saos,sambal dan kecap. Ada tiga warna Bakmi Pelangi yaitu pink,hijau dan kuning. Warna pink dari buah naga,warna hijau dari sawi hijau dan warna kuning dari wortel. Rasanya istimewa dan menyehatkan pula...bener saya nggak bohong dan saya nggak lagi iklanin Bakmi BM. Memang rasanya enak dan porsinya lumayan besar. Untuk Bakmi Pelangi Komplit dibandrol harga dua puluh lima ribu Rupiah

Setelah acara reuni selesai,sepupu menawari saya untuk jalan-jalan ke Kampung Pelangi. Akhirnya saya,sepupu dan dua teman sepupu saya jalan-jalan ke Kampung Pelangi. Eeeh...eeeh...tunggu dulu. Di mana sih lokasi kampung pelangi? Kampung Pelangi terletak di kelurahan Randusari kota Semarang. Pertama kali saya mengetahui kampung pelangi adalah dari berita di TV dan kemudian kampung pelangi ngehits di Instagram. Saya melihat kampung pelangi secara langsung sekitar sebulan yang lalu saat saya akan menjenguk keponakan saya yang sedang sakit dan dirawat di RSUP Dr. Kariadi Semarang. Letak kampung pelangi dekat dengan Tugu Muda Semarang & RSUP Dr. Kariadi Semarang. Kemudian banyak juga teman-teman saya yang berwisata ke kampung pelangi hingga akhirnya sayapun berwisata ke kampung pelangi juga.

Berwisata di kampung pelangi tidak dikenakan biaya alias gratis. Namun,kita harus membayar uang parkir untuk kendaraan yang kita naiki. Cukup dengan tiga ribu Rupiah untuk membayar uang parkir. Setelah itu kita akan diberi satu stiker bertuliskan kampung pelangi.

Saat berwisata ke kampung pelangi sebaiknya pada saat pagi hari atau sore hari. Karena kalau ke kampung pelangi saat siang hari pasti akan sangat panas sekali cuacanya. Jangan lupa juga untuk membawa bekal minuman agar tidak kehausan. Menurut saya,kampung pelangi kelurahan Randusari itu menarik karena cat warna-warni yang menghiasi rumah sampai tempat ibadah. Banyak juga penjual bunga hias & tanaman bunga di sepanjang kampung pelangi. Ada juga beberapa tempat spot foto yang Instagramable untuk dipajang di Instagram seperti berikut ini :








Sumber Foto : Koleksi Pribadi

Minggu, 06 Agustus 2017

#FaridaPunyaCerita : AtmaGo Warga Bantu Warga,Semua Warga Bisa Berbagi Berita


Dulu,ketika saya masih SMK. Saya kadang merasa salah ambil jurusan. Saya memang ingin belajar mendalami ilmu & segala hal tentang komputer. Saya merasa senang tapi kadang saya bosan. Saya kadang berfikir,kayaknya saya salah ambil jurusan deh. Saya kan juga pengen jadi wartawan atau jurnalis. Kok malah ambil jurusan RPL(Rekayasa Perangkat Lunak)? Kenapa nggak ambil jurusan TP4 (Teknik Produksi & Program Penyiaran Pertelevisian) aja? Namun apapun ilmu yang didapat harus kita syukuri. Nantinya pun ilmu tersebut akan membawa dampak positif bagi masa depan kita.

Tak apa kalau saya tidak masuk jurusan TP4,namun saya akan tetap berusaha untuk mewujudkan cita-cita saya suatu saat nanti. Salah satu hal yang saya lakukan agar saya bisa dapat ilmu dan info terbaru tentang dunia penyiaran dan berita,saya pun aktif searching segala hal yang tentunya bermanfaat untuk saya. Saya pun aktif di blog dan media sosial. Beruntunglah saya dengan kemajuan teknologi yang ada,sayapun bisa dengan mudah belajar dan berbagi cerita serta berita.

Karena kecanggihan teknologi itulah akhirnya sayapun mengenal aplikasi AtmaGo. Apa sih itu AtmaGo? AtmaGo adalah aplikasi yang bisa didownload di Smartphone anda yang berguna untuk mendapatkan berita terbaru di sekitar tempat tinggal kita. Selain mendapatkan berita terbaru,kita juga bisa berbagi atau membagikan berita terbaru seputar kejadian yang baru saja terjadi di daerah kita. Tuh kan tuh kan canggih banget. Sayapun bisa belajar menjadi wartawan dengan menggunakan aplikasi AtmaGo.

Lalu gimana sih cara menggunakan aplikasi AtmaGo? Caranya mudah banget,simple dan nggak ribet sama sekali. Berikut adalah caranya :

1. Download aplikasi AtmaGo pada smartphone kesayangan anda

Pertama,download aplikasi AtmaGo pada smartphone anda. Aplikasi AtmaGo bisa di download secara gratis melalui Google Play & Apps Store. Aplikasi AtmaGo sudah didownload sebanyak lima ratus kali & ukuran aplikasi AtmaGo juga kecil banget kok, cuma 8,32 MB.

2. Buat akun AtmaGo

Setelah aplikasi AtmaGo terdownload,anda harus membuat akun dulu di aplikasi AtmaGo. Bisa daftar pakai email bisa juga daftar menggunakan akun Facebook. Karena saya nggak pengen ribet,saya daftar akun AtmaGo pakai akun Facebook. Setelah daftar akun AtmaGo maka anda bisa langsung menggunakan akun AtmaGo anda untuk dapat berita terbaru dan berbagi berita terbaru.

Menurut saya keunggulan aplikasi AtmaGo adalah mudah digunakan. Karena dengan aplikasi AtmaGo yang sudah didownload pada smartphone,maka kapan pun dan dimanapun kita tetap bisa berbagi dan mendapat berita terbaru. Mudah digunakan dan praktis sekali kan? Selain itu saya juga bisa belajar menulis berita terbaru yang ada di sekitar saya. Aplikasi AtmaGo sangat bermanfaat untuk saya,terimakasih aplikasi AtmaGo. 💕💞 💕😚

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba menulis AtmaGo
 
 

Rumah Pelangi Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang