Senin, 05 Juni 2017

Wisata Halal Impian & Pesona Ramadhan Di Pulau Seribu Masjid


Lalu Hasan Basri adalah nama guru les bahasa Inggris saya sewaktu saya masih duduk di bangku kelas satu sekolah menengah pertama. Karena saya kagum akan sosok guru les baru yang merupakan orang Lombok,saya makin tertarik untuk mengenal Mr. Lalu Hasan Basri karena saya kagum pada beliau pada waktu itu yang masih muda sudah bisa menjadi guru bahasa Inggris. Kemudian lambat laun saya dan teman-teman makin akrab dengan Mr. Lalu Hasan Basri hingga akhirnya hari perpisahan itu terjadi dan itu untuk terakhir kalinya saya dan teman-teman bisa berkumpul dengan Mr. Lalu Hasan Basri.

Berawal dari situlah saya makin penasaran dengan keindahan alam serta kehidupan sehari-hari masyarakat Lombok,Nusa Tenggara Barat. Saya pun akhirnya banyak mencari informasi mengenai kota Lombok dari internet. Setelah cari informasi di internet,saya jadi ingin sekali bisa ke Gunung Rinjani & Segara Anak. Namun saat bulan Ramadhan seperti sekarang ini alangkah baiknya kita tidak mendaki gunung karena kondisinya tidak memungkinkan. Namun ada hal-hal yang indah dan tak harus dilewatkan saat bulan Ramadhan di pulau Lombok. Karena pulau Lombok memiliki pesona tersendiri saat bulan Ramadhan tiba.  Sebelumnya,simak dulu segala tentang pulau Lombok.

Lombok adalah sebuah pulau di kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara yang terpisahkan oleh selat Lombok dari Bali di sebelah Barat dan selat Alas di sebelah Timur Sumbawa. Pulau Sumbawa kurang lebih berbentuk bulat dengan semacam "ekor" di sisi barat daya. Luas pulau Lombok sebesar 5.435 km2. Pulau Lombok merupakan pulau yang masuk peringkat ke - 108 dari daftar pulau berdasarkan luasnya di dunia. Kota utama pulau ini adalah kota Mataram. Sesuai data sensus penduduk 2010,penduduk pulau Lombok sebanyak sekitar 3.166.789 juta jiwa.

Bulan puasa bukanlah alasan untuk bermalas-malasan. Maka dari itu,merefresh pikiran agar segar kembali bisa menjadikan hari esok lebih baik dari hari ini. Nah,saat puasa sempatkan juga untuk berwisata. Dan saya punya referensi untuk berwisata saat bulan Ramadhan yaitu liburan di pantai yang ada di kota Lombok. Sebaiknya wisata ke pantai saat di bulan Ramadhan adalah pagi setelah shalat Subuh dan sore sebelum adzan Maghrib. Jadi dengan begitu wisata pantai makin asik dan menyenangkan.

Berikut adalah beberapa keterangannya :

1. Pantai Senggigi

Terletak di sisi barat pulau Lombok. Pantai Senggigi merupakan primadona wisata pantai di pulau Lombok yang pertama kali disebut-sebut sebagai lokasi tujuan wisata bila berkunjung ke Lombok. Di Pantai Senggigi mempunyai pemandangan pantai yang sangat indah,terutama ketika sunrise & sunset.

2. Pantai Sira

Pantai Sira terletak di desa Medana,kabupaten Lombok Utara. Pantai Sira sangat terkenal dan ramai dikunjungi para wisatawan. Pantai Sira dihiasi pohon nyiur,hamparan pasir putih yang luas,air yang jernih,dan terumbu karang yang terjaga kelestariannya. Sungguh merupakan sebuah kombinasi keindahan yang sangat menawan. Pada tanggal 26 September 2009,pantai Sira dikunjungi oleh 120 kapal pesiar dari 30 negara di Asia,Eropa, & Amerika. Para wisatawan penumpang kapal tersebut mengacungkan jempol sebagai tanda bahwa mereka menyukai keindahan alam pantai Sira.

3. Pantai Kuta

Pantai Kuta terletak di selatan pulau Lombok,sekitar 56 km dari kota Mataram. Pantai Kuta disebut juga pantai Mandalika. Yang unik dari pantai Kuta adalah pemandangan lautnya berbalut pasir putih dengan bentuk bulat seperti merica. Konon,pasir berbentuk merica itu berasal dari butiran karang tempat nyale atau cacing laut bersarang. Nyale-nyale yang berjumlah miliaran itu membuat sarang di karang-karang putih dengan cara melubangi karang. Sisa galian nyale itu berbentuk butiran-butiran pasir yang kemudian dihanyutkan ombak ke pantai. Lantaran berbentuk butiran-butiran seperti merica,banyak warga dan pengunjung pantai Kuta yang menganggap jika menginjaknya tanpa alas kaki lebih nyaman dan bermanfaat memperlancar sirkulasi darah. Di pantai Kuta kita juga bisa melihat bukit-bukit karang di sisi kiri atau arah utara.


Tidak hanya kaya akan keindahan pantainya saja, Pulau Lombok ternyata menyimpan keunikan tersendiri yaitu berupa ribuan Masjid. Maka dari itu, Lombok dijuluki sebagai “Pulau Seribu Masjid”. Julukan itu tak hanya sekedar julukan karena di Lombok banyak berdiri masjid-masjid megah nan mewah, berjejer di setiap desa di sepanjang perjalanan di pulau ini.

Lombok berasal dari kata Lomboq yang artinya adalah “lurus”. Dari dulu orang Lombok dikenal sebagai orang yang jujur, dan 96% penduduknya memeluk agama Islam. Islam adalah agama mayoritas penduduk pulau Lombok. Jadi tak heran jika banyak Masjid bertebaran di pulau ini.

Salah satu masjid yang ada di pulau Lombok yaitu masjid kuno Bayan. Bayan adalah wilayah yang menjadi perbatasan antara Lombok utara dengan Lombok timur. Posisi Bayan yang jauh dari Tanjung(pusat pemerintahan kabupaten Lombok Utara)membuatnya jauh dari hiruk pikuk. Inilah alasan mengapa adat & budaya begitu terasa kental di Bayan. Meski demikian,masyarakat Bayan bukanlah masyarakat yang tertutup dari kehidupan modern. Namun,kekuatan mereka dalam mempertahankan adat & budaya tersebut justru menjadi daya tarik tersendiri untuk dicermati. Bayan juga merupakan daerah perlintasan bagi para pendaki Gunung Rinjani.

Salah satu warisan budaya & objek wisata yang menjadi kebanggaan masyarakat Bayan adalah masjid kuno Bayan Beleq. Meski dinamakan masjid,fungsinya tidak seperti masjid pada umumnya. Masjid Bayan hanya dipakai pada hari-hari besar atau hari-hari keagamaan tertentu saja. Untuk kegiatan ritual rutin,perayaan dilakukan selisih tiga hari dari yang biasa dilakukan umat Islam. Misalnya,jika hari raya Idul Fitri jatuh pada hari Jum'at,ritual di masjid ini dilaksanakan pada hari Senin.

Masjid kuno Bayan diperkirakan di bangun sekitar 500 tahun yang lalu. Tidak seorang pun tahu siapa yang membangun masjid ini. Beberapa sumber menyebutkan,masjid kuno Bayan dibangun sekitar abad ke - 16. Konon,Sunan Giri menyebarkan agama Islam ke pulau Lombok. Ketika sampai di desa Bayan,Sunan diterima oleh Raja Bayan yang bergelar Datu Bayan. Kemudian,Sunan diberi sebidang tanah untuk mendirikan masjid. Tidak ada kejelasan apakah masjid kuno Bayan dibangun langsung oleh Sunan Giri atau tokoh lain yang datang kemudian menggantikan posisinya.

Menurut sumber lain,penyebar Islam di pulau Lombok adalah Sunan Prapen. Sunan Prapen dikenal juga sebagai Pangeran Senopati dan merupakan cucu Sunan Giri. Jika data sejarah ini benar maka masjid kuno Bayan jelas tidak mungkin dibangun Sunan Giri. Memang data sejarah ada perbedaan,tetapi masyarakat sepakat bahwa usia masjid kuno Bayan sangat tua.

Masjid kuno Bayan dikelilingi oleh makam para Kyai yang membawa Islam pada zaman dahulu. Selain itu,juga terdapat beberapa cungkup makam. Nama-nama yang tercatat di makam tersebut antara lain Pawelangan,Titi Mas Puluh,Sesait dan Karem Saleh. Mereka adalah tokoh-tokoh penyebar Islam di pulau Lombok. Bangunan makam tersebut dibuat mirip rumah yang berdinding dari gedeg alias anyaman bambu. Setiap bulan,masjid kuno Bayan menerima kunjungan wisatawan mancanegara dari berbagai negara. Wisatawan asing yang paling sering berkunjung berasal dari Jerman dan Belanda.

Sumber :

Ebook Jalan-Jalan Lombok : Enaknya Ke Mana? Oleh Yusak Anshori & Adi Kusrianto [dipinjam dari aplikasi perpustakaan digital iJakarta dan dibaca pada tanggal 30 Mei 2017]

http://www.an.tv/travelling/indahnya-pulau-lombok-negeri-seribu-masjid/ [diakses pada tanggal 3 Juni 2017]

Tulisan Ini Diikutsertakan Dalam Lomba Blog Pesona Khazanah Ramadan di Bumi Seribu Masjid #lombokbumi1000masjid #PesonaRamadan


15 komentar:

  1. Lombokk baguss banget mbaaak yaaak. Pengeen bsa kesana lagi suatu saat nanti. Aamiin. . Indahnya pantai dan senja yg selalu memesona 😊 good luck mbaak. .

    BalasHapus
  2. Lombok lautnya bagus2 ya. Jadi ingin ke sana

    BalasHapus
  3. Ah, masjidnya kuno bgt ya. Budaya islam di sana ada juga

    BalasHapus
  4. Duh, lombok, pengen kesana tapi duit tak ada. Pantainya sudah memanggil-manggil.

    BalasHapus
  5. Sejak dulu penasaran dengan Lombok, terutama karena julukannya "Pulau Seribu Masjid". Ternyata Pantainya juga indah ya ..

    BalasHapus
  6. terimakasih sudah berkunjung...selain pantai dan masjid yang indah. Lombok juga indah dengan Gunung Rinjani & Segara Anak

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Wah pengen banget ke Lombok, pantainya keren keren banget, airnya masih berish dan jernih sekali, karang karangnya masih subur, duh jadi pengin banget nih ke Lombok. Btw sukses ya lombanya

    BalasHapus
  9. iya kak...Lombok...saya juga pengen ke sana. Ikutan juga yuk kak lombanya...

    BalasHapus
  10. Saya ingin ke Masjid Bayan, rasanya eksotis sekali ya :)

    BalasHapus
  11. Pengen deh ke Pantai Senggigi, apalagi sama keluarga. Main ke blogku juga ya mbak, ada cara diet ampuh pake yogurt :)

    BalasHapus
  12. iya mbk...saya kunjungi balik ya...

    BalasHapus
  13. cantik banget lombok mah, nggk kalah sama Bali :)

    BalasHapus
  14. Lombok selain indah destinasi wisatanya ternyata menyimpan wisata religinya y mba mesjid kuno bayan jd penasaran smg bisa kesana aamiin y Alloh

    BalasHapus
  15. iya mbak...pesona pulau Lombok memang istimewa sekali ya.

    BalasHapus

 

Rumah Pelangi Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang