Jumat, 09 Juni 2017

Kisahku Bersama Bulan Ramadhan 1438 H


Jika bulan Ramadhan tiba,maka saya bahagia. Ya dong saya bahagia,karena bulan Ramadhan itu bulan istimewa. Amal perbuatan kita dilipatgandakan. Seneng dong ya tentunya. Jika bulan Ramadhan tiba maka saya pun juga tak ingin melewatkannya begitu saja,saya juga ingin menambah pahala dan berbuat kebaikan serta tetap rajin dan taat beribadah kepada ALLAH SWT.

Jika bulan Ramadhan tahun-tahun sebelumnya saya hanya bantu-bantu ibu saya saja di dapur. Maka sejak bulan Ramadhan tahun ini saya yang harus menggantikan tugas ibu mulai dari memasak,menyapu,mengepel lantai,cuci piring,cuci baju hingga mengurus kebun belakang rumah yang ditanami sayur bayam. Awalnya saya agak berat menjalani ini semua,namun lambat laun saya akhirnya bisa juga menggantikan segala tugas ibu saya selama ini karena sudah setahun ini ibu saya kesehatan terus memburuk hingga harus bolak balik rumah sakit karena tekanan darah tinggi & ginjalnya bengkak.

Namun,memasak itu kadang tak semudah yang saya bayangkan. Sering kali saya merasa masakan saya gagal karena rasanya kurang enak atau bentuknya yang tak menarik. Tapi saya tetap bersemangat,saya pasti bisa memasak masakan enak untuk keluarga besar saya. Kalau makan sahur itu kadang malas bangun,namun jika saya memasak masakan yang enak,lezat dan menyehatkan,pasti ibu dan kakak-kakak saya jadi semangat untuk makan sahur. Berikut adalah daftar makanan dan minuman yang pernah saya buat sejak hari pertama puasa sampai sekarang :

1. Soto ayam
2. Sayur lodeh
3. Sayur bayam
4. Pecel kembang turi
5. Tempe + tahu goreng
6. Telur dadar
7. Ayam goreng
8. Pecel lele
9. Lontong tahu campur
10. Sambal goreng tahu
11. Kolak pisang
12. Kolak bolang-baling
13. Es teh
14. Es tape singkong
15. Es cendol
16. Es kolang-kaling
17. Es campur
18. Es agar-agar
19. Bubur tepung tapioka
20. Es sirup

Bulan Ramadhan juga mengajarkan kita untuk tidak menyiayiakan makanan. Sebab,di luar sana masih banyak orang-orang yang setiap harinya jarang makan atau bahkan hanya makan satu kali dalam sehari. Maka dari itu,sebagai muslim yang baik kita harus bisa bersyukur atas apa yang kita punya dan tidak membuang-buang makanan.

Saat waktu berpuasa tiba adalah saat yang ditunggu kita semua. Setiap orang pasti punya makanan favorit tersendiri saat berbuka puasa,termasuk saya. Makanan favorit saya ketika berbuka puasa adalah soto ayam. Kenapa harus sate ayam? Karena soto ayam itu lezat apalagi kalau ditambah dengan tempe goreng dan kecap yang banyak. Pokoknya mantap sekali. Saya juga pernah memasak soto ayam untuk berbuka puasa. Setiap kali bulan Ramadhan tiba,pasti saya akan menyajikan soto ayam. Entah itu beli di warung atau bikin sendiri (karena sekarang sudah bisa masak soto ayam sendiri). Kalau minuman favorit saya saat berbuka puasa adalah es krim. Soalnya segar dan enak. Tapi kalau buka puasa dengan minum es krim biasanya harus beli karena saya tidak bisa membuat es krim. Namun,saat berbuka juga disunahkan untuk memakan makanan manis seperti kurma. Kalau kurma tak ada,air putih pun bisa dijadikan minuman saat pertama kali berbuka puasa.


Bulan puasa juga bukan bulan untuk bermalas-malasan saja. Ada beberapa orang kalau sedang menunaikan puasa hanya tidur saja dari setelah makan sahur hingga menjelang berbuka puasa. Itu hal yang sangat tidak baik. Percuma dong kalau kita menunaikan ibadah puasa tapi nggak menunaikan ibadah sholat. Jadi kita tidak boleh bermalas-malasan dan tetap menunaikan ibadah sholat lima waktu. Selain itu,kita juga harus menjaga kebersihan dan kesehatan serta kecantikan lho saat bulan Ramadhan. Berikut simak tipsnya dari saya :

1. Menjaga kebersihan badan

Kalau bulan puasa saya pengennya mandi terus biar adem hehehe...tapi cukup mandi dua kali sehari saja yaitu saat pagi hari dan sore hari. Jangan lupa juga untuk keramas dan menggosok gigi setelah makan sahur dan sebelum subuh. Menggosok gigi juga saya sarankan sebelum tidur.


2. Berolahraga walau tetap puasa

Walaupun puasa bukan berarti tak mau berolahraga. Berolahraga bisa dilakukan di rumah atau di tempat fitness. Kalau bulan Ramadhan seperti ini ya enaknya kalau olahraga pada malam hari setelah tarawih. Olahraga yang simple saja seperti push up,shit up dan lari di tempat. Durasi untuk olahraga yaitu 30 menit per hari.

3. Menjaga kecantikan diri

Setiap wanita memang cantik. Kalau tampan ya pria. Hehehe....sebagai seorang wanita kita tentunya harus punya kecantikan dari dalam alias inner beauty. Inner beauty menurut saya adalah kecantikan yang berasal hati,fikiran dan perasaan. Seperti baik ahlaknya,berbakti pada orangtua,suka menolong dan membantu orang lain serta tidak membicarakan urusan atau aib orang lain. Apalagi kan ini bulan puasa ya,saya sarankan jangan suka ngegosip ya. Sebab itu tak baik,masa iya kita melakukan hal tak baik di bulan yang baik dan penuh berkah ini. Nggak lucu kan? Selain kecantikan dari dalam,kita juga harus menjaga dan merawat kecantikan dari luar misalnya kecantikan kulit wajah.

Ketika bulan puasa juga pastinya akan ada banyak undangan buka bersama,entah itu teman sekolah,teman kuliah,teman kerja,teman sekampung,teman se-organisasi dan yang lainnya. Nah,kalau masih bingung untuk buka bersama mau dandan seperti apa. Berikut saya beri tipsnya deh agar kamu terlihat cantik saat berbuka puasa bersama teman-teman kamu :

- Memakai make up sederhana dan tak berlebihan

Memakai make up yang sederhana bisa membuat kamu cantik dan tampil menawan terlihat natural dan alami. Misalnya saja tidak memakai lipstik warna ngejreng. Pakailah lipstik yang berwarna pink muda agar bibir tak terlihat pucat dan juga tidak berlebihan. Kadang saya heran melihat anak-anak SMA jaman sekarang yang memakai make up terlalu berlebihan sehingga terlihat terlalu ngejreng dan terlihat lebih tua seperti ibu-ibu yang mau arisan. Aduh kan? lebih baik tampil natural dan alami sehingga kita terlihat cantik dan menawan plus terlihat lebih muda.

- Memakai pakaian yang nyaman saat dipakai

Pakailah pakaian yang nyaman dan terlebihan sehingga kamu makin percaya diri saat buka puasa bersama teman-temanmu. Untuk yang memakai jilbab bisa pakai kerudung blong sehingga nggak ribet deh ya pokoknya. Simpel dan mudah juga pakainya.

- Jangan lupa bawa dompet dan isinya + handphone

Jangan lupa bawa dompet siapa tahu kamu ingin membeli sesuatu saat buka puasa bersama teman-temanmu. Jangan hanya ingat dompetnya saja. Namun juga harus ingat isinya....hehehe...abadikan juga momen seru menggunakan smartphone saat buka puasa bersama agar menjadi kenangan yang tak terlupakan.

Nah,itulah beberapa tips dari saya semoga bermanfaat.

Setelah bulan Ramadhan usai makan kita akan menyambut hari kemenangan. Hari dimana kita saling bermaaf-maafan. Biasanya setiap kali lebaran pasti semuanya baru. Terutama pakaian dan perlengakapannya. Menjelang lebaran,mall-mall & toko akan ramai diserbu pengunjung. Namun kadang saat puasa malas keluar rumah. Jadi,biasanya belinya pada malam hari setelah shalat tarawih atau pada saat tak berpuasa karena halangan haid misalnya. Namun,karena kecanggihan teknologi informasi kini kita bisa membeli pakaian dan perlengkapannya secara online. Sehingga kita tak perlu antre dan bercapek-capek ria. Cukup order lewat smartphone maka pakaian dan perlengkapan yang kita pesan akan diantar ke rumah kita. Mudah dan praktis kan? Berikut saya beri tips mengenai belanja online :

1. Teliti sebelum membeli

Sebaiknya teliti sebelum membeli,cek barang yang akan kamu beli. Apakah sesuai dengan yang kamu inginkan. Mulai dari kualitas hingga kuantitasnya.

2. Memilih toko online yang terpercaya

Pilihlah toko online yang terpecaya sehingga saat transfer uang nantinya tidak ada tipu-tipu atau penipuan.

3. Membandingkan harga

Pilihlah harga yang paling murah dan coba bandingkan berapa selisihnya dengan toko online lain.

4. Memilih barang yang sedang promo dan dapat diskon

Sebagai seseorang suka belanja maka pilihlah barang yang sedang promo dan dapat diskon sehingga pengeluaran kita tidak terlalu banyak.


5. Pilihlah yang free ongkir alias bebas ongkir

Inilah salah satu alasan kenapa belanja online itu lebih asik dan praktis apalagi kalau free ongkir sehingga kita sebagai konsumen bisa menghemat uang karena bebas biaya kirim.

 " artikel ini diikutkan dalam GiveAway http://www.noviadomi.com "


5 komentar:

  1. gosok gigi wajib banget! apalagi bulan ramadhan :)

    BalasHapus
  2. iya mbak...bener banget...

    BalasHapus
  3. wahhh pinter yaa masaknya... mau donk dimasakin untuk buka puasa..xixix... Makasih ya sudah ikut berpartisipasi di GiveAway aku...

    BalasHapus
  4. Hehehe...masih tahap belajar kok mbak.

    BalasHapus
  5. maaf'''ini cuma berbagi pengalaman,apa kabar semuanya,ini aku mau sherin,sahpa tau saudara ada mau seperti aku sukses di bantu oleh atas nama ki songo diberi petunjuk dan arahan,berkat beliau syukur ekonomi aku lumayan,kalau saudara mau seperti aku silakan aja berurusan degan aki di nomornya 085 217 519 919 atau lebih jelas lihat webnya aki di www.paranormal-kisongo.blogspot.com yang penting anda ada keyakinan dan kepercayaan,pasti anda dibantu,terima kasih

    BalasHapus

 

Rumah Pelangi Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang