Sabtu, 10 Juni 2017

#DestinasiRamadan : Menjelajahi Pesona Bumi Kartini & Masjid-Masjid Penuh Pesona Di Jawa Tengah


Bulan April yang lalu,saya pergi wisata religi ke berbagai kota di Jawa Tengah. Pertama ke Semarang yang letaknya dekat dengan pelabuhan Tanjung Mas Semarang yaitu ke makam Syeikh Jumadil Kubro,kedua ke Demak di makam Sunan Kalijaga yang ada di Kadilangu dan yang ketiga ke Jepara yaitu ke makam Mantingan dan ke pantai Kartini & pulau Panjang.

Tepat sekali ya pada bulan April saya bisa ke bumi Kartini di kota Jepara. Ah...senang rasanya. Saya berwisata religi bersama para warga dusun Tabak Wetan desa Kertomulyo Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal Provinsi Jawa Tengah. Ada tiga bus rombongan ziarah yang saya naiki bersama rombongan.

Perjalanan terakhir dan merupakan perjalanan yang saya nantikan yaitu ke pantai Kartini dan pulau Panjang. Saya merasa penasaran dengan keindahan laut dan pantai yang ada di Bumi Kartini karena saya belum pernah berwisata ke Jepara. Padahal saya lumayan sering lewat kota Jepara tapi belum pernah berwisata di kota Jepara. Akhirnya setelah perjalanan dari Demak,saya dan rombongan menuju ke kota Jepara. Sepanjang perjalanan saya melihat banyak sekali usaha mebel dan ukir-ukiran. Pokoknya keren banget deeeh...

Setelah perjalanan yang lumayan agak lama,akhirnya sampai juga di pantai Kartini. Takjub saya waktu sampai di pantai Kartini. Pemandangan lautnya keren banget warnanya biru. Selain itu ada banyak anak kecil yang mencari uang logam alias uang koin di dalam air laut. Jika ada para pengunjung yang baik hati memberi uang dengan cara dilempar ke laut,maka anak-anak tersebut akan mengejar uang tersebut sampai dapat.

Menikmati senja dengan melihat matahari terbenam adalah hal yang saya lakukan waktu itu. Aaah...pokoknya keren. Kamu bisa selfie dan foto sepuasnya di pantai Kartini dan juga ada kura-kura besar yang biasa dijadikan objek foto di pantai Kartini.

Kalau sudah ke pantai Kartini tak lengkap rasanya kalau tak pergi juga ke pulau Panjang. Pulau Panjang terletak agak jauh dengan pantai Kartini,kita harus naik perahu motor agar bisa sampai ke pulau Panjang. Ongkos naik perahu motor per orang Rp.15 .000 untuk rombongan peziarah dan Rp.20.000 untuk umum. Dan ini juga pengalaman saya untuk pertama kalinya naik perahu motor dan saya merasa senang karena saya tidak terkena mabuk laut. Jangan lupa gunakan juga pelampung saat naik perahu motor karena demi keselamatan.






Setelah 15 menit akhirnya saya dan rombongan tiba di pulau Panjang. Tiket masuk pulau Panjang yaitu Rp.5.000 per orang. Saya takjub akan keindahan hamparan air laut dan pasir putih yang ada di pulau Panjang. Selain itu di pulau Panjang juga banyak warung,beberapa kamar mandi dan satu musholla sehingga anda tak usah khawatir. Di pulau Panjang juga ada makam orang Islam yang banyak diziarahi. Tapi saya lupa namanya siapa. Setelah selesai berziarah kami para rombongan asik berfoto dan berselfie ria di pulau panjang. Kalau yang suka camping bisa kok camping di pulau Panjang. Soalnya waktu itu saya lihat ada tenda camping di pulau Panjang. Tapi jangan kecewa ya,soalnya kalau sudah jam empat sore tidak diperbolehkan mengunjungi pulau Panjang. Setelah selesai menikmati keindahan pulau Panjang maka saya dan rombongan kembali ke pantai Kartini dengan naik perahu motor seperti tadi.

Setelah sampai di pantai Kartini lagi maka jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas pantai Kartini. Ada banyak penjual yang menjajakan dagangan oleh-oleh khas pantai Kartini. Mulai dari ikan asin hingga kaos khas pantai Kartini juga ada.

Tonton juga yuk Vlog saya dari pantai Kartini hingga pulau Panjang :

Pesona Ramadan memang membawa hal yang sangat membahagiakan.  Di Jawa Tengah banyak sekali #DestinasiRamadan yang wajib anda kunjungi. Salah satunya adalah #DestinasiRamadan di Jepara yaitu pantai Kartini & pulau Panjang yang sudah saya sampaikan di atas. Di Jawa Tengah juga banyak wisata religi sekaligus wisata halal yang cocok untuk bulan Ramadhan yang suci ini. Ada beberapa bangunan masjid yang menurut saya unik dengan gaya arsitekturnya yang lain daripada yang lain. Simak penjelasannya di bawah ini :

Pertama adalah #DestinasiRamadan di kota Kretek. Kota Kretek yaitu Kota Kudus yang memiliki keunikan tersendiri bagi saya terutama wisata religinya. Apalagi ada tradisi unik untuk menyambut bulan suci Ramadhan yaitu festival Dhandhangan. Yang paling membuat saya tertarik untuk mengunjungi kota Kretek adalah karena adanya masjid Menara Kudus yang menurut saya unik dan berbeda dengan yang lain. Setiap hari banyak para pengunjung yang mengunjungi Masjid Menara Kudus. Selain itu,makam Sunan Kudus juga letaknya dekat dengan masjid Menara Kudus. Sayapun sudah dua kali berwisata religi ke Masjid Menara Kudus & makam Sunan Kudus yaitu pada tahun 2012 & 2015.

Masjid Menara Kudus adalah masjid kuno yang dibangun oleh Sunan Kudus sejak tahun 1549 Masehi (956 Hijriah). Bangunan masjid Menara Kudus mirip seperti bangunan candi Hindu. Berdirinya Masjid Menara Kudus tidak terlepas dari peran Sunan Kudus sebagai pendiri masjid Menara Kudus. Sunan Kudus menggunakan pendekatan kultural (budaya) dalam berdakwah. Sunan Kudus mengadaptasi dan melakukan pribumisasi ajaran Islam di tengah masyarakat yang telah memiliki budaya mapan dalam pengaruh agama Hindu dan Buddha. Akulturasi budaya Hindu dan Budha dalam dakwah Islam yang dilakukan Sunan Kudus terlihat jelas pada arsitektur dan konsep bangunan Masjid Menara Kudus.

Untuk menunggu waktu buka puasa tiba,Anda bisa ngabuburit sambil wisata religi di masjid Menara Kudus karena masjid ini penuh dengan sejarah Islam yang berkembang di kota Kudus. Anda juga bisa berfoto ria di depan masjid Menara Kudus sebagai tanda anda pernah berwisata ke masjid penuh sejarah ini. Kalau lupa tidak membawa kamera,jangan khawatir...karena ada banyak fotografer yang menyediakan jasa untuk foto di depan Masjid Menara Kudus dan bisa langsung cetak lho. Jangan lupa juga untuk membeli jenang Kudus yang merupakan oleh-oleh khas kota Kudus. Jenang Kudus yang paling saya suka adalah jenang Kudus Mubarok. Menurut saya jenang Kudus Mubarok lebih enak daripada jenang Kudus yang lainnya.

Kedua adalah #DestinasiRamadan di kota Lumpia. Dulu waktu saya masih duduk di bangku sekolah dasar kira-kira pada tahun 2008,saya pernah ke MAJT(Masjid Agung Jawa Tengah). Sepertinya saya sudah dua kali ke MAJT. Menurut saya bangunan masjid ini sangat menarik selain itu juga sangat luas. Fasilitasnya pun lengkap.

Masjid Agung Jawa Tengah adalah masjid yang terletak di Semarang, provinsi Jawa Tengah, Indonesia. MAJT mulai dibangun sejak tahun 2001 hingga selesai secara keseluruhan pada tahun 2006. MAJT berdiri di atas lahan 10 hektare. Masjid Agung diresmikan oleh mantan Presiden Indonesia yaitu Bapak Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 14 November 2006.

Di dalam area MAJT terdapat Menara Asma Al-Husna Setinggi 99 Meter terdiri dari : lantai 1 untuk Studio Radio DAIS MAJT, lantai 2 untuk museum Perkembangan Islam Jawa Tengah, Lantai 18 rumah makan berputar, lantai 19 Gardu pandang kota Semarang dan lantai 19 Tempat rukyat al-hilal.

Yang paling saya suka adalah 6 payung raksasa yang berada di serambi MAJT. 6 payung raksasa otomatis ini tingginya adalah 20 meter dengan diameter 14 meter. Payung elektrik dibuka setiap salat Jumat, Idul Fitri dan Idul Adha dengan catatan kondisi angin tidak melebihi 200 knot. Namun sayang sekali karena saya belum pernah melihat secara langsung saat 6 payung raksasa MAJT dibuka.


Ketiga masih di kota Lumpia tepatnya di Ngaliyan,Semarang. Berawal dari salah satu teman saya yang memberitahu kalau ada masjid baru yang bernama masjid kapal nabi Nuh AS yang ada di kota Semarang. Masjid ini makin terkenal karena banyak diberitakan di televisi juga ngehits di sosial media Instagram. Sebelum bulan puasa Ramadhan,para warga di desa saya mengadakan wisata religi ke masjid Kapal nabi Nuh ini dan para warga bangga dan senang akan arsitektur masjid yang menawan dan menarik mirip dengan kapal nabi Nuh AS.

Masjid As-Safinantun Najah atau Masjid kapal nabi Nuh AS terletak di kawasan persawahan Padaan,Podorejo kecamatan Ngaliyan kota Semarang. Masjid kapal ini memiliki luas 2.500 meter persegi ini bediri di atas lahan seluas kira-kira 7.500 meter.  Kompleks Masjid kapal akan dilengkapi sejumlah fasilitas, tak hanya untuk salat, tetapi juga dibangun klinik kesehatan serta lembaga pendidikan Islam atau pondok pesantren,perpustakaan, ruang pertemuan.

Masjid kapal ini terletak di daerah dataran tinggi sehingga anda harus mempersiapkan kendaraan bermotor yang kuat untuk perjalanan menempuh dataran tinggi. Jangan lupa juga untuk membawa bekal snack atau jajan dari rumah agar lebih irit saat berbuka puasa di masjid. Kalau mau tidak repot ya bawa uang yang berlebih gitu ya. Soalnya penjual di sekitar masjid kapal ini menargetkan harga snack & jajan yang lumayan tinggi. Nah,masjid kapal nabi Nuh bisa jadi salah satu #DestinasiRamadan untuk menyemarakkan bulan Ramadan tahun ini.

Nah,itulah beberapa #DestinasiRamadan yang ada di Jawa Tengah yang harus dan wajib anda kunjungi ketika berkunjung ke Jawa Tengah. Oh ya,Jawa Tengah juga punya GenPI lho seperti daerah lain? Apa itu GenPI? GenPI adalah Generasi Pesona Indonesia. Nah,untuk anda yang ingin cari referensi liburan di Jawa Tengah bisa lah lihat-lihat tempat yang menakjubkan yang harus anda kunjungi,follow juga yuk sosial media GenPI Jateng  seperti berikut :
Twitter : @genpijateng
Instagram : @genpijateng
Youtube : Genpi Jateng
Like Fanpage : Generasi Pesona Indonesia Jateng

“tulisan ini diikutan sertakan dalam lomba blog Pesona Ramadan Jawa Tengah yang diadakan oleh GenPI Jateng”

sumber :

http://googleweblight.com/?lite_url=http://beritatrans.com/2017/03/10/masya-allah-indahnya-masjid-berbentuk-kapal-di-semarang/&ei=y5N_UXPI&lc=id-ID&s=1&m=719&host=www.google.co.id&ts=1497168978&sig=ALNZjWlGNoZkTrETyewtonn3Magd1k3aig [diakses pada tanggal 10 Juni 2017]

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Masjid_Agung_Jawa_Tengah [diakses pada tanggal 11 Juni 2017]

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Masjid_Menara_Kudus [diakses pada tanggal 11 Juni 2017]

10 komentar:

  1. sayang belum pernah ke sini, heeee
    semoga dapat kesempatan kedepannya, Amin

    BalasHapus
  2. iya kak...pemandangannya indah pokoknya...

    BalasHapus
  3. Ke Pantai Kartini udah 4 tahun lalu. Cuman gak nyebrang, takut 😁😁

    Salam kenal dari Medan, mb

    BalasHapus
  4. salam kenal juga mbak...saya dari Kendal - Jawa Tengah. Padahal kalau nyebrang bisa ke pulau Panjang lho mbak.

    BalasHapus
  5. Pantai Kartini ini yang dulu sering aku lewati, tapi belum pernah mampir. Hiks syang banget, sekarang sudah jauh baru kepikiran kenapa dulu gak foto-foto di daerah antara Jepara sampai Semarang, ya...

    BalasHapus
  6. iya mbak. Mungkin lain waktu mbak bisa liburan ke Jepara dan Semarang.

    BalasHapus
  7. Salam kenal juga gan.. salam kenal dari Kaliwungu :D

    BalasHapus
  8. oalah.. Kaliwungune pundi? Aku wong Brangsong kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. WAh dekat to :D
      di Kaliwungu juga ada beberapa blogger gan.. cuma belum pernah kopdar.

      Hapus
    2. oalah. iya orang Kaliwungu banyak yg jd blogger. Kalo orang Brangsong jarang kak.

      Hapus

 

Rumah Pelangi Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang