Sabtu, 29 April 2017

#FaridaPunyaCerita : Liburan Anak Perakitan Ke Wisata Bahari Lamongan


Pada saat hari itu,Jum'at 25 Desember 2015 saya diantar kakak saya menuju ke pabrik tempat di mana dulu saya bekerja. Saat itu adalah liburan akhir tahun yang diadakan oleh pabrik untuk seluruh karyawan pabrik. Biaya piknik ditanggung oleh pabrik.

Pukul 23.00 WIB rombongan piknik kami memulai perjalanan menuju ke Wisata Bahari Lamongan. Sebelum berangkat kami semua berdo'a agar semua rombongan piknik selamat sampai ke tujuan. Pukul 02.30 WIB,saya kira saya sudah sampai di Lamongan. Ternyata saya dan rombongan masih di kota Tuban. Kami para rombongan istirahat sejenak di kota Tuban untuk buang air kecil. Dan akhirnya pukul 04.00 WIB saya dan para rombongan sampai di kota Lamongan tepatnya di Wisata Bahari Lamongan.

Setelah sampai di kota Lamongan,kami para rombongan melaksanakan sholat subuh dan mandi. Setelah itu kami sarapan pagi di rumah makan di depan Wisata Bahari Lamongan. Sambil menunggu Wisata Bahari Lamongan dibuka,saya dan teman-teman mengabadikan momen bahagia saat berkumpul ini dengan kamera handphone. Jepret sana jepret sini. Dan inilah hasilnya.




For your info nih ya,Wisata Bahari Lamongan terletak di kota Lamongan tepatnya di Paciran.

Akhirnya,setelah menunggu lama akhirnya Wisata Bahari Lamongan dibuka juga. Pertama saya melihat WBL dengan perasaan senang dan bahagia. Di pintu masuk WBL,kita akan disambut dengan kepiting besar sekali dan tulisan Wisata Bahari Lamongan di sampingnya. Pokoknya keren deh.


Sebelum masuk ke semua wahana yang ada di WBL,saya dan rombongan harus antri tiket masuk. Tiket masuk berupa gelang tangan. Gelangnya anti air lho. Jadi kalau kena air nggak bakal luntur atau rusak. Persiapkan juga tas,dompet dan barang berharga lainnya. Jangan bawa barang banyak-banyak ya. Nanti malah nggak boleh sama petugasnya.

Setelah masuk ke wahana yang ada di WBL,saya malah bingung mau ke wahana apa dulu. Yang pertama saya masuki adalah Maharani Zoo. Di Maharani Zoo ada si hewan berpunuk lho. Yaitu unta. Kamu tidak perlu ke Arab Saudi untuk melihat unta. Kamu cukup perlu ke Maharani Zoo aja yang ada di WBL. Setelah ke Maharani Zoo,saya menuju ke wahana lainnya yaitu Texas Ranch. Saya pun mengabadikan momen saat di depan pintu masuk Texas Ranch dengan berfoto. Ini nih fotonya.

Perjalanan saya lanjutkan menuju ke wahana selanjutnya yaitu wahana bioskop 3D. Di bioskop 3D antrinya agak lama. Karena para pengunjung WBL banyak yang menyukai wahana bioskop 3D ini. Setelah lama menunggu akhirnya kami memasuki gedung bioskop 3D. Ruangannya cukup luas dan dingin karena ber-AC. Kami juga wajib memakai kacamata khusus. Setelah film 3D diputar saya agak-agak takut karena filmnya seperti nyata di hadapan saya. Karena takut, saya dan teman-teman saya berteriak dengan kencangnya. Kemudian saya ke wahana selanjutnya,yaitu istana boneka. Di istana boneka pun harus antri lagi. Lama menunggu akhirnya saya dan teman-teman masuk ke istana boneka dengan menaiki kereta. Istana boneka berisi boneka-boneka seperti Aladin dan yang lainnya. Saya melanjutkan lagi perjalanan ini menuju ke permainan ombak banyu. Ombak banyu adalah salah satu permainan kita duduk di lingkaran. Lingkaran tersebut berisi banyak orang dan lingkaran tersebut akan berputar selama lima menit dan kemudian berhenti. Ku rasa permainan ombak banyu cocok untuk saya,karena saya adalah tipe orang penakut. Perjalanan dilanjutkan ke rumah sakit hantu. Untuk masuk rumah sakit hantu kamu harus berusia 13 tahun ke atas. Di rumah sakit antriannya juga sangat panjang. Setelah lama antri akhirnya sama bisa juga masuk ke rumah sakit hantu bersama dengan lima teman saya. Setelah masuk rasanya takut sekali,gelap gulita tidak ada cahaya. Kalau kamu orangnya penakut mending nggak usah masuk ke rumah sakit hantu. Soalnya serem banget. Tapi rumah sakit hantu menurut saya tidak membuat saya ketakutan. Malah ada yang membuat saya takut. Yaitu wahana roller coaster. Wahana ini sangat istimewa. Roller coaster berputar di atas ketinggian dan di sampingnya adalah laut dan Tanjung Kodok.










Pengalaman pertama naik roller coaster di WBL sungguh istimewa dan menyenangkan. Wahana terakhir yang saya kunjungi adalah taman cinta. Ini merupakan taman favorit para pengunjung di WBL,karena tamannya bentuknya love love gitu dan ada bunga warnanya merah. Cocok banget taman cinta buat foto-foto. Apalagi foto sama pasangan. Hehehe....di WBL aku juga bertemu dengan pangeran kodok lho. Di WBL juga kamu bisa menikmati pemandangan Tanjung Kodok dan lautnya yang indah. Inilah ceritaku saat piknik di WBL. Dan tenang saja,di WBL juga menyediakan oleh-oleh khas yang bisa dibawa pulang. Waktu itu saya membeli keripik buah dan kerupuk ikan untuk keluarga saya di rumah. Saya juga membeli gantungan kunci bentuk kodok yang merupakan ikon dari tanjung Kodok.








Kamis, 13 April 2017

Belajar Menabung Bersama Keluarga Untuk Masa Depan Lebih Baik

Sejak kecil sebelum saya sekolah saya sudah diajari orang tua saya untuk hemat dan menabung. Ketika saya tanya kenapa saya harus nabung dan ibu selalu menjawab biar aku tidak boros dan lebih hemat agar uangku tidak terbuang sia-sia saja. Sebab kita tak tahu apakah besok kita masih mempunyai uang atau tidak. Selain itu juga untuk persiapan masa depan.

Setelah lebaran Idul Fitri biasanya saya selalu datang ke acara tahunan di Syawalan. Acara ini cuma ada dalam bulan Syawal. Acara ini ramai sekali dan letaknya di Kaliwungu-Kendal. Hal yang tak boleh dilewatkan saat Syawalan adalah ke makam para Wali & Kyai yang ada di Kaliwungu. Setelah itu jangan lupa untuk menikmati bakso yang enak banget khas Kaliwungu. Kemudian jangan lupa naik bianglala yang ada di sekitar lapangan yang sudah disediakan. Jangan lupa juga untuk membeli celengan agar kita bisa hemat dan menabung. Ada berbagai macam celengan yang dijual di saat Syawalan,ada yang berbentuk harimau,Masha & The Bear,Doraemon,Buah-buahan,kendi,dan masih banyak lagi. Celengan tersebut bentuknya menarik dan terbuat dari tanah liat.

Setiap Syawalan tiba pasti saya selalu dibelikan celengan oleh ibu saya. Tujuannya simple sekali yaitu biar uang yang saya dapatkan dari para saudara saat hari raya Idul Fitri tidak terbuang sia-sia begitu saja. Dan nantinya celengan saya tersebut akan saya buka tahun depannya saat menjelang hari raya Idul Fitri jadi begitu terus selama tahun saya menabung di celengan. Lalu kalau sudah dibuka uangnya buat apa? Ya buat beli baju baru dan beberapa barang yang diperlukan untuk keperluan untuk sekolah karena saat itu saya masih sekolah.

Sejak saya kelas enam SD saya juga masih diajari untuk terus menabung. Dulu saya benar-benar menyisihkan uang jajan atau uang saku saya. Berbeda dengan beberapa teman yang justru diberi uang khusus untuk menabung. Alhamdulilah selama satu tahun tersebut saya bisa menabung dan uangnya saya gunakan untuk membayar rekreasi ke Jogjakarta. Walaupun waktu itu saya hanya bisa menabung seribu rupiah per hari tapi saya merasa senang karena saya belajar berhemat dan menabung agar masa depan lebih baik.

Menginjak bangku SMK,saya juga masih harus menabung dengan menyisihkan uang jajan saya. Saya nabung dua ribu rupiah per hari selama satu semester atau enam bulan. Tapi karena saat itu keadaan ekonomi keluarga saya sedang memburuk sehingga uang tabungan saya ambil untuk membayar keperluan mengambil raport. Nah,beginilah manfaat menabung bisa digunakan saat kondisi kita sedang tak punya uang. Menabung bisa menjadikan masa depan lebih baik.

Ibu saya juga rajin menabung lho, ibu saya menabung sepuluh ribu per minggu di tempat ngajinya. Dan nantinya hasil dari uang tabungan itu akan menjadi barang belanjaan berupa sembako yang akan dibagikan saat menjelang hari raya Idul Fitri. Nah,enak kan ada tabungan khusus belanja buat para ibu-ibu di kampung saya.

Saat ini saya juga kadang-kadang masih nabung,yang saya tabung di celengan Winnie The Pooh adalah uang-uang receh. Uang receh di dalam celengan tersebut akan saya buka kalau ada saudara atau sepupu saya yang akan mengadakan acara turun tanah atau mudhun lemah. Biasanya kalau acara turun tanah akan memakai uang koin atau uang receh yang akan dibagikan kepada warga-warga sekitarnya. Rasanya itu senang kalau bisa menabung dan membahagiakan orang lain walaupun itu seperti hal sepele tapi bisa bikin bahagia orang-orang di sekitar kita.
Selain ingin menabung sebanyak mungkin di dalam celengan saya juga ingin menabung di bank. Kenapa begitu??? Karena saya rasa menabung di bank lebih aman dan mudah. Benar kan???

Kenapa menabung penting? Karena menabung memiliki berbagai macam manfaat. Manfaat menabung menurut saya sangatlah banyak diantaranya yaitu agar mengantisipasi hal-hal tak terduga di masa depan dan sebagai bekal agar masa depan lebih baik.

Quote By Siti Faridah :
Menabung itu bukan hanya sekedar penting,tapi menabung itu perlu agar masa depan lebih baik. Maka dari itu menabunglah dan tetap berhemat sehemat mungkin.


Saya baru tahu kalau ada bank yang berada di Sumatera Utara yang bernama Bank Sumut. Okelah kalau begitu yuk buruan datang ke Bank Sumut. For more info please check :

Website : www.banksumut.com
Facebook : pt. banksumut
Twitter : @banksumut
Instagram : banksumut

Cerita ini didukung oleh Bank Sumut #ayokebanksumut #banknyaorangsumut

Jumat, 07 April 2017

Ada Banyak Sumber Inspirasi Dari Library


Library mungkin sudah tak asing lagi di telinga kita. Kita lebih mengenalnya dengan perpustakaan. Setiap sekolah pasti punya perpustakaan. Namun kadang di perpustakaan saja itu kadang membosankan. Cuma itu-itu saja,pinjam buku dan baca buku. Apa tidak ada kegiatan lain? Atau memang perpustakaan belum bisa menarik para pembaca agar setiap orang bisa dengan mudah dan merasa nyaman saat di perpustakaan dan merasa tidak bosan. Waktu saya SD,perpustakaan di sekolah saya memang sudah bisa dikatakan perpustakaan yang sudah layak dan baik menurut saya,namun saat saya SMP saya merasa senang karena saat itu perpustakaan sekolah saya memang sangat menyenangkan menurut saya. Selain tempatnya yang luas juga dilengkapi dengan televisi jadi jika para siswa sudah bosan membaca buku maka bisa lah istirahat sebentar sambil nonton TV. Selain itu,hari Jum'at juga paling menyenangkan karena bisa berlama-lama di perpustakaan. Soalnya kalau hari Jum'at itu free alias bebas dari pelajaran. Setelah masuk kelas biasanya langsung baca Surat Yasin,Jum'at Amal dan langsung melaksanakan kegiatan ekstrakulikuler dan setelah itu istirahat sehingga bisa berlama-lama di perpustakaan. Masa-masa yang paling menyenangkan adalah saat hari Jum'at. Jadi kangen masa-masa SMP nih...Tapi saat saya SMK,minat baca saya turun sehingga saya jarang ke perpustakaan.

Saat ini saya juga masih berkeinginan kuliah dan ingin rajin ke perpustakaan untuk pinjam buku biar pintar dan tambah ilmu. Bicara perpustakaan dan kuliah saya jadi teringat dengan Perpustakaan Universitas Syiah Kuala. Perpustakaan tersebut merupakan perpustakaan milik Universitas Syiah Kuala Aceh.  Yuk kita tengok sejarah berdirinya Perpustakaan Universitas Syiah Kuala.

Sejarah Perpustakaan Universitas Syiah Kuala
Perpustakaan Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH) didirikan pada tahun 1970, pada saat itu masih menggunakan gedung fakultas Ekonomi. Perpustakaan berstatus sebagai Unit Pelayanan Teknis (UPT) pada tahun 1980. Sejak tahun 1970 sampai dengan sekarang perpustakaan telah mengalami beberapa kali pergantian pimpinan. Dalam 44 tahun tersebut telah mengalami beberapa kali pergantian pimpinan. Saat ini, Perpustakaan Unsyiah memiliki koleksi sebanyak 75.114 judul atau 136.925 eksemplar. Koleksi tersebut tersebar dalam berbagai jenis, meliputi buku teks, terbitan berkala (jurnal), laporan akhir, skripsi, tesis, disertasi, majalah, buku referensi, laporan penelitian, CD-ROM dan dokumentasi. Koleksi pada perpustakaan juga tidak hanya terbatas pada koleksi tercetak saja, namun perpustakaan juga telah melanggan e-book dan e-journal pada beberapa penerbit internasional.

Pustaka Unsyiah adalah bukan hanya sekedar perpustakaan biasa namun menurut saya adalah perpustakaan istimewa. Pustaka Unsyiah merupakan jantung hati Universitas Syiah Kuala dimana pustaka menjadi sumber inspirasi bagi mahasiswa. Namun Pustaka Unsyiah saat ini bukanlah seperti pustaka pada umumnya, banyak hal yang menarik yang bisa ditemukan dari Pustaka Unsyiah tidak hanya dipelayanannya namun juga dimanjakan dengan suasana belajar yang sangat nyaman. Pustaka Unsyiah menjadi sumber kreatifitas mahasiswa dimana sudah meluncurkan beberapa program seperti kelas literasi informasi, harmoni kampus, relax and easy yang mengkombinasikan informasi dan kreatifitas menjadi kesatuan yang credible.

Ada dua hal yang membuat saya kagum kepada Pustaka Unsyiah yaitu Perpustakaan Digital Perpustakaan Unsyiah dan Duta Baca Unsyiah. Yuk mari kita bahas Perpustakaan Digital Unsyiah & Duta Baca Unsyiah.

1. Perpustakaan Digital Unsyiah

Jaman sekarang kan enak ya bisa baca buku pakai smartphone dan salah satunya bisa menggunakan Perpustakaan Digital Unsyiah. Caranya juga sangat mudah kok,kamu hanya perlu download atau unduh aplikasi UILIS Mobile di Google Play atau Play Store. Baca buku mudah bukan hanya pakai smartphone saja. Tak hanya itu di UILIS Mobile juga menyediakan buku-buku dari para penulis favorit saya seperti Asma Nadia & Ika Natassa.

2. Duta Baca Unsyiah

Duta Pariwisata saya sudah sering dengar dan melihat,namun kalau Duta Baca menurut saya rasa itu istimewa karena bisa mengajak semua orang untuk rajin membaca buku sehingga punya banyak ilmu yang akan bermanfaat untuk diri sendiri atau orang lain.

Nah,itulah sedikit info mengenai Perpustakaan Universitas Syiah Kuala yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat. 

Library banyak membawa inspirasi bagi kegiatan saya sehari-hari saya,karena hobi saya pinjam buku ya jadi saya harus sering dong ya ke perpustakaan. Berikut adalah beberapa inspirasi yang berasal dari Library :

1. Dapat Ilmu

Kalau kita nggak rajin membaca kita mau dapat informasi dan ilmu darimana??? Membaca buku bisa menjadikan kita tambah ilmu dan memperdalam wawasan kita. Ilmu yang kita dapatkan setelah membaca buku pun bisa kita bagikan ke orang-orang di sekitar kita agar bermanfaat bagi semua. Walaupun saya suka membaca novel-novel tentang kisah romantis seperti novel-novel karya kak Ika Natassa (Critical Eleven,A Very Yuppy Wedding,Twivortiare 2,Antologi Rasa) tapi saya merasa senang karena setelah saya membaca novel yang bercerita kisah romantis saya juga berkeinginan dan punya mimpi jadi penulis novel romantis. Di balik kisah novel yang berkisah tentang hal-hal yang berbau romantis ada banyak ilmu dan nasehat yang bisa kita dapatkan,misalnya saja kalau kita harus saling menyayangi sesama anggota keluarga seperti menyayangi kakak atau adik.

2. Dapat Teman & Kenalan Baru

Dari perpustakaan kita bisa dapat teman dan kenalan baru lho. Pernah nonton film Ada Apa Dengan Cinta? Kalau pernah pasti masih ingat dong ya adegan Cinta & Rangga yang lagi ada di dalam perpustakaan dan saat itu Rangga sedang asik membaca buku. Nah,dari adegan itu saya bisa menyimpulkan kalau kita bisa dapat teman dan kenalan baru saat berkunjung ke perpustakaan dan kita bisa sharing dan cerita mengenai perpustakaan dan buku-buku yang ingin kita baca.

3. Terinspirasi Jadi Blogger Buku

Tahun 2016,saya baru mengetahui kalau ada blogger buku. Blogger buku yang pertama kali saya ketahui adalah kak Luckty Giyan Sukarno,kak Rizky Mirgawati & kak Asri Rahayu. Enak ya kalau kita rajin baca buku dan mereviewnya di blog lalu kita bisa diajak kerjasama dengan penerbit lalu mengadakan kegiatan giveaway buku di blog. Kayaknya asik tuh ya dapat job review meresensi buku.

Sumber Foto & Keterangan :
http://library.unsyiah.ac.id/


 

Rumah Pelangi Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang