Selasa, 07 Februari 2017

Menyongsong #BahagiaDiHariTua Dengan BPJS Ketenagakerjaan

#BahagiaDiHariTua pasti semua orang menginginkannya. Saya juga ingin #BahagiaDiHariTua.

Masa muda itu hanya sekali dan jangan sampai anda menghabiskan masa muda anda dengan hal-hal yang merugikan atau tidak bermanfaat bagi anda. Masa muda adalah masa yang paling membahagiakan katanya,dimana masa muda adalah masa dimana kita bisa meraih cita-cita kita. Anak-anak muda masih produktif sehingga bisa menghasilkan karya yang kreatif. Misalnya menulis novel dan membuat artikel kreatif di blog. Maka dari itu habiskan masa muda anda dengan hal-hal yang bermanfaat. Agar kelak kita bisa #BahagiaDiHariTua. Sebab kita tidak mengetahui apa yang akan terjadi esok dan nanti. Bisa saja esok dan nanti kita terkena musibah atau yang lainnya. Maka dari itu pergunakan masa mudamu dengan sebaik-baiknya. Karena masa muda cuma dan hanya sekali dalam hidup kita.

Membahas #BahagiaDiHariTua saya ingin berbagi tips mengenai menyongsong #BahagiaDiHariTua yaitu sebagai berikut :

1. Bekerja Dengan Tekun Selama Masih Muda

Anak muda tenaganya pasti sangatlah besar dan kuat. Maka dari itu selama masih muda bekerjalah dengan sungguh-sungguh. Tapi tetap perhatikan juga kesehatan anda. Karena percuma anda punya uang banyak tapi tidak sehat.

2. Rutin & Rajin Berolahraga

Berolahraga adalah salah satu aktivitas agar tubuh anda menjadi lebih sehat. Anda bisa melakukan olahraga apapun sesuai keinginan anda. Anda bisa sepakbola,voli,tenis,badminton,senam,lari,jogging dan bersepeda. Kalau saya sih biasanya jogging,badminton dan bersepeda. Pada akhir pekan biasanya stadion baru Kebondalem Kendal Jawa Tengah ramai sekali karena para warga Kendal berkumpul untuk lari pagi,jogging dan senam. Saya pernah ikut satu kali senam di stadion baru Kebondalem Jawa Tengah. Para warga sangat antusias dan senang saat mengikuti senam. Para warga yang ikut senam kebanyakan adalah para ibu-ibu.
Keterangan Foto : Saat Siti Faridah Bersepeda
Sumber : Koleksi Pribadi Siti Faridah

3. Mengatur Pola Makan

Atur pola makan agar anda tidak terkena maag dan obesitas (kelebihan berat badan). Untuk yang sudah terkena maag usahakan jangan telat makan. Untuk yang sudah terkena obesitas bisa mengurangi porsi makan. Kalau anda sehat dan terhindar dari penyakit kan pastinya akan merasa senang dan bahagia kini,esok,dan nanti. Selain itu hindari juga makanan cepat saji dan makanan yang mengandung pengawet dan pewarna makanan yang berbahaya bagi kesehatan.

4. Menerapkan Gaya Hidup Sehat Dalam Kehidupan Sehari-hari

Lifestyle atau gaya hidup kita harus sehat dalam kehidupan sehari-hari. Kenapa begitu? Ya,harus begitu. Sebab gaya hidup sehat bisa membuat anda tetap sehat dan bisa #BahagiaDiHariTua. Contohnya berhenti merokok dan sikat gigi dua kali sehari-hari.

5. Menabung

Selama masih muda dan produktif kerja maka sisihkan uang anda untuk ditabung. Karena dengan uang tabungan anda bisa menggunakannya untuk hari tua anda.

6. Bergabung & Menjadi Anggota BPJS Ketenagakerjaan

Anda sudah tahu BPJS Ketenagakerjaan atau belum. Kalau belum yuk kenalan dulu. BPJS Ketenagakerjaan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan) merupakan program publik yang memberikan perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi risiko sosial ekonomi tertentu dan penyelenggaraannya menggunakan mekanisme asuransi sosial.

sumber : https://id.m.wikipedia.org/wiki/BPJS_Ketenagakerjaan

Saya mengenal BPJS Ketenagakerjaan tahun 2015 sewaktu saya masih menjadi karyawan di salah satu pabrik di kota Semarang. Oleh pihak pabrik saya didaftarkan menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan. Dan saya merasa senang karena bisa menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan.

Beberapa bulan yang lalu,kakak ipar saya mendapat brosur tentang BPJS Ketenagakerjaan dan saya membacanya dan berikut adalah layanan yang dimiliki oleh oleh BPJS Ketenagakerjaan yang bersumber dari brosur yang dimiliki oleh kakak ipar saya. Berikut,di bawah ini penjelasannya :


-Jaminan Hari Tua

Jaminan Hari Tua merupakan perlindungan bagi karyawan yang diambil dari upah karyawan yang bertujuan agar ketika karyawan telah pensiun kesejahteraan karyawan tetap dapat terjaga. Premi JHT dapat dicairkan. Manfaat JHT adalah berupa uang tunai yang besarnya merupakan nilai akumulasi iuran ditambah hasil pengembangannya,yang dibayarkan secara sekaligus apabila peserta mencapai usia 56 tahun,meninggal dunia dan cacat total tetap. Besaran uang yang dibayarkan adalah sebesar 5,7 % dari gaji pokok,dengan perincian 3,7 % dibayarkan oleh perusahaan dan 2 % dibayarkan oleh peserta.

-Jaminan Kecelakaan Kerja

Kecelakaan kerja termasuk penyakit akibat kerja merupakan resiko yang harus dihadapi oleh tenaga kerja dalam melakukan pekerjaannya,termasuk kecelakaan yang terjadi dalam perjalanan dari rumah menuju tempat kerja atau sebaliknya dan penyakit yang disebabkan oleh lingkungan kerja.

-Jaminan Pensiun

Jaminan Pensiun merupakan sebuah perlindungan bagi karyawan yang diambil dari upah karyawan yang bertujuan agar ketika karyawan telah pensiun dasar kesejahteraan karyawan dapat terjaga. Besar iuran yang dibayarkan adalah 3 % dari gaji pokok,dengan perincian : 2 % dibayarkan oleh perusahaan dan 1 % dibayarkan oleh peserta.

-Jaminan Kematian

Jaminan kematian memberikan manfaat uang tunai yang diberikan kepada ahli waris ketika peserta meninggal dunia bukan akibat kecelakaan kerja.

Saya juga ingin bercerita sedikit mengenai BPJS Ketenagakerjaan. Saya senang karena selama setahun saya bekerja tepatnya tanggal 2 Januari 2015 - 31 Desember 2015 saya didaftarkan oleh pabrik tempat saya bekerja sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan. Berikut ini adalah foto kartu BPJS Ketenagakerjaan yang saya miliki.

Saya berharap tahun ini saya bisa sembuh total dan sehat agar bisa bekerja kembali dan bisa menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan kembali agar saya bisa #BahagiaDiHariTua. Dan perlu anda ketahui juga kalau saldo JHT (Jaminan Hari Tua) anda di BPJS Ketenagakerjaan bisa anda cek melalui aplikasi BPJSTK. Yuk install aplikasi dan cek saldo JHT anda. Sumber foto : screenshoot from http://finance.detik.com/bpjsketenagakerjaan/blog

Oh ya,di slip gaji pertama saya dulu gaji saya cuma dipotong sebesar Rp.75.825. untuk membayar BPJS Ketenagakerjaan + BPJS Kesehatan di periode bulan Januari 2015. Potongannya tak terlalu banyak bukan??? ini nih fotonya :

Yuk,selagi muda tetap tekun bekerja,menerapkan gaya hidup sehat,tidak stress agar bisa #BahagiaDiHariTua

Tetaplah tersenyum dan jangan lupa bahagia dan semoga kita semua bisa #BahagiaDiHariTua


Kalau mau daftar jadi anggota BPJS Ketenagakerjaan anda bisa datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat di kota anda.

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blog BPJS Ketenagakerjaan dengan tema #BahagiaDiHariTua

4 komentar:

  1. iya kak,tapi saingannya berat-berat.

    BalasHapus
  2. assalam.
    mba' kunjungin juga pxa ane bak.

    http://abdurrahmansantri.blogspot.co.id/2017/02/proses-untuk-meraih-kebahagiaan-di-masa.html

    slam perjuangan.... :)

    BalasHapus

 

Rumah Pelangi Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang