Sabtu, 21 Januari 2017

#FaridaPunyaCerita : Impianku Membangun Smart City Dengan Perpustakaan & Komunitas Penulis Muda


Mempunyai impian dan bisa mewujudkannya adalah keinginan semua orang. Setiap mimpi dan cita-cita pasti ingin dicapai dan diraih. Salah satu mimpi saya adalah mempunyai perpustakaan.

Perpustakaan adalah tempat yang membuat saya nyaman dan tentunya menyenangkan. Dulu sewaktu saya masih kelas empat sekolah dasar,saya pernah menjadi penjaga perpustakaan. Dan pada saat itu perpustakaan di sekolah dasar saya juga mengikuti lomba perpustakaan tingkat kecamatan. Saya merasa senang karena saya bisa berpartisipasi dalam lomba perpustakaan tersebut.

Berlanjut ke sekolah menengah pertama,saya juga sering ke perpustakaan. Di sekolah menengah pertama,perpustakaan sekolah lebih luas dan nyaman. Fasilitas lebih lengkap dan ada dua orang staf yang menjadi pustakawan. Hari kesukaan saya adalah hari jum'at waktu itu karena setiap hari jum'at dilakukan jalan-jalan pagi berkeliling ke desa-desa sekitar. Setelah itu melakukan kegiatan ekstrakurikuler. Setelah kegiatan ekstrakulikuler biasanya para siswa ke perpustakaan. Karena hari jum'at adalah hari yang menyenangkan.

Menginjak bangku sekolah menengah kejuruan,minat baca saya turun. Saya jadi jarang membaca buku. Mungkin karena kegiatan sekolah dan aktivitas lainnya jadi saya jarang membaca buku.

Saat ini,setelah setahun lamanya saya seperti mayat hidup tak tahu harus berbuat apa. Bingung harus bagaimana. Setelah berfikir saya ingin jadi guru supaya bisa berbagi ilmu. Aah..itu seperti nya tak mungkin saya jalani mengingat kondisi keuangan dan kesehatan yang saya alami.

Daripada saya pusing,mendingan saya meneruskan dan mengembangkan hobi saya membaca. Supaya tahu bisa menjadi bermanfaat bagi orang lain. Dan harapan saya adalah bisa membangun perpustakaan di desa saya agar bisa mencerdaskan semua masyarakat di sekitar saya. Mulai dari anak-anak,remaja,hingga ibu rumah tangga.

Smart City bisa dibangun dengan cara menumbuhkan minat baca semua orang dan semua kalangan,mulai dari anak-anak,remaja,hingga ibu rumah tangga. Karena membaca adalah membuka jendela dunia dan menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

Saya punya mimpi dan rencana apabila saya sudah siap saya akan membangun perpustakaan di rumah saya. Di perpustakaan ini nantinya akan saya isi dengan buku anak-anak seperti buku dongeng dan buku mata pelajaran,buku novel untuk remaja,dan buku resep masakan dan tutorial membuat kerajinan tangan untuk ibu-ibu rumah tangga.

Rasanya memang sulit untuk membangun perpustakaan dan membangun minat baca semua orang dikarenakan di tempat saya tinggal memiliki minat baca yang kurang. Tapi saya akan terus berusaha agar harapan dan mimpi saya bisa terwujud untuk membangun Smart City. Bulan lalu saya dan sepupu saya membeli novel karena sedang ada diskon akhir tahun. Saya berusaha membeli dua novel,tapi saya tak punya uang. Hingga akhirnya sepupu saya yang membayar novelnya dan saya harus nyicil. Saya baru nyicil dua kali. Saya cicil menggunakan sisa tabungan saya. Dan akhirnya saya bisa melunasi hutang saya tersebut. Saya segera dan sehat,agar bisa mencari uang dapat pekerjaan lagi dan tentunya semoga harapan saya membangun perpustakaan untuk semua demi membangun Smart City Indonesia bisa terwujud dan terlaksana.

Harapan saya tak hanya itu,namun saya juga ingin mewujudkan Smart City dengan perkembangan teknologi informasi. Saya ingin membuat komunitas penulis muda di sekitar saya. Saya akan mengumpulkan mereka dan akan membuat kegiatan seperti belajar menulis novel bersama demi menyalurkan hobi menulis. Saya menggunakan perkembangan teknologi informasi.

Kalau dulu mau nulis harus pakai laptop,jaman sekarang bisa lho nulis pakai Ms. Word di Smartphone. Nah karena di daerah sekitar saya masih jarang yang punya laptop. Maka saya dan teman-teman akan memanfaatkan Smartphone untuk menulis novel dan nantinya akan dikirim ke penerbit.

Semoga harapan saya membangun Smart City dengan perkembangan teknologi informasi bisa terwujud.

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Gamatechno Blog Writing Competition

4 komentar:

  1. Ngeblog-nya difokuskan juga bisa jadi kegiatan di rumah yang menghasilkan uang. Mungkin bisa menjadi modal juga untuk membangun perpustakaan nantinya. Good luck ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kakak. Thank you atas sarannya.

      Hapus
  2. menginspirasi sekali, ditunggu kunjungannya ke www.sinizam.com

    BalasHapus
  3. Perpustakaan yang ada dirumah itu biasa disebut TBM (TAMAN BACAAN MASYARAKAT) konsep utama seperti perpustakaan tapi bisa ditambahkan dg fasilitas fasilitas lainnya jadi kesannya tidak kaku. Jika satu wilayah punya satu TBM, smart city Mudah untuk diwujudkan

    BalasHapus

 

Rumah Pelangi Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang