Selasa, 13 Desember 2016

#FaridaPunyaCerita : Berkendara Makin Aman Berkat Training Safety Riding Bersama Astra Honda Motor

Awal Desember 2015,saya melamar pekerjaan ke PT AST INDONESIA. Surat lamaran tersebut saya kirimkan lewat kantor pos. Dan kemudian setelah dua minggu,Alhamdulilah saya dapat telepon kalau saya harus datang ke PT AST INDONESIA untuk tes wawancara kerja. Pukul 14.00 WIB saya datang ke PT AST INDONESIA. Setelah itu tes wawancara. Alhamdulilah berjalan dengan lancar & sukses. Dua hari kemudian saya harus datang ke PT AST INDONESIA lagi untuk mengikuti tes kesehatan. Alhamdulilah saya bersyukur lagi,karena saya lolos tes kesehatan. Esoknya saya harus datang lagi untuk mengikuti training selama empat hari.

Inilah ceritaku selama mengikuti training empat hari di PT AST INDONESIA. Hari pertama saya senang,karena saya bisa mendapatkan teman dan pengalaman baru. Hari pertama training adalah tentang pengenalan perusahaan,tata tertib perusahaan,kebudayaan perusahaan. Hari pertama berjalan lancar. Saya merasa senang karena selama training saya dapat ilmu baru. Selain itu selama training mendapatkan jatah makan siang. Minumnya pun bisa ambil gratis di dispenser yang ada di kantin. Alhamdulilah. Bisa hemat selama empat hari.

Hari kedua dan ketiga training juga diberi banyak materi yaitu pengenalan alat & bahan di lingkungan kerja perusahaan dan keselamatan,kesehatan,kerja (K3). Selain itu juga ada training safety riding untuk karyawan baru. Setiap karyawan baru wajib mengikuti training safety riding. Setiap peserta training safety riding diberi satu buku yang berjudul "TIPS BERKENDARA : AMAN,NYAMAN & SELAMAT". Buku ini adalah hasil kerjasama antara PT Astra Honda Motor & modifikasi oleh Tim A P2K3, PT AST INDONESIA - Semarang. Hari keempat adalah training factory tour. Yaitu berkeliling perusahaan dan trainer menerangkan seluruh bagian perusahaan kepada para para peserta training.


INGAT : SAFETY FIRST ! !
*Kecelakaan diawali dari pelanggaran peraturan lalu lintas.
*Patuhi peraturan agar aman & selamat dalam berkendara.
*Kendaraan roda dua bukan untuk anak di bawah umur.

Keselamatan Berlalu Lintas Bagi Karyawan PT AST INDONESIA
Wawancara dengan Presiden Direktur Mr. Shinichi Kawazoe
1. Apa tujuan / keinginan Managemen untuk mengurangi kecelakaan di jalan bagi karyawan AST?
Tentu saja,tujuannya adalah kesehatan dan kebahagiaan seluruh karyawan AST. Saya benar-benar sangat berharap bahwa seluruh karyawan AST tidak terluka,selalu sehat dan bahagia.

2. Apa harapan Managemen terhadap Proaktif karyawan untuk keselamatan di jalan?
Saya ingin kesadaran karyawan AST terhadap keselamatan di jalan lebih ditingkatkan lagi.

3. Apa harapan Managemen terhadap training Safety Riding yang ada di AST saat ini?
Saya sangat menghargai apa yang telah dilakukan oleh Tim A mengenai training Safety Riding,dan saya harap segera dibuat kelanjutan dari video safety riding.

4. Apakah ada kebijakan tertentu dari Managemen yang akan dibuat untuk menerapkan "Safety Culture" di jalan raya?
Saya tidak akan menerapkan peraturan baru lagi,kecuali karyawan wajib menggunakan helm,sepatu dan sebaiknya juga sarung tangan ketika mengendarai kendaraan bermotor. Saya berharap kalian semua bisa berfikir serius tentang bagaimana melindungi diri sendiri dan berfikir bagaimana untuk menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas.

5. Pesan penting apa yang ingin Anda sampaikan kepada seluruh karyawan tentang berkendara yang aman.
Kita hanya perlu mematuhi peraturan lalu lintas yang ada di Indonesia,& berfikir lebih dalam lagi tentang arti sebuah peraturan. Dengan demikian,kita akan dapat meminimalkan resiko kecelakaan,& ini berarti kita telah membangun kesejahteraan diri kita,kebahagiaan keluarga kita & pasangan kita.

Inilah yang harus Anda lakukan sebelum berkendara :
1. Pemanasan Tubuh
Dikarenakan pentingnya menjaga keseimbangan pada waktu mengendarai sepeda motor,maka pastikan tubuh dan mental dalam kondisi sehat dan siap untuk berkendara.

2. Menggunakan Perlengkapan Berkendara
Seperti memakai helm,sepatu dan pakaian.

3. Pengecekan Sepeda Motor
Periksa & pastikan rem,ban,lampu dan kaca spion dalam keadaan baik dan siap untuk dikendarai.

4. Postur Berkendara
Untuk menjaga keseimbangan saat mengendarai sepeda motor,perhatikan enam poin utama postur berkendara sebagai berikut :
a. Mata
Melihat jauh ke depan (ke arah yang hendak dituju) agar jarak pandang menjadi lebih luas.
b. Pundak
Santai atau rileks
c. Siku
Tangan sedikit menekuk dengan santai.
d. Tangan
Memegang bagian tengah dari gas tangan dimana Anda dapat mudah untuk mengoperasikan handler atau kopling & saklar.
e. Pinggul
Duduk pada posisi dimana Anda dapat dengan mudah mengoperasikan stang kemudi dan rem.
f.Lutut
Secara ringan menekan tangki bahan bakar (tipe sport)

Inilah yang harus Anda lakukan saat berkendara di jalan :

1. Pengereman
Sangat penting untuk menggunakan rem depan dan belakang secara bersamaan. Rem depan harus dioperasikan sedikit lebih kuat dari rem belakang,karena rem depan lebih efektif daripada rem belakang.

2. Berada di jalur kiri
Gunakan selalu jalur kiri dan hati-hati dengan kemunculan kendaraan yang datang mendadak dari arah yang berlawanan. Jangan berkendara sepanjang sisi kanan jalan walaupun tidak ada kendaraan lain dari arah yang berlawanan (berkendara di sebelah kanan jalan akan menyebabkan tabrakan yang dapat mengakibatkan luka yang serius atau kematian).

3. Berpindah jalur kanan
Ketika Anda hendak berpindah jalur,sangat penting untuk memberi tanda ke arah yang anda tuju bagi pengendara lain dengan menyalakan lampu sein 3 detik sebelumnya. Pengendara harus memperhatikan kaca spion,terutama memeriksa kendaraan di belakangnya sebelum berpindah jalur.

4. Melewati persimpangan
Selalu waspada bila akan & berada di persimpangan. Ketika belok ke kiri atau ke kanan di persimpangan sangat penting untuk menyalakan lampu sein 30 meter sebelum mendekati persimpangan untuk memberikan tanda arah yang hendak Anda tuju kepada pengguna jalan yang lain. Sebelum berpindah jalur,pastikan kondisi keamanan dan keadaan lalu lintas di sekitar Anda (jangan hanya melihat kaca spion,karena kaca spion memiliki keterbatasan pandangan).

5. Rintangan di jalan
Batu,kerikil,tanah atau lumpur dan pasir membuat permukaan jalan sangat licin dan dapat menyebabkan sepeda motor tergelincir dan jatuh. Untuk menghindarinya,kurangi kecepatan sebelumnya (pada permukaan jalan yang baik) hindari belok terlalu patah dan pengereman terlalu keras saat melalui kondisi jalan seperti ini. Waspadalah selalu untuk melihat permukaan jalan di depan Anda,karena ada beragam bentuk lubang di permukaan jalan & perbedaan ketinggian pada bahu jalan. Ketika berkendara di jalan, pengendara motor harus selalu hati-hati tidak hanya pada pengendara yang lain di sekitarnya,tetapi juga perilaku dari pejalan kaki & hewan.

6. Berkendara dengan satu tangan
Anda tidak dibenarkan mengendarai sepeda motor dengan satu tangan (contoh : memegang payung untuk menghindari hujan atau sinar matahari) karena Anda dapat dengan mudah kehilangan keseimbangan. Hindari pula kebiasaan mempergunakan handphone saat naik motor karena hal ini dapat menyebabkan konsentrasi menjadi terganggu.

7. Berkendara dalam pengaruh minuman atau obat-obatan
Kondisi tubuh dan mental yang tidak sehat karena pengaruh minuman beralkohol (contoh : minuman keras) dan obat-obatan (contoh : obat yang menimbulkan ngantuk ataupun obat-obatan terlarang) dapat mengurangi konsentrasi dan reflek pada saat berkendara dan sangat berbahaya untuk keselamatan diri sendiri serta orang lain.

8. Berkendara pada malam hari
Sinaran lampu khususnya lampu depan memiliki keterbatasan penyinaran pada malam hari,oleh sebab itu tingkatkan kewaspadaan saat berkendara di malam hari.

9. Patuhi rambu-rambu lalu lintas
Rambu-rambu lalu lintas dibuat untuk memberikan panduan keselamatan bagi pengguna jalan & jangan lupa untuk membawa SIM & STNK demi kenyamanan berkendara.

Aturan terbaru : UU No. 22 Tahun 2009
1. Belok kiri tidak boleh jalan terus
Peraturan lama,saat kita berada di persimpangan bila tidak ada rambu maka boleh belok kiri (jalan terus) atau diatur oleh rambu yang ada. Tapi sekarang bila hal itu dilanggar didenda hingga Rp.250 ribu. Peraturan ini untuk melindungi pejalan kaki yang hendak menyebrang jalan di traffic light. Maka taati peraturan agar orang lain juga aman dan nyaman di jalan.

2. Light on (menyalakan lampu meski siang hari)
Untuk mengurangi angka kecelakaan,saat ini sosialisasikan untuk menyalakan lampu pada siang hari. Meskipun dengan hal ini bola lampu kendaraan kita menjadi lebih sering di ON kan,yang berarti masa pemakaian (life time) akan berpengaruh pada frekuensi pengganti bola lampu. Tetapi dengan aturan ini sistem kelistrikan di kendaraan harus baik (Accu,Dioda bridge,dll).

Sumber : Buku Tips Berkendara : Aman,Nyaman & Selamat yang dirancang oleh PT Astra Honda Motor & modifikasi oleh Tim A P2K3, PT AST INDONESIA - Semarang

Manfaat training safety riding bagi karyawan baru adalah karyawan bisa dan paham akan berkendara yang aman,nyaman dan selamat. Training safety riding bagi karyawan baru sangat bermanfaat karena rata-rata karyawan baru adalah yang baru lulus SMK. Sehingga sangat bermanfaat karena belum paham betul mengenai berkendara yang aman dan nyaman. Selain dibekali buku safety riding,para peserta training juga diberi arahan berkendara yang aman & nyaman. Para peserta training juga ditontonkan video kecelakaan di jalan akibat tidak menerapkan safety riding saat berkendara.

Tak hanya training safety riding bagi karyawan baru,para karyawan yang sudah diangkat menjadi karyawan tetap di PT AST INDONESIA juga mengikuti training safety riding dan langsung praktik berkendara yang aman & nyaman didampingi trainer dari PT Astra Honda Motor.

Terimakasih banyak saya ucapkan kepada PT AST INDONESIA & PT Astra Honda Motor karena sudah membekali saya dengan ilmu safety riding. Sehingga menginspirasi saya dan seluruh karyawan PT AST INDONESIA agar selalu berkendara dengan aman,nyaman, & selamat.

Selamat ulang tahun yang ke 60 Tahun saya ucapkan kepada PT Astra Internasional Tbk. Semoga Astra akan selalu menjadi inspirasi dalam memajukan bangsa Indonesia.

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Anugerah Pewarta Astra 2016

6 komentar:

  1. Pas hari ke 4 disuruh membuat produk nggak mbak?

    BalasHapus
  2. Makasiih sharingnyaaa mbak 😄 penting banget belajar dan tau bagaimana berkendara yang baik 😃😊

    BalasHapus
  3. Kegiatan seperti ini harus sering diadakan kak.

    BalasHapus

 

Rumah Pelangi Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang