Sabtu, 31 Desember 2016

#FaridaPunyaCerita : Do'a Untuk Emakku Tercinta

You are my sunshine
You are my hero
You are my wonder woman
You are my teacher
You are my strength

Begitulah kiranya sosok emak bagi saya. Di desa saya sangat jarang ada yang memanggil ibunya dengan panggilan "ibu". Di desa saya kalau memanggil ibu ya panggilannya "Mak" atau "Mak'e". Saya juga memanggil ibu saya dengan panggilan "Mak" & "Mak'e".
Bicara tentang ibu mungkin tidak akan ada habisnya. Sebab ibu adalah sosok yang sangat penting bagi kita. Ketika saya kecil,ibulah yang senantiasa merawat dan menyayangi saya sepenuh hati. Waktu saya masih kecil banyak sekali cerita-cerita bersama ibu saya dan jika saya mengingatnya pastilah air mata keluar dari mata saya alias saya menangis. Saya ingat waktu saya pertama kali masuk sekolah dasar saya tidak diantarkan ibu ke sekolah karena ibu ada banyak pekerjaan. Kemudian saya juga selalu disuapi makanan saat makan pagi,makan siang atau makan malam hingga saya duduk di bangku kelas tiga sekolah dasar. Selanjutnya adalah ketika saya wisuda TPQ. Ibu menunggu saya sampai acara wisuda tersebut. Dan selanjutnya adalah ketika peringatan hari Kartini. Ibu rela mengayuh sepeda dari rumah sampai ke pasar Srogo yang jaraknya kurang lebih 3 KM. Dan aku senang sekali karena dibelikan baju kebaya dan kain warna ungu untuk digunakan sebagai busana pada peringatan hari Kartini di sekolah saya.

Saya bangga dengan ibu saya,beliaulah yang merawat dan menyayangi saya dengan sepenuh hati selama dua puluh tahun ini. Hal yang paling dan sangat membuat ibu sedih adalah pada tanggal 14 Juli 2007 karena kepergian ayah untuk selama-lamanya. Ayah meninggal karena terkena sakit liver. Ibu sangat sedih dan terpukul atas meninggalnya ayah.

Ibu harus mengurus saya,dan ke empat kakak saya setelah kepergian ayah. Saya sangat bersyukur karena ibu masih saja menyayangi saya. Ibu lah yang merawat dan mengurus serta menyekolahkan saya dari kelas enam sekolah dasar hingga sekolah menengah kejuruan. Tapi hal yang membuat saya sedih adalah saat ibu terkena penyakit.

Sebenarnya saat aku masih kecil,ibu tidak boleh KB karena ibu punya penyakit varises. Kata bu bidan nanti saat ibu berusia 40 tahun kaki ibu akan terkena sesuatu. Tapi ibu lupa sesuatu itu apa. Tapi ibu tetap saja KB dan tidak memperdulikan hal tersebut. Ibu punya alasan tersendiri kenapa ibu harus KB. Ternyata alasannya adalah ibu takut kalau hamil lagi dan saya punya adik. Ibu sudah punya lima anak dan tidak berkeinginan punya anak lagi.

Ternyata Ibu sangat menginginkan mempunyai anak perempuan. Karena empat orang anak ibu adalah semuanya berjenis kelamin laki-laki. Ibu & ayah terus berusaha supaya mempunyai anak perempuan. Usaha ibu & ayah tak sia-sia hingga akhirnya ayah & ibu diberi anugerah & amanah mempunyai seorang anak perempuan yaitu saya.

Sudah lima tahun lamanya ibu sudah tidak bisa bekerja lagi sebagai buruh tani tandur & matun. Saya sangat sedih karena ibu terserang banyak penyakit seperti asam urat tinggi,tekanan darah (hipertensi),kolestrol jahat hingga ibu tidak bisa jalan dengan lincah seperti dulu lagi. Hingga sampai sekarang kalau ibu ingin berjalan ibu harus memakai alat bantu tongkat dari kayu. Kalau ibu jalan keluar rumah maka ibu harus memakai tongkat kayu tersebut dan harus istirahat sebentar agar bisa melakukan perjalanan selanjutnya.

Hari Raya Idul Fitri beberapa bulan yang lalu adalah hari yang paling dan sangat menyedihkan bagi saya,ibu dan seluruh keluarga kami. Menjelang lebaran kira-kira dua hari sebelum hari raya ibu mendadak merasa sangat pusing dan tekanan darahnya mencapai 210/80. Saya sangat kaget hingga akhirnya ibu harus rawat inap di Puskesmas Kalibendo Kaliwungu. Saya dan kakak bergantian menunggui ibu. Beberapa saudara pun datang untuk menjenguk ibu. Saat itu juga saya mendengar suara takbir yang berkumandang di sekitar Kaliwungu. Hari itu adalah hari lebaran hari dimana hari kemenangan,hari kebahagian,dan hari bermain petasan. Tapi saat itu beda. Saya harus menunggui ibu saya di Puskesmas. Ba'da Isyak saya pulang ke rumah. Di rumah,saya malah tidak bisa tidur hingga jam empat pagi. Masih saja wajah ibu selalu dan seperti serta terbayang di depan mata. Ah sedih rasanya. Sulit diungkapkan dengan kata-kata. Esok harinya saya bersalaman dengan para tetangga untuk saling memaafkan. Tiba-tiba saja handphoneku berbunyi dan ibu harus di rujuk ke RSUD Kendal. Saya akhirnya meminta bantuan kepada kakak dan sepupu untuk menyusul ibu. Ibu selama dua hari dirawat di Puskesmas Kalibendo Kaliwungu dan dirawat selama delapan hari di RSUD Kendal. Akhirnya kesehatan ibu membaik dan tekanan darah tingginya turun menjadi 110/80. Lega dan bahagia rasanya karena kesehatan ibu sudah membaik dan ibu sudah dibolehkan pulang. Alhamdulilah.

Setelah pulang dari rumah sakit,keadaan ibu malah tambah parah. Tapi lama-kelamaan kesehatan ibu terus membaik tapi tetap saja kakinya tidak bisa sembuh seperti dulu. Saya hanya berharap dan selalu berdo'a semoga ibu sembuh dan sehat,panjang umur,dan bisa melihat saya menikah dan punya anak. Amiiin.

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Giveaway Tema Hari Ibu & Ulang Tahun yang Ke - 4 Blog nya kak Yoga Akbar Sholihin
@ketikyoga

Jumat, 30 Desember 2016

#FaridaPunyaCerita : Antara Aku, Foto & Instagram : Sebuah Foto Dengan Segudang Makna & Cerita



Media sosial....mungkin setiap hari kita akan mendengar kata itu. Di zaman yang sudah modern. Semua orang punya akun sosial media. Salah satunya adalah Instagram. Pertama kali saya mengenal Instagram adalah pada awal tahun 2015. Karena banyak teman yang sudah punya akun di Instagram. Jadi saya pun akhirnya berkeinginan seperti teman-teman saya. Yaitu punya akun Instagram. Dan akhirnya saya punya juga akun Instagram. Akun Instagram saya adalah @sitifaridah43. Alasan saya posting foto di Instagram adalah biar nggak ketinggalan jaman dan biar kekinian. Selain itu untuk membagikan foto yang menurut saya baik & Instagramable. Kamu boleh kok follow akun Instagram saya. Boleh banget malahan. Saya punya koleksi foto yang berjumlah 14 foto ,pengikut saya ada 156 orang,dan saya mengikuti 164 orang.

Sejak pertama kali mengenal Instagram hingga saat ini saya masih labil saat memposting foto atau video di Instagram. Berulang kali posting tapi beberapa hari atau beberapa bulan kemudian saya hapus. Saya bingung pada diri saya sendiri. Kenapa ya saya kok masih labil padahal saya sudah berusia 20 tahun ini. Apa ya sebabnya??? Kadang saya berfikir seperti itu. Setelah saya fikir-fikir alasannya adalah aah...fotonya jelek nggak Instagramable. Begitu terus hingga foto-fotoku banyak yang terhapus. Sayang banget kan...kehilangan memori dan kenangan indah. Semoga di tahun 2017 nanti saya tidak lagi hobi posting foto di Instagram lalu menghapusnya.

Nah,pada paragraf di atas kan ada kata "Instagramable" kan ya. Kamu sudah tahu belum apa itu Instagramable??? Instagramable sekarang lagi ngehits kali ya. Orang-orang yang aktif menggunakan Instagram pasti tahu deh apa itu Instagramable. Instagramable erat kaitannya dengan foto yang akan kita posting di Instagram. Foto Instagramable adalah foto yang unik dan menarik sehingga banyak orang yang menyukai foto Instagramable tersebut.

Selanjutnya yuk bahas manfaat Instagram bagi kegiatan kita sehari-hari. Pasti setiap orang memiliki pendapatnya masing-masing mengenai manfaat atau fungsi Instagram bagi kegiatan sehari-hari. Beginilah pendapat saya mengenai manfaat Instagram bagi kegiatan sehari-hari. Pertama adalah sebagai alat untuk membagikan foto yang berkesan agar semua orang di seluruh dunia mengetahuinya. Kedua sebagai alat pencari informasi terbaru,ya saya menggunakan Instagram untuk mencari informasi terbaru,entah itu informasi buku,penulis,film,artis,produk kecantikan dan juga lomba-lomba blog. Ketiga sebagai alat untuk memantau seseorang atau orang yang dekat dengan kita. Dengan begitu kita akan mengetahui apa saja yang dia lakukan setelah kita membuka akun Instagramnya.

Setiap foto pasti memiliki segudang makna. Yuk sekarang kita bahas foto-foto yang ada di dalam akun Instagram saya. Pertama adalah foto waktu liburan ke Wisata Bahari Lamongan. Foto tersebut saya posting pada tanggal 6 September 2016. Saya sangat menyukai foto ini karena unik aja.  Fotonya dari belakang bukan dari depan. Lokasinya ada di taman cinta Wisata Bahari Lamongan. Di taman cinta banyak sekali bunga warna merah dan bentuk tanda cinta gitu. Pokoknya so sweet. Saya berfoto dengan teman dekat saya waktu saya masih kerja. Ada 12 orang yang menyukai ini dan tidak ada yang berkomentar. Di foto ini saya beri keterangan : jangan lupa bahagia karena sengsara hanya akan menguras air mata :). Menurut saya makna dari foto ini adalah bahwa foto dari belakang kan ekspresi wajah tidak kelihatan. Maka dari itu,kita juga harus bahagia walaupun sebenarnya kita sengsara,karena sengsara itu sia-sia saja dan hanya akan menguras air mata.

Foto kedua adalah saat foto di pesta pernikahan temanku SMP yang bernama Lailatul Khasanah. Ini ceritanya lucu dan bikin baper. Saya posting pada tanggal 17 Agustus 2016. Foto ini #Latepost alias telat posting. Soalnya acara kondangan pernikahan tersebut adalah pada tanggal 25 Desember 2015. Pada Dua hari sebelum datang ke acara tersebut tiba-tiba ada seseorang yang mengirimi saya pesan lewat sosial media. Orang tersebut ternyata adalah teman SMP saya yang bernama Asril Abdul Munir. Hingga akhirnya kami bertukar pin BBM. Setelah itu kami sering kali chattingan. Mulai dari hal yang tidak penting hingga yang penting. Kemudian dia mengajak kondangan bareng ke pesta pernikahan Lailatul Khasanah tersebut. Tapi saya bingung,dia ngajak datang pukul 15.00 WIB. Sedangkan teman-temanku yang lain (Wulan & Leni) ngajak sore-sore aja pukul 17.00 WIB. Padahal pukul 15.00 WIB saya sudah punya acara juga bersama dek Rena yaitu kondangan ke acara pernikahan temannya dek Rena yang rumahnya di Kaliwungu. Sejak pukul 15.00 WIB,Asril chatting aku terus yang intinya menanyakan kapan mau kondangan. Ternyata sejak pukul 15.00 WIB,Asril sudah siap-siap. Haaa....pada akhirnya kita semua kondangan ke pesta pernikahan Lailatul Khasanah. Dan kita semua kompakan banget pakai biru-biru semua padahal kita nggak janjian.

Foto ketiga adalah foto waktu buka bersama di Kedai Ungu bersama dengan Ria,Mia, dan Ayu. Foto ini saya posting pada tanggal 10 Agustus 2016. Foto ini juga #Latepost banget malahan. Foto ini adalah foto sudah lama sekitar 4 tahun yang lalu. Alasan saya posting foto ini adalah karena saya kangen dengan mereka teman-temanku (Ria,Mia,Ayu).

Inilah "Kisah Foto Instagramku".


Selasa, 20 Desember 2016

Kisah Cinta Manis & Pahit Yang Berawal Dari 11 Menit || Critical Eleven - Ika Natassa

Hello Everybody,
Kali ini saya akan meresensi novel yang berjudul Critical Eleven karya mbak Ika Natassa. Ini adalah untuk pertama kalinya saya menulis resensi buku. Istilahnya masih dalam tahap belajar. Jadi kalau masih banyak kesalahan atau kata -kata yang tidak menarik alias membosankan saya banyak minta maaf. Tapi sebelumnya,yuk kenalan dulu sama mbak Ika.

Mbak Ika Natassa adalah seorang banker yang memiliki hobi menulis dan fotografi. Mbak Ika Natassa juga sudah banyak menulis novel yaitu Antologi Rasa, A Very Yuppy Wedding, Divortiare, Critical Eleven & Underground. Kamu juga bisa follow twitternya mbak Ika Natasaa nih. Mbak Ika Natassa banyak ngetweet menggunakan bahasa Inggris. Jadi saya bisa belajar kosakota bahasa Inggris yang belum saya ketahui lewat tweet-tweet mbak Ika Natassa. Yuk follow sekarang juga @ikanatassa

Oh ya,penerbit novel Critical Eleven adalah Gramedia Pustaka Utama. Pasti sudah banyak yang tahu kan??? PT Gramedia Pustaka Utama beralamat di Gedung Kompas Gramedia Blok 1 Lantai 5. Jalan Palmerah Barat 29-37 Jakarta 10270. Penerbit Gramedia sudah banyak menerbitkan novel-novel yang enak dibaca lho. Novel favorit saya karya Ilana Tan seperti Sunshine Becomes You,Winter In Tokyo,Spring In London,Autumn In Paris,Summer In Seoul juga diterbitkan oleh penerbit Gramedia Pustaka Utama.

Judul Buku : Critical Eleven
Penulis : Ika Natassa
Editor : Rosi L. Simamora
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit : Agustus,2015
ISBN : 978-602-03-1892-9
Tebal : 344 halaman

Foto oleh : Ridwan Syafarudin

Apa yang ada di benak anda ketika pertama kali melihat novel Critical Eleven disertai dengan gambar pesawat? Pertama kali saya melihat covernya saya kira buku tentang dunia pendidikan bidang penerbangan. Jadi saat pertama kali saya melihat novel tersebut saya kurang tertarik karena saya kira tentang dunia pendidikan bidang penerbangan. Tapi ternyata dugaan saya salah. Ternyata ada banyak hal yang tak terduga tentang novel Critical Eleven ini. Novel ini ternyata sangat unik dan ceritanya romantis sekali. Setiap lembar demi lembar yang saya baca membuat saya penasaran dan ingin segera cepat selesai dalam membaca novel ini. Novel ini juga membuat saya senang,karena dalam setiap ceritanya ada kata-kata yang menggunakan bahasa Inggris. Sehingga dari kata-kata tersebut saya belajar lagi membaca kata-kata dalam bahasa Inggris dengan baik dan benar serta saya belajar banyak kosakata baru yang saya belum saya ketahui sebelumnya. Banyak juga kata-kata yang banyak memiliki makna yang mendalam di dalam novel ini.

Hidup memang tidak pernah se drama di film. Tapi hidup juga tidak pernah se gampang di film - hal 40

Salah satu teman saya juga tertarik dan menyukai novel ini. Dia adalah Ridwan Syafarudin. Setelah membaca novel Critical Eleven karya mbak Ika Natassa. Ridwan memposting tulisan di salah satu media sosialnya dengan tulisan berikut ini : kadang hidup lebih menyenangkan saat kita tidak punya ekspetasi apa-apa # CriticalEleven. Tulisan tersebut adalah salah satu kata yang mempunyai makna di dalam novel Critical Eleven.

Setiap kali kita akan naik pesawat maka kita akan berhubungan dengan Critical Eleven. Dalam dunia penerbangan Critical Eleven adalah sebelas menit paling kritis di dalam pesawat,yaitu tiga menit setelah take off dan delapan menit sebelum landing,karena secara statistik delapan puluh persen kecelakaan pesawat umumnya terjadi dalam rentang waktu sebelas menit tersebut.

Sinopsis :

Dalam dunia penerbangan,dikenal istilah critical eleven,sebelas menit paling kritis di dalam pesawat-tiga menit setelah take off dan delapan menit sebelum landing-karena secara statistik delapan puluh persen kecelakaan pesawat umumnya terjadi dalam rentang waktu sebelas menit itu. It’s when the aircraft is most vulnerable to any danger.

In a way,it’s kinda the same with meeting people. Tiga menit pertama kritis sifatnya karena saat itulah kesan pertama terbentuknya lalu ada delapan menit sebelum berpisah-delapan menit ketika senyum,tindak tanduk,dan ekspresi wajah orang tersebut jelas bercerita apakah itu akan jadi awal sesuatu ataukah justru menjadi perpisahan.

Ale & Anya pertama kali bertemu dalam penerbangan Jakarta-Sydney. Tiga menit pertama Anya terpikat,tujuh jam berikutnya mereka duduk bersebelahan dan saling mengenal lewat percakapan serta tawa,dan delapan menit sebelum berpisah Ale yakin dia menginginkan Anya.

Kini,lima tahun setelah perkenalan itu. Ale & Anya dihadapkan pada satu tragedi besar yang membuat mereka mempertanyakan pilihan-pilihan yang mereka ambil,termasuk keputusan pada sebelas menit paling penting dalam pertemuan mereka.

Diceritakan bergantian dari sudut pandang Ale & Anya,setiap babnya merupakan kepingan puzzle yang membuat kita jatuh cinta atau benci kepada karakter-karakternya,atau justru keduanya.

***
Ale adalah anak seorang Jenderal. Nama lengkap Ale adalah Aldebran Risjad. Sedangkan Anya nama lengkapnya adalah Tanya Laetitia Baskoro Binti Ibrahim Baskoro. Anya mempunyai dua orang sahabat yang selalu bersama dan mendukung apapun yang dilakukan oleh Anya. Dua sahabat Anya tersebut adalah Tara & Agnes.

***
Anya adalah seorang konsultan. Sehingga Anya harus bolak balik luar kota atau luar negeri untuk urusan pekerjaanya. Anya menyukai bandara,namun Anya sangat membenci terbang,kenapa ya Anya membenci terbang??? Apakah Anya trauma dengan ketinggian atau Anya phobia dengan terbang???menurut Anya, terbang adalah hal tergolong berbahaya karena saat kita terbang,kita menyerahkan nasib kita kepada orang lain di dalam pesawat. Tiga menit awal saat take off dan delapan menit akhir saat landing adalah saat-saat menegangkan bagi penumpang pesawat karena rentang terjadi kecelakaan.

Pada suatu hari, Anya melakukan perjalan Jakarta-Sydney, ia bertemu dengan Ale. Anya merasa beruntung karena ia tidak duduk bersebelahan dengan om-om,kakek-kakek,ibu-ibu atau anak kecil yang rewel,kali ini ia bersebelahan dengan seorang pria yang cool dan terkesan cuek. Anya tidak menyadari  jika ia tertidur di pundak pria itu hingga Anya menjadi salah tingkah. Kebayang kan bagaimana rasanya salah tingkah??? Pasti ya merasa malu dan tidak enak hati. Kemudian,waktu di menit akhir sebelum landing digunakan Ale & Anya untuk mengobrol.

Ale adalah pekerja perminyakan di luar negeri. Ale sering menyebutkan kalau pekerjaannya adalah tukang minyak. Ale hidup berbulan-bulan lamanya di tengah laut tanpa perempuan memang membuat laki-laki seperti Ale menjadi garing. Dua bulan setelah pertemuanya dengan Anya, membuat Ale berani mengajak Anya ke warung favoritnya. Tujuh hari setelah Ale & Anya bertemu, mereka langsung pacaran. Beberapa bulan kemudian Anya dan Ale menikah.

Kisah percintaan yang tergolong unik karena walau mereka harus jarang bertemu tapi mereka tetap saling mencintai dan menyayangi. Anya tidak akan membuang waktu berharganya saat kepulangan Ale. Ale termasuk tipe suami yang romantis, meskipun jarang pulang ke Indonesia. Walaupun begitu,Anya tidak mempermasalahkan hal tersebut.

Suatu ketika,Anya sedang mengandung anak pertamanya. Anak tersebut walaupun belum lahir tapi sudah diberi nama oleh Ale. Nama anak yang belum lahir tersebut adalah Aidan. Nama lengkapnya adalah Aidan Athaillah Risjad Bin Aldebran Risjad. Ternyata Aidan masih di dalam perut Anya tapi jantungnya tak berdetak,hingga akhirnya Aidan meninggal dunia saat masih berada di perut Anya. Aidan lahir pada tanggal 31 Agustus 2014 dan wafat pada tanggal 31 Agustus 2014. Anya & Ale merasa sangat sedih dan terpukul karena kehilangan anak pertamanya. Hingga Ale pernah mengatakan kalau Aidan mungkin akan masih hidup apabila Anya tidak terlalu sibuk dengan urusan pekerjaannya. Anya marah mendengar ucapan Ale tersebut. Hingga akhirnya Anya bersikap berbeda dari biasanya kepada Ale sejak kejadian tersebut.

Suatu ketika,Anya merasa pusing dan sakit. Kemudian Anya periksa ke dokter dengan menjalani berbagai macam tes kesehatan. Setelah itu,Anya pergi ke makam anaknya yaitu Aidan. Di makam anaknya tersebut Anya menangis. Anya juga memberitahukan kepada Aidan kalau Aidan akan segera punya adik dan Anya berharap semoga Anya bisa menjaga adik Aidan tersebut. Tak berapa lama kemudian Ale datang dan memeluk Anya. Ale pun berjanji akan selalu menjaga Anya dan membuat Anya bahagia.

Iiih....romantis sekali. Andaikan saja saya mempunyai suami seperti Ale. Pasti saya akan menjadi wanita paling bahagia di dunia. Oh ya,setelah mengikuti twitter mbak Ika Natassa saya banyak membaca tweetnya dan tweet tersebut adalah mengenai novel Critical Eleven yang akan diangkat ke film layar lebar. Dan saya merasa senang. Semoga film Critical Eleven akan menjadi film yang ditonton orang banyak. Yang akan memerankan tokoh Ale adalah salah satu aktor favorit saya yang sudah banyak membintangi berbagai macam genre film dan sudah sering banget dapat penghargaan dari berbagai macam ajang penghargaan perfilman. Yaitu kak Reza Rahardian. Dan yang akan memerankan Anya adalah kak Adinia Wirasti. Saya membayangkan kalau film Critical Eleven akan menjadi film yang wajib ditonton karena tokoh-tokohnya diperankan oleh aktor dan aktris yang sudah berpengalaman. Harapan saya semoga film ini ceritanya akan sama dengan novelnya. Semoga film Critical Eleven sukses ya.Amiiin.

Novel yang unik dan romantis dan juga menambah wawasan saya mengenai keadaan di dalam pesawat selama perjalanan. Ale itu tipe lelaki idaman banget ya. Ah...jadi bawa perasaan gini kan. Novel romantis yang saya rekomendasikan untuk dibaca deh ya. Unik karena pertemuan di dalam pesawat mereka saling bertegur sapa hingga akhirnya jatuh hati dan menjalin cinta.

Tonton juga yuk trailer film Critical Eleven.

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Resensi Critical Eleven

Minggu, 18 Desember 2016

#FaridaPunyaCerita : Aplikasi Kesehatan Medicaboo & Manfaatnya

Sehat itu mahal harganya. Itu adalah memang benar adanya. Kesehatan adalah hal yang sangat berharga. Jika seseorang sakit maka dia baru menyadari kalau dia harus menerapkan gaya hidup sehat di dalam kehidupannya sehari-hari. Gaya hidup sehat memang harus diterapkan di dalam kegiatan kita sehari-hari. Karena jika kita sehat maka kita bisa bekerja,berkumpul bersama keluarga dan tentunya bisa bahagia.

Kalau kita sakit tentu saja kita akan ke dokter atau ke rumah sakit. Kali ini saya akan memperkenalkan aplikasi kesehatan Medicaboo.   Medicaboo adalah aplikasi kesehatan yang menjadi asisten kesehatan pribadi anda. Anda bisa mendownload aplikasi kesehatan Medicaboo di Google Play atau Play Store secara gratis.

Ada 4 manfaat menggunakan aplikasi kesehatan Medicaboo yaitu :

1. Discover
Aplikasi kesehatan Medicaboo digunakan untuk mencari dan menemukan harga dan fasilitas terbaik Layanan Kesehatan yang disediakan oleh rumah sakit. Tak hanya itu anda juga bisa mencari dan menemukan dokter yang anda inginkan untuk berkonsultasi tentang Layanan Kesehatan.

2. Informations
Aplikasi kesehatan Medicaboo digunakan untuk mencari informasi mengenai paket kesehatan yang disediakan oleh Layanan Kesehatan yaitu rumah sakit yang bisa diakses melalui aplikasi Medicaboo sehingga kita bisa menentukan rumah sakit yang cocok dengan kita.

3. Reservations
Aplikasi kesehatan Medicaboo membantu anda dengan cepat,mudah dan aman dari proses pemesanan kamar rawat inap di rumah sakit yang sudah anda pilih.

4. Booking History
Aplikasi kesehatan Medicaboo bisa membantu mereview dan melacak riwayat medis anda dan setiap transaksi anda di aplikasi kesehatan Medicaboo.

Dengan aplikasi kesehatan Medicaboo anda bisa melakukan pencarian dan menemukan rumah sakit dan dokter yang anda inginkan kapan saja dan dimana saja sesuai yang anda mau. Medicaboo juga punya blog lho. Blog Medicaboo berisi tentang tips dan informasi kesehatan kamu bisa ke blog Medicaboo nih. Ini alamatnya : https://blog.medicaboo.com/id/

Sumber foto & keterangan mengenai aplikasi kesehatan Medicaboo bersumber dari : Medicaboo

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba kontes artikel blog review aplikasi Medicaboo

Selasa, 13 Desember 2016

#FaridaPunyaCerita : Berkendara Makin Aman Berkat Training Safety Riding Bersama Astra Honda Motor

Awal Desember 2015,saya melamar pekerjaan ke PT AST INDONESIA. Surat lamaran tersebut saya kirimkan lewat kantor pos. Dan kemudian setelah dua minggu,Alhamdulilah saya dapat telepon kalau saya harus datang ke PT AST INDONESIA untuk tes wawancara kerja. Pukul 14.00 WIB saya datang ke PT AST INDONESIA. Setelah itu tes wawancara. Alhamdulilah berjalan dengan lancar & sukses. Dua hari kemudian saya harus datang ke PT AST INDONESIA lagi untuk mengikuti tes kesehatan. Alhamdulilah saya bersyukur lagi,karena saya lolos tes kesehatan. Esoknya saya harus datang lagi untuk mengikuti training selama empat hari.

Inilah ceritaku selama mengikuti training empat hari di PT AST INDONESIA. Hari pertama saya senang,karena saya bisa mendapatkan teman dan pengalaman baru. Hari pertama training adalah tentang pengenalan perusahaan,tata tertib perusahaan,kebudayaan perusahaan. Hari pertama berjalan lancar. Saya merasa senang karena selama training saya dapat ilmu baru. Selain itu selama training mendapatkan jatah makan siang. Minumnya pun bisa ambil gratis di dispenser yang ada di kantin. Alhamdulilah. Bisa hemat selama empat hari.

Hari kedua dan ketiga training juga diberi banyak materi yaitu pengenalan alat & bahan di lingkungan kerja perusahaan dan keselamatan,kesehatan,kerja (K3). Selain itu juga ada training safety riding untuk karyawan baru. Setiap karyawan baru wajib mengikuti training safety riding. Setiap peserta training safety riding diberi satu buku yang berjudul "TIPS BERKENDARA : AMAN,NYAMAN & SELAMAT". Buku ini adalah hasil kerjasama antara PT Astra Honda Motor & modifikasi oleh Tim A P2K3, PT AST INDONESIA - Semarang. Hari keempat adalah training factory tour. Yaitu berkeliling perusahaan dan trainer menerangkan seluruh bagian perusahaan kepada para para peserta training.


INGAT : SAFETY FIRST ! !
*Kecelakaan diawali dari pelanggaran peraturan lalu lintas.
*Patuhi peraturan agar aman & selamat dalam berkendara.
*Kendaraan roda dua bukan untuk anak di bawah umur.

Keselamatan Berlalu Lintas Bagi Karyawan PT AST INDONESIA
Wawancara dengan Presiden Direktur Mr. Shinichi Kawazoe
1. Apa tujuan / keinginan Managemen untuk mengurangi kecelakaan di jalan bagi karyawan AST?
Tentu saja,tujuannya adalah kesehatan dan kebahagiaan seluruh karyawan AST. Saya benar-benar sangat berharap bahwa seluruh karyawan AST tidak terluka,selalu sehat dan bahagia.

2. Apa harapan Managemen terhadap Proaktif karyawan untuk keselamatan di jalan?
Saya ingin kesadaran karyawan AST terhadap keselamatan di jalan lebih ditingkatkan lagi.

3. Apa harapan Managemen terhadap training Safety Riding yang ada di AST saat ini?
Saya sangat menghargai apa yang telah dilakukan oleh Tim A mengenai training Safety Riding,dan saya harap segera dibuat kelanjutan dari video safety riding.

4. Apakah ada kebijakan tertentu dari Managemen yang akan dibuat untuk menerapkan "Safety Culture" di jalan raya?
Saya tidak akan menerapkan peraturan baru lagi,kecuali karyawan wajib menggunakan helm,sepatu dan sebaiknya juga sarung tangan ketika mengendarai kendaraan bermotor. Saya berharap kalian semua bisa berfikir serius tentang bagaimana melindungi diri sendiri dan berfikir bagaimana untuk menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas.

5. Pesan penting apa yang ingin Anda sampaikan kepada seluruh karyawan tentang berkendara yang aman.
Kita hanya perlu mematuhi peraturan lalu lintas yang ada di Indonesia,& berfikir lebih dalam lagi tentang arti sebuah peraturan. Dengan demikian,kita akan dapat meminimalkan resiko kecelakaan,& ini berarti kita telah membangun kesejahteraan diri kita,kebahagiaan keluarga kita & pasangan kita.

Inilah yang harus Anda lakukan sebelum berkendara :
1. Pemanasan Tubuh
Dikarenakan pentingnya menjaga keseimbangan pada waktu mengendarai sepeda motor,maka pastikan tubuh dan mental dalam kondisi sehat dan siap untuk berkendara.

2. Menggunakan Perlengkapan Berkendara
Seperti memakai helm,sepatu dan pakaian.

3. Pengecekan Sepeda Motor
Periksa & pastikan rem,ban,lampu dan kaca spion dalam keadaan baik dan siap untuk dikendarai.

4. Postur Berkendara
Untuk menjaga keseimbangan saat mengendarai sepeda motor,perhatikan enam poin utama postur berkendara sebagai berikut :
a. Mata
Melihat jauh ke depan (ke arah yang hendak dituju) agar jarak pandang menjadi lebih luas.
b. Pundak
Santai atau rileks
c. Siku
Tangan sedikit menekuk dengan santai.
d. Tangan
Memegang bagian tengah dari gas tangan dimana Anda dapat mudah untuk mengoperasikan handler atau kopling & saklar.
e. Pinggul
Duduk pada posisi dimana Anda dapat dengan mudah mengoperasikan stang kemudi dan rem.
f.Lutut
Secara ringan menekan tangki bahan bakar (tipe sport)

Inilah yang harus Anda lakukan saat berkendara di jalan :

1. Pengereman
Sangat penting untuk menggunakan rem depan dan belakang secara bersamaan. Rem depan harus dioperasikan sedikit lebih kuat dari rem belakang,karena rem depan lebih efektif daripada rem belakang.

2. Berada di jalur kiri
Gunakan selalu jalur kiri dan hati-hati dengan kemunculan kendaraan yang datang mendadak dari arah yang berlawanan. Jangan berkendara sepanjang sisi kanan jalan walaupun tidak ada kendaraan lain dari arah yang berlawanan (berkendara di sebelah kanan jalan akan menyebabkan tabrakan yang dapat mengakibatkan luka yang serius atau kematian).

3. Berpindah jalur kanan
Ketika Anda hendak berpindah jalur,sangat penting untuk memberi tanda ke arah yang anda tuju bagi pengendara lain dengan menyalakan lampu sein 3 detik sebelumnya. Pengendara harus memperhatikan kaca spion,terutama memeriksa kendaraan di belakangnya sebelum berpindah jalur.

4. Melewati persimpangan
Selalu waspada bila akan & berada di persimpangan. Ketika belok ke kiri atau ke kanan di persimpangan sangat penting untuk menyalakan lampu sein 30 meter sebelum mendekati persimpangan untuk memberikan tanda arah yang hendak Anda tuju kepada pengguna jalan yang lain. Sebelum berpindah jalur,pastikan kondisi keamanan dan keadaan lalu lintas di sekitar Anda (jangan hanya melihat kaca spion,karena kaca spion memiliki keterbatasan pandangan).

5. Rintangan di jalan
Batu,kerikil,tanah atau lumpur dan pasir membuat permukaan jalan sangat licin dan dapat menyebabkan sepeda motor tergelincir dan jatuh. Untuk menghindarinya,kurangi kecepatan sebelumnya (pada permukaan jalan yang baik) hindari belok terlalu patah dan pengereman terlalu keras saat melalui kondisi jalan seperti ini. Waspadalah selalu untuk melihat permukaan jalan di depan Anda,karena ada beragam bentuk lubang di permukaan jalan & perbedaan ketinggian pada bahu jalan. Ketika berkendara di jalan, pengendara motor harus selalu hati-hati tidak hanya pada pengendara yang lain di sekitarnya,tetapi juga perilaku dari pejalan kaki & hewan.

6. Berkendara dengan satu tangan
Anda tidak dibenarkan mengendarai sepeda motor dengan satu tangan (contoh : memegang payung untuk menghindari hujan atau sinar matahari) karena Anda dapat dengan mudah kehilangan keseimbangan. Hindari pula kebiasaan mempergunakan handphone saat naik motor karena hal ini dapat menyebabkan konsentrasi menjadi terganggu.

7. Berkendara dalam pengaruh minuman atau obat-obatan
Kondisi tubuh dan mental yang tidak sehat karena pengaruh minuman beralkohol (contoh : minuman keras) dan obat-obatan (contoh : obat yang menimbulkan ngantuk ataupun obat-obatan terlarang) dapat mengurangi konsentrasi dan reflek pada saat berkendara dan sangat berbahaya untuk keselamatan diri sendiri serta orang lain.

8. Berkendara pada malam hari
Sinaran lampu khususnya lampu depan memiliki keterbatasan penyinaran pada malam hari,oleh sebab itu tingkatkan kewaspadaan saat berkendara di malam hari.

9. Patuhi rambu-rambu lalu lintas
Rambu-rambu lalu lintas dibuat untuk memberikan panduan keselamatan bagi pengguna jalan & jangan lupa untuk membawa SIM & STNK demi kenyamanan berkendara.

Aturan terbaru : UU No. 22 Tahun 2009
1. Belok kiri tidak boleh jalan terus
Peraturan lama,saat kita berada di persimpangan bila tidak ada rambu maka boleh belok kiri (jalan terus) atau diatur oleh rambu yang ada. Tapi sekarang bila hal itu dilanggar didenda hingga Rp.250 ribu. Peraturan ini untuk melindungi pejalan kaki yang hendak menyebrang jalan di traffic light. Maka taati peraturan agar orang lain juga aman dan nyaman di jalan.

2. Light on (menyalakan lampu meski siang hari)
Untuk mengurangi angka kecelakaan,saat ini sosialisasikan untuk menyalakan lampu pada siang hari. Meskipun dengan hal ini bola lampu kendaraan kita menjadi lebih sering di ON kan,yang berarti masa pemakaian (life time) akan berpengaruh pada frekuensi pengganti bola lampu. Tetapi dengan aturan ini sistem kelistrikan di kendaraan harus baik (Accu,Dioda bridge,dll).

Sumber : Buku Tips Berkendara : Aman,Nyaman & Selamat yang dirancang oleh PT Astra Honda Motor & modifikasi oleh Tim A P2K3, PT AST INDONESIA - Semarang

Manfaat training safety riding bagi karyawan baru adalah karyawan bisa dan paham akan berkendara yang aman,nyaman dan selamat. Training safety riding bagi karyawan baru sangat bermanfaat karena rata-rata karyawan baru adalah yang baru lulus SMK. Sehingga sangat bermanfaat karena belum paham betul mengenai berkendara yang aman dan nyaman. Selain dibekali buku safety riding,para peserta training juga diberi arahan berkendara yang aman & nyaman. Para peserta training juga ditontonkan video kecelakaan di jalan akibat tidak menerapkan safety riding saat berkendara.

Tak hanya training safety riding bagi karyawan baru,para karyawan yang sudah diangkat menjadi karyawan tetap di PT AST INDONESIA juga mengikuti training safety riding dan langsung praktik berkendara yang aman & nyaman didampingi trainer dari PT Astra Honda Motor.

Terimakasih banyak saya ucapkan kepada PT AST INDONESIA & PT Astra Honda Motor karena sudah membekali saya dengan ilmu safety riding. Sehingga menginspirasi saya dan seluruh karyawan PT AST INDONESIA agar selalu berkendara dengan aman,nyaman, & selamat.

Selamat ulang tahun yang ke 60 Tahun saya ucapkan kepada PT Astra Internasional Tbk. Semoga Astra akan selalu menjadi inspirasi dalam memajukan bangsa Indonesia.

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Anugerah Pewarta Astra 2016

Rabu, 07 Desember 2016

#FaridaPunyaCerita : My Short Story With JNE

Enak yang punya keluarga,sahabat,teman atau pacar di luar kota. Dapat paketan hadiah atau yang lainnya. Sedangkan aku tak punya keluarga,sahabat,teman atau pacar di luar kota. Huhuhu...sedih ya. Sering banget lihat teman-teman dapat paketan dari keluarga,sahabat,teman,dan pacar yang dikirim lewat JNE. Tapi saya harus percaya kalau suatu saat nanti akan ada seseorang yang memberi saya paketan yang dikirim lewat JNE.

Tahun 2012,ketika saya masih duduk di bangku kelas 11 SMK,saya harus mengikuti kegiatan magang atau praktik kerja industri di CV Cycosoft Computama. Di sinilah saya mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru. Di tempat magang pula saat mengirim atau menerima barang paketan menggunakan jasa JNE Express. Hampir setiap seminggu sekali ada kurir JNE yang datang ke CV Cycosoft Computama untuk mengantarkan barang. Mas kurir JNE yang mengantarkan paketan barang orangnya ramah,murah senyum dan ganteng pula.

Tahun 2016,saya tidak mempunyai pekerjaan dikarenakan akhir Desember 2015 saya putus kontrak dengan salah satu pabrik yang ada di kota Semarang. Sudah mencari kerja ke sana ke mari tapi belum dapat juga. Terus sepupu saya memberitahukan ada lowongan pekerjaan di Counter JNE Mangkang tepatnya di samping UT UPBJJ Semarang (Universitas Terbuka Semarang). Kemudian saya datang ke sana dan melamar pekerjaan di Counter JNE Mangkang dan menitipkan surat lamaran saja. Dua minggu kemudian,ada sms masuk untuk mengikuti tes interview di Counter JNE Mangkang,tapi saat itu kondisi saya sedang sakit sehingga saya tidak bisa mengikuti tes interview tersebut.

Minggu,27 November 2016. Ada tamu seorang laki-laki yang mencari saya. Ternyata laki-laki tersebut adalah kurir JNE. Kurir JNE kebingungan mencari alamat saya,karena tetangga saya yang ditanyai oleh kurir JNE tidak tahu kalau nama saya adalah Siti Faridah. Para tetangga hanya tahu nama panggilan saya yaitu Farid. Setelah muter-muter dan tanya sana-sini akhirnya kurir JNE sampai di rumah saya. Karena saat itu saya sedang tidur siang,jadi yang menerima paketan kiriman barang dan tanda tangan dilakukan oleh kakak ipar saya. Lalu setelah itu,keponakan saya membangunkan saya dari tidur siang saya kalau ada orang yang mencari saya. Saya kira teman SD,SMP,atau SMK yang mau main ke rumah gitu. Ternyata yang datang adalah kurir JNE yang mengirim paket bareng. Para tetangga mengira kalau saya dapat kiriman paketan dari pacar saya. Aduh mas,aduh mbak,saya kan jomblo,nggak punya pacarlah ya. Gimana sih??? Setelah saya terima paket kiriman barang itu ku baca kalau kiriman paketnya dari BLOGGER CAMP ID karena saya menang lomba blog dalam rangka hari Blogger Nasional. Saya buka dan isinya adalah goodie bag  dari Kompas TV yang di dalamnya adalah kaos,dua buku,satu VCD,dan topi Kompas TV. Saya ucapkan terimakasih banyak kepada BLOGGER CAMP ID & Kompas TV yang telah memberikan saya hadiah. Karena ini adalah untuk pertama kalinya saya menang lomba blog setelah puluhan kali mengikuti lomba blog. Akhirnya saya menang lomba blog. Alhamdulilah...terimakasih juga saya ucapkan kepada kurir JNE yang sudah mengantarkan paketan kiriman hadiah lomba blog ini. Yuk kamu yang ingin kirim paket barang lewat JNE aja ya. Saya juga mengamati ternyata pengiriman paket dari Jakarta-Kendal ternyata hanya Rp. 27.000. Murah kan??? Ini nih buktinya. Lihat foto di bawah ini ya.....lihat juga hadiah goodie bag waktu saya menang lomba blog ya......



Kamu sudah tahu atau belum kalau JNE mengadakan HARBOKIR (Hari Bebas Ongkos Kirim) dalam rangka ulang tahun JNE ke-26. HARBOKIR diadakan mulai dari tanggal 26-27 November 2016. For more info please klik this link : HARBOKIR

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog bertema “Cerita Baik bersama JNE”

Jumat, 02 Desember 2016

#IndonesiaPunyaCerita : Asiknya Liburan Ke Pantai Drini & Bukit Kosakora Di Daerah Istimewa Yogyakarta

Ini adalah cerita liburanku bersama keponakan,kakak ipar dan rekan-rekan kerjanya. Diawali ketika si kakak saya tidak mau mengikuti keinginan istrinya untuk liburan ke Yogyakarta. Padahal tiket dan kaos sudah dipesan. Akhirnya daripada tiket hangus dan kaos tidak terpakai. Kakak ipar mengajak saya untuk liburan ke Yogyakarta.

Perjalanan dilakukan malam hari,dari rumah sampai ke pasar sore Kaliwungu kami diantar oleh kakak-kakak saya naik sepeda motor. Setelah turun dari sepeda motor kami naik angkot menuju ke PT Fast Manufacturing Semarang tempat kakak ipar saya bekerja. Setelah seluruh peserta berkumpul akhirnya semua rombongan masuk ke dalam bus dan perjalanan ke Yogyakarta dimulai. Sebelum berangkat pimpinan di dalam satu bus memimpin do'a bersama agar selamat sampai ke tujuan.

Perjalanan dari kota Semarang pukul 23.00 WIB.Perjalanan menuju kota Yogyakarta dikawal oleh kepolisian kota Semarang dan kepolisian kabupaten Gunungkidul,Yogyakarta. Sepanjang perjalanan ke Yogyakarta saya gunakan untuk tidur supaya esoknya bisa menikmati keindahan pantai Drini dan bukit Kosakora.

Pukul 05.00 WIB,semua rombongan sampai ke pantai Drini dengan selamat. Alhamdulilah. Setelah turun kami langsung menuju ke mushola untuk menunaikan shalat subuh. Setelah itu baru kemudian diberi jatah makan pagi atau sarapan oleh panitia. Setelah perut terisi kami mulai menelusuri keindahan pantai yang ada di Yogyakarta ini.

Pemandangan matahari terbit sungguh sangat indah sekali, Saya bersyukur masih bisa menikmati keindahan alam ciptaanmu Ya Allah. Saat pagi hari air di pantai Drini akan surut. Tapi kalau semakin siang air akan pasang. Jadi tetap berhati-hati juga ya saat di pantai Drini. Biar keselamatan diri tetap terjaga. Pantai Drini masih sangat asri,karena air lautnya berwarna biru dan pasirnya berwarna putih. Selain itu tak ada sampah plastik di sekitar area pantai Drini. Ada juga tempat pelelangan ikan yang letaknya tidak jauh dari pantai Drini. Kapal nelayan pun berjajar rapi di sekitar pantai Drini. Jangan lupa abadikan momen liburanmu saat di pantai Drini dengan foto atau video. Yuk lihat video keasikan saya dan keponakan saat menikmati keindahan pantai Drini.

Tak hanya pantai Drini yang indah,bukit Kosakora juga mempunyai keindahan yang tak kalah menariknya dengan pantai Drini. Tahukah kamu kenapa disebut bukit kosakora. Pada suatu ketika ada sekelompok anak muda yang mendaki atau naik ke bukit tersebut,karena persediaan makanan mereka habis dan yang tersisa hanya selembar koran maka bukit itu disebut bukit Kosakora yang artinya kertas koran sak lembar,kopi ora ana(kertas koran satu lembar,kopi tidak ada). Berikut ini foto saya bersama kakak ipar dan keponakan di sekitar bukit Kosakora.
 Setelah waktu menuju siang,kita makan siang dengan nasi putih,ayam bakar,tempe dan tahu goreng serta lalapan timun dan kemangi. Alhamdulilah. Allah SWT masih memberiku rezeki agar aku tidak kelaparan.

Inilah kisahku saat liburan ke pantai Drini dan bukit Kosakora pada tanggal 26 Maret 2016. Saya senang menjadi warga Indonesia yang mempunyai keindahan alam sangat beragam. pantai Drini dan bukit Kosakora hanya ada di Indonesia. #IndonesiaPunyaCerita

Tulisan ini diikusertakan dalam lomba blog Pasarayastore.com #IndonesiaPunyaCerita
 

Rumah Pelangi Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang